Tips Mengurangi Sampah Rumah Tangga, Jaga Lingkungan Lebih Bersih

0
Diunggah 08 October 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSustainable Living

Tips Mengurangi Sampah Rumah Tangga, Jaga Lingkungan Lebih Bersih

Setiap rumah pasti memproduksi sampah. Agar lingkungan tetap terjaga, ada beberapa tips mengurangi sampah rumah tangga loh!

Setiap rumah pasti memproduksi limbah rumah tangga setiap hari. Limbah rumah tangga biasanya beruba sisa makanan, plastik, dan lainnya. Limbah rumah tangga ini menjadi salah satu penyumbang terbesar dari tumpukan sampah di lingkungan. Meskipun pemerintah bertanggung jawab atas pengolahan sampah-sampah tersebut, kita juga perlu ikut berperan untuk mengurangi limbah rumah tangga. Yuk, coba ikuti beberapa tips mengurangi sampah rumah tangga berikut ini.

1. Hindari Penggunaan Plastik

Menghindari penggunaan plastik adalah cara mengurang sampah rumah tangga yang wajib dilakukan. Gunakan tas yang dapat digunakan kembali untuk semua kebutuhan belanja. Jangan hanya membatasi hal ini pada belanja bahan makanan, tapi bawalah tas yang bisa digunakan kembali saat berbelanja pakaian, buku, barang-barang rumah tangga, dan lainnya

Jika kamu mudah lupa untuk membawa tas, simpanlah tas di kendaraan yang kamu gunakan. Kamu juga bisa beli tas lipat yang dapat digunakan kembali dan simpan di dompet, atau jadikan sebagai gantungan kunci, atau simpan di saku setiap saat.

2. Kurangi Sampah Makanan

Cara mengurangi limbah rumah tangga yang efektif adalah mengurangi sampah makanan. Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi sampah rumah tangga adalah dengan mengurangi dan mengalihkan sisa makanan. Kamu perlu perencanaan terhadap limbah makanan. Kamu bisa menyiasatinya dengan berbelanja menggunakan daftar yang telah dibuat sehingga tidak berlebihan, menggunakan sisa makanan sebagai pupuk atau makanan hewan, atau dengan menyimpan makanan dengan benar.

3. Simpan Makanan dengan Baik

Cara mengurangi limbah rumah tangga yang selanjutnya dengan menyimpan makanan. Gunakan wadah yang dapat digunakan kembali dan bungkus makanan yang dapat dikonsumsi kembali sebagai pengganti kantong plastik, aluminium foil, dan bungkus plastik. Kamu juga bisa menggunakan alas kue silikon yang dapat digunakan kembali sebagai pengganti aluminium foil / kertas roti untuk memanggang.

4. Hindari Penggunaan Sedotan

Kurangi penggunaan sedotan dalam kegiatan sehari-hari. Cobalah untuk minum tanpa sedotan. Usahakan saat memesan minuman tidak meminta sedotan. Kamu juga bisa membeli sedotan yang bisa digunakan berulang kali agar limbah tidak semakin banyak.

5. Bawa Alat Makan Pribadi

Cara mengurangi limbah rumah tangga selanjutnya dengan membawa alat makan sendiri yang bisa digunakan kembali. Bawalah peralatan makan dari perak dan serbet kain saat bepergian atau saat akan makan di tempat yang hanya menawarkan pilihan sekali pakai.

6. Hindari Penggunaan Cangkir Kertas

Cara mengurangi limbah rumah tangga yang terakhir adalah dengan menghindari penggunaan cangkir kertas atau plastik. Gelas kertas dan wadah penampung cairan kertas lainnya memiliki lapisan plastik sehingga tidak dapat didaur ulang. Jika bepergian, sebaiknya bawa minuman sendiri dengan menggunakan botol air yang dapat digunakan kembali. Hal ini agar kamu tidak membeli minuman selama perjalanan.

Last Updated on October 11, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 08 October 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya