Perbedaan Whitening dan Brightening Pada Skincare

0
Diunggah 01 August 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBeauty

Perbedaan Whitening dan Brightening Pada Skincare

Perbedaan brightening dan whitening ternyata sangat mudah dikenali. Lalu, apa sih perbedaan whitening dan brightening? Yuk, simak!

Perbedaan brightening dan whitening ada pada fungsi dan kandungannnya. Whitening (memutihkan) adalah skincare dengan fungsi untuk membuat kulit kita menjadi lebih putih melalui penghambatan produksi melanin.

Sedangkan brightening (mencerahkan) berfungsi mencerahkan kulit dengan cara eksfoliasi sel-sel kulit mati. Selain itu, perbedaan whitening dan brightening yaitu kandungan yang digunakan pada brightening umumnya lebih aman.

Pastinya banyak dari kalian yang mengira kedua claim skincare ini sama, padahal kenyataannya ada perbedaan antara whitening dan brightening. Yuk, simak di sini perbedaan whitening dan brightening dalam skincare!

Perbedaan Whitening dan Brightening

Terdapat perbedaan antara whitening dan brightening yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Beda whitening dan brightening adalah skincare whitening tentunya bertugas untuk membuat kulit kita lebih putih dengan menghambat produksi melanin sedangkan brightening mencerahkan dengan cara eksfoliasi sel-sel kulit mati.

Brightening

  1. Mencerahkan kulit dengan cara mengelupaskan kulit (eksfoliasi kulit)
  2. Kandungan pada brightening umumnya lebih aman
  3. Ingredients brightening dinilai efektif dan minim efek negatif jangka panjang

Whitening

  1. Berfungsi untuk memutihkan kulit dengan memodifikasi melanin alami kulit
  2. Mempunyai efek samping jangka panjang karena cara kerjanya menghambat produksi melanin
  3. Efek yang biasanya timbul adalah kulit lebih putih, namun kulit belang jika terpapar sinar matahari

Skincare bertipe brightening dan whitening tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kamu bisa memilih jenis skincare sesuai dengan kebutuhanmu. Namun jika dilihat dari efek sampingnya, skincare whitening bukanlah skincare yang disarankan untuk dipakai di jangka panjang. Kenapa bisa begitu? Yuk kita simak lebih detail tentang perbedaan whitening dan brightening.

Detail Perbedaan Brightening dan Whitening

Meskipun sama-sama membuat kulit lebih cerah, tapi ternyata perbedaan whitening dan brightening maupun lightening membuat sederet skincare ini memiliki formula, cara kerja, hingga hasil yang juga berbeda.

1. Brightening (Mencerahkan)

Brightening artinya dalam bahasa Indonesia adalah cerah yang berasal dari kata bright. Mengisyaratkan produk skincare brightening memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit karena ada kandungan pencerah kulit seperti eksfolian. Ini menjadi pembeda antara brightening dan whitening, dimana whitening lebih condong ke kulit putih dengan menghambat produksi melanin.

Secara lebih detail, umumnya skincare brightening bekerja mencerahkan kulit dengan cara eksfoliasi kulit. Salah satu penyebab kulit membutuhkan skincare brightening adalah karena adanya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan faktor lainnya menyebabkan penumpukan sel kulit mati.

arti dari brightening

Merespon penumpukan sel kulit mati, sebenarnya kulit memiliki kemampuan untuk meregenerasi dengan sendirinya, tetapi dalam kasus tertentu terkadang proses regenerasi tersebut kurang berjalan maksimal. Dengan bantuan skincare brightening yang mengandung exfoliant ini, kamu bisa mendapatan warna kulit aslimu kembali.

Selain itu, perbedaan skincare whitening dan brightening adalah kandungan yang digunakan pada brightening umumnya lebih aman. Selain kandungan exfoliant, Alpha Arbutin juga menjadi primadona karena efektif mencerahkan tanpa memicu efek negatif jangka panjang.

2. Whitening (Memutihkan)

Apa artinya whitening? Perbedaan utama whitening dan brightening adalah skincare whitening tentunya bertugas untuk membuat kulit kita lebih putih. Umumnya, cara kerja dari produk whitening adalah dengan menghambat produksi melanin pada kulit. Banyak pendapat menyatakan jika whitening skincare kurang direkomendasikan karena efek jangka panjangnya dibandingkan skincare brightening.

Perlu diketahui, melanin yang dihasilkan oleh enzim tirosinase merupakan zat yang memberikan warna pada kulit. Sebenarnya, melanin berfungsi juga untuk melindungi kulit dari sinar UV, tetapi produksi melanin berlebih bisa menyebabkan warna kulit jadi tidak merata dan juga terjadi hiperpigmentasi. 

Pada skincare whitening, bahan pemutih seperti HQ (hydroquinone) biasanya ditambahkan ke dalam krim untuk memutihkan kulit. Untuk hasilnya, bahan ini dapat menghasilkan kulit yang lebih putih dari kulit asli yang kamu miliki.

apa artinya whitening

Kesimpulan Perbedaan Brightening dan Whitening

Perbedaan whitening dan brightening adalah kandungan yang digunakan pada brightening umumnya lebih aman. Selain kandungan exfoliant, Alpha Arbutin juga menjadi andalan karena efektivitasnya mencerahkan tanpa memicu efek negatif jangka panjang.

Pemakaian skincare whitening sebagai skincare routine dalam jangka waktu yang lama akan memberikan efek samping kurang baik untuk kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena cara kerja skincare ini yang menghambat produksi melanin yang sebenarnya penting bagi kulit.

Skincare brightening cenderung lebih aman digunakan sebagai skincare routine. Namun yang terpenting kamu tetap harus selalu memperhatikan formula apa yang ada dalam skincare.

Di samping itu, dibandingkan brightening, skincare whitening juga umumnya menimbulkan efek kulit belang dengan ciri khas kulit yang terpapar skincare tersebut tampak lebih putih. Tak jarang hal ini justru membuat penampilan jadi aneh bahkan kulit terlihat tidak segar.

Last but not least, pastikan kandungan skincare tidak membahayakan seperti tidak mengandung merkuri atau hydroquinone. Misalnya Avoskin Ultra Brightening Cream yang aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit. Diformulasikan dari bahan alami alpha arbutin dan chamomile extract yang baik untuk memudarkan darkspot, mencerahkan, dan melembabkan kulit wajahmu seharian.

Last Updated on March 17, 2024

Tags Terkait

#brightening

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 01 August 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya