Penyebab Jerawat di Dagu dan Rekomendasi Skincare untuk Mengatasinya

0
Diunggah 08 September 2023
LikeAHA BHA PHA

Penyebab Jerawat di Dagu dan Rekomendasi Skincare untuk Mengatasinya

Penyebab jerawat di dagu menjadi kekhawatiranmu ketika menyadari bahwa dari seluruh area wajah, ternyata dagu menjadi spot kemunculan jerawat terbanyak.

Jerawat yang tumbuh di dagu sebenarnya tidak berbeda dengan jerawat di pipi, hidung atau punggung. Namun beberapa faktor lain dapat mempengaruhi mengapa letak jerawat sering terjadi pada satu area wajah yang spesifik. Seperti pada dagu. 

Faktor Penyebab Jerawat di Dagu 

Penyebab terjadinya jerawat di dagu yang berulang umumnya disebabkan oleh faktor seperti hormon, produksi sebum yang terlalu banyak, pori-pori tersumbat sel kulit mati hingga bakteri. 

Seluruh zat asing yang menempel di permukaan kulit ini biasanya akan menumpuk menjadi sel-sel kulit mati. Kemudian, sel mati yang menumpuk diatas pori-pori dapat menyumbat keluarnya sebum dari dalam kulit. Alhasil, bakteri yang hidup di dalam kulit juga terjebak dan menghasilkan peradangan yang dikenal sebagai jerawat. 

Sekarang, kamu bisa mulai memperhatikan apakah area dagu yang paling sering terpapar zat asing? Misalnya lewat celah masker yang kotor? Ataupun produksi minyak di sekitar dagu yang sering terlewatkan.

Sambil memahami lebih jauh penyebab kemunculan jerawat di dagu, dibawah ini telah dirangkum  faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi terjadinya jerawat di dagu. 

1. Kondisi Area Dagu yang Kotor

Area dagu masuk dalam area yang memiliki kemungkinan kotoran menempel, misalnya karena minyak rambut yang mengenai dagu atau penggunaan masker berkali-kali. 

Dikarenakan dagu berpotensi menjadi area bakteri dari luar berkumpul, kamu perlu merawat kebersihan wajah sampai ke dagu. Ini penting dilakukan sebelum zat asing yang menempel di dagu berubah menjadi penyumbat pori-pori dan menghasilkan jerawat. 

2. Perubahan Hormon yang Melonjak

Perubahan hormon yang melonjak secara ekstrim menjadi penyebab munculnya jerawat di dagu. Biasanya, fluktuasi hormon ini terjadi ketika seseorang mendekati siklus menstruasi. 

Adanya hormon yang tidak stabil bisa mengganggu sistem endokrin tubuh. Sehingga produksi sebum menjadi lebih banyak dan lebih mungkin menyumbat pori-pori di wajah. Akhirnya, sebum pun mulai menyumbat pori-pori dan membentuk jerawat di area dagu. 

3. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat datangnya bisa dari makanan, pola tidur dan stres yang tidak dapat dikontrol. Mulai dari stress, penelitian mengatakan bahwa stress dapat memicu munculnya jerawat. Termasuk juga pada dagu.

Selain itu, penyebab jerawat lainnya adalah karena makanan. Apabila kamu mengonsumsi terlalu banyak makanan manis dan produk susu, bukan tidak mungkin jerawat dapat muncul. Begitu juga dengan kebiasaan tidur begadang dan kurang tidur yang mempengaruhi proses regenerasi sel kulit melambat. 

Mengatasi Penyebab Jerawat di Dagu dengan Rekomendasi Skincaredari Avoskin

Belum terlambat untuk mencegah dan mengatasi munculnya jerawat di dagu. Dibawah ini merupakan rekomendasi produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif untuk mempercepat penyembuhan jerawat.

1. Your Skin Bae Acne & Pores Savior Balm Stick

Your Skin Bae Acne & Pores Savior Balm Stick merupaka moisturizer terbaru dari Avoskin yang dikemas dalam bentuk balm stick. Produk ini sangat cocok untuk menghempas penyebab jerawat di dagu karena memiliki kandungan utama berupa salicylic acid untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan mencegah bakteri jerawat kembali lagi.

Kamu hanya perlu mengoleskan Balm Stick pada bagian jerawat di dagu dengan gerakan memutar lembut. Lalu menambahkan susncreen sebagai langkah terakhir jika kamu memakainya pada pagi hari.

2. Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

Satu serum populer yang mampu mengatasi jerawat lainnya adalah Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed dari Avoskin. Alpha Arbutin terkenal sebagai agen pencerah kulit dan grapeseed bertugas menjaga kondisi kulit tetap terawat. 

Produk ini memiliki perpaduan  yang mampu untuk mencerahkan kulit, merawat jerawat, dan menyamarkan noda bekas jerawat kehitaman (PIH).

3. Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica

Niacinamide dan centella asiatica adalah dua kombinasi terbaik untuk meredakan kemerahan akibat jerawat. Ini karena niacinamide memiliki sifat anti acne dan centella asiatica bersifat anti inflamasi.

Memadukan keduanya dalam satu serum tentunya sangat efektif untuk mencerahkan kulit, menghidrasi, mencegah kulit berjerawat, hingga mengatasi iritasi. 

4. Your Skin Bae Tea Tree + Witch Hazel + Glycolic dan Rosemary

Tea tree adalah kandungan yang bersifat anti mikroba alami untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan kandungan Rosemary bersifat anti inflamasi yang baik dalam menenangkan kulit iritasi ringan. 

Kamu bisa mengoleskan serum Tea Tree pada area berjerawat di dagu dan memastikan bahwa bekas jerawatnya tidak membekas karena dirawat dengan baik.

5.  YSB Serum Tranexamic Acid 3% + Glycolic Acid + Cranberry + Licorice

Pernah mengenal tranexamic sebelumnya? Tranexamic acid adalah senyawa yang membantu mencerahkan dan membantu menenangkan jerawat yang meradang.

Memiliki kandungan utama Tranexamic Acid 3%, Glycolic Acid, Cranberry, dan Licorice berfungsi untuk membantu mengurangi hiperpigmentasi, menyamarkan noda hitam jerawat PIH dan PIE, merawat kulit pasca jerawat, dan membantu menenangkan kulit yang teriritasi ringan.

Itu dia Sahabat AVO, penyebab jerawat di dagu bisa muncul dan cara mengatasinya melalui penggunakan skincare berbahan aktif khusus. Selalu rawat area disekitar dagu dan aplikasikan produk skincare diatas dengan penggunaan berkala.

Last Updated on October 10, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 08 September 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya