fbpx

Cara Mencuci Muka yang Benar yang Benar Sesuai Jenis Kulit Wajah

Healthy Skin - Elisabeth - August 2, 2021

Cuci muka tidak bisa asal-asalan loh! Begini cara mencuci muka yang benar agar wajahmu bersih dengan sempurna dan bebas dari kotoran.

Kegiatan cuci muka ini kelihatannya sangat sederhana ya. Kamu cukup membasahi muka lebih dulu, lalu menuangkan sabun muka dan menggosoknya ke permukaan wajah dan membilas sampai bersih. Namun, cara mencuci muka belum tentu semuanya sama untuk semua orang. Lalu, bagaimana sih cara mencuci muka yang benar untuk setiap jenis kulit? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

1. Cuci Muka untuk Kulit Berminyak

Sebelum menyentuh wajah sebaiknya cuci tangan terlebih dulu. Jika tangan kotor, bakteri atau debu bisa menempel pada kulit dan menyebabkan jerawat. Jangan lupa juga untuk mengikat rambut yang sudah cukup panjang karena kotoran pada rambut bisa menempel pada wajah.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan sisa makeup atau kotoran menggunakan milk cleanser. Setelah itu lanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan kapas yang dibasahi toner. Bersihkan wajah menggunakan sabun muka khusus secara menyeluruh terutama pada T-zone. Lalu, bersihkan dengan air hingga seluruh sabun terbilas.

Kamu bisa menggunakan air dingin untuk mencuci muka karena air dingin dapat menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan peredaran darah. Keringkan wajah dengan menepuk menggunakan handuk atau usap secara halus. Gunakan handuk khusus untuk wajah dan jangan menggosok langsung kulit wajah.

2. Cuci Muka untuk Pemilik Kulit Wajah Normal dan Kombinasi

Beruntung kalau kamu punya kulit wajah yang normal karena tidak perlu cara khusus untuk mencuci muka, asalkan kulit tidak sering mengalami masalah tertentu. Kamu cukup mengikuti langka biasa dengan memakai produk sabun, toner, cleanser, dan pelembap untuk kulit normal.

Untuk pemilik kulit kombinasi, kamu bisa mencuci muka dengan cara yang sama seperti kulit berminyak. Kamu bisa fokus pada bagian wajah paling berminyak yaitu T-zone. Pilihlah sabun muka yang mengandung pelembap karena kulit kombinasi juga memiliki are yang lebih kering di sekitar pipi dan bawah mata. Sebaiknya kamu tetap mengeringkan kulit wajah dengan handuk berbahan lembut. Setelah itu, gunakan toner bebas alkohol untuk menyeimbangkan pH kulit dan menjaga kelembapannya.

Baca Juga : Berbagai Jenis Sabun Cuci Muka yang Perlu Kamu Tahu

3. Cuci Muka untuk Kulit Wajah Kering dan Sensitif

Pemilik kulit kering dan sensitif hanya perlu mencuci muka sekali dalam sehari. Hal ini karena terlalu sering mencuci muka dapat mengikis minyak alami sehingga kulit menjadi semakin kering dan berisiko mengalami iritasi.

Selalu pastikan kamu mencuci tangan lebih dulu sebelum menyentuh wajah. Bersihkan sisa makeup dan kotoran pada wajah dengan cara yang sama seperti cara membersihkan kulit berminyak dengan cleanser dan toner sebagai tahap double cleansing.

Untuk kulit kering dan sensitif kamu bisa mengusapkan sabun ke seluruh wajah dengan gerakan memutar. Setelah itu, bilas dengan air hangat bersuhu suam-suam kuku atau sejuk. Setelah bersih, keringkan wajah dengan handuk yang lembut untuk wajah. Tepuk secara perlahan tetapi jangan digosok agar kulit tetap sehat.

Kulit kering dan sensitif membutuhkan kelembapan ekstra maka dari itu kamu wajib menggunakan toner yang melembapkan dan bebas alkohol seperti kandungan Hyaluronic Acid. Nah, toner ini bisa melembapkan kulit dan membantu penyerapan produk selanjutnya.

Itu dia penjelasan singkat tentang cara mencuci muka yang tepat sesuai jenis kulit. Kamu bisa menggunakan Natural Sublime Facial Cleanser untuk mencuci muka karena produk ini cocok pada semua jenis kulit. Jangan sampai salah saat mencuci muka ya!

Last Updated on August 5, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *