Berkenalan dengan Tranexamic Acid, Zat Skincare Baru yang Kaya Manfaat

0
Diunggah 09 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Berkenalan dengan Tranexamic Acid, Zat Skincare Baru yang Kaya Manfaat

Semakin banyak kandungan skincare yang bermunculan, salah satunya tranexamic acid. Lalu, apa sih manfaat tranexamic acid untuk kulit?

Inovasi di dunia kecantikan terutama skincare terus berkembang setiap harinya. Hingga saat ini muncul tranexamic acid atau asam traneksamat yang mungkin belum banyak dikenali oleh banyak orang tetapi memiliki khasiat yang luar biasa. Tranexamic acid adalah zat asam yang baru-baru ini digunakan dalam produk skincare. Ingin tahu apa saja manfaat tranexamic acid? Cek penjelasannya di bawah ini ya!

Mengenal Kandungan Tranexamic Acid

Asam traneksamat atau tranexamic acid adalah obat untuk mencegah dan mengurangi pendarahan akibat pencabutan gigi. Obat ini biasa digunakan sebagai obat jangka pendek pada gangguan pendarahan hemofilia untuk mengendalikan pendarahan saat operasi atau cedera, saat mimisan, atau menstruasi. Asam traneksamat ini bekerja dengan membantu darah menggumpal dengan normal untuk mencegah pendarahan.

Dalam dunia kedokteran, kandungan ini digunakan dalam bentuk tablet atau cairan suntik. Jika kamu pernah melakukan perawatan gigi kemungkinan dokter akan memberikan obat kumur dengan kandungan ini untuk membantu menghentikan pendarahan.

Pada tahun 1979, para ahli tidak sengaja menemukan fakta bahwa pasien yang diobati dengan tranexamic acid mengalami kondisi kulit yang membaik dan secara spesifik warna kulit pasien tampak lebih merata. Perubahan warna kulit ini terjadi akibat paparan sinar matahari hingga konsumsi obat resep dokter. Karena produksi melanin berlebih menyebabkan penumpukan pada kulit yang membentuk bintik hitam atau warna kulit wajah lebih gelap.

Cara kerja kandungan ini adalah menghambat sintesis tirosinase di melanosit. Kandungan asam ini juga menahan transfer pigmen dari melanosit ke keratinosit pada lapisan terluar kulit (epidermis). Tidak seperti kebanyakan asam lainnya, jenis asam ini memiliki kinerja lebih maksimal jika dikombinasikan dengan penggunaan produk pencerah kulit lainnya seperti vitamin C atau sunscreen.

Baca Juga : Manfaat Vitamin B untuk Kulit yang Wajib Kamu Ketahui

Manfaat Tranexamic Acid

Tranexamic acid memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi ada beragam manfaat yang akan kamu dapatkan untuk kulitmu. Ini beberapa manfaat asam traneksamat untuk kulit.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan tranexamic acid digunakna sebagai obat untuk menghentikan pendarahan berlebih saat haid. Namun, kandungan ini mampu meratakan warna kulit yang membuat kondisi kulit semakin membaik. Cara kerja tranexamic acid untuk membantu mencerahkan kulit adalah dengan menghambat sintesis tirosinase di melanosit.

Ditambah dengan kandungan tranexamic acid akan menahan transfer pigmen dari melanosit ke keratinosit pada lapisan terluar kulit sehingga bisa membantu membuat kulit terlihat lebih cerah.

2. Meredakan Peradangan Kulit

Tranexamic acid bisa memberikan efek antiplasmin yang membantu menekan produksi plasmin atau enzim yang menyebabkan peradangan dalam tubuh dan kulit. Peradangan pada kulit yang terjadi karena laergi, luka bakar, hingga lainnya bisa menggunakan obat salep dengan kandungan tranexamic acid. Selain itu, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan ini untuk menenangkan kulit.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat tranexamic acid lainnya adalah membantu menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada kulit. Kulit memproduksi melanin berlebih sehingga menyebabkan penumpukan pada kulit dengan bentuk flek hitam atau bintik hitam. Hal ini menyebabkan kulit belang dan lebih gelap. Tentu saja bekas jerawat juga menyebabkan warna kulit tidak merata. Nah, Tranexamic acid ini mampu menghilangkan bekas jerawat dan menyamarkan kulit yang berwarna belang.

4. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kandungan tranexamic acid juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV. Menggunakan produk dengan kandungan tranexamic acid yang dicampur dengan vitamin C dan sunscreen mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB secara menyeluruh. Ditambah dengan kandungan antiplasmin dalam tranexamic acid yang membantu mencegah kulit terkena iritasi dari sinar matahari.

Baca Juga : Your Skin Bae Glow Concentrate Treatment, Pelembap Multifungsi untuk Kulitmu

Cara Menggunakan Tranexamic Acid

Cara terbaik menggunakan skincare kandungan tranexamic acid adalah sebelum pelembap. Kamu bisa ikuti urutan ini toner, serum, pelembap, tetapi jika produk yang kamu gunakan adalah pelembap bisa pada akhir tahapan skincare.

Kandungan ini berbeda dengan kandungan asam lain karena tidak memicu eksfoliasi. Meskipun begitu, menemukan produk dengan kandungan tranexamic acid cukup sulit dan biasanya ada dalam bentuk serum. Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir karena Avoskin sudah merilis YSB Glow Concentrate Treatment 1% Tranexamic Acid+ Multi Probiome + Pineapple. Pelembab ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kondisi kulit kombinasi dan muncul kemerahan di wajah. Formula traxenamic acid dapat membantu merawat jerawat dan kulit berminyak. Yup! Kamu bisa coba produk ini jika ingin menggunakan skincare dengan kandungan traxenamic acid.

Efek Samping Tranexamic Acid

Asam traneksamat ini memang aman untuk digunakan pada semua jenis kulit, tetapi kamu tetap harus memerhatikan interaksinya dengan skincare lain. Efek samping yang paling mungkin muncul adalah iritasi terutama bagian kulit yang sensitif. Reaksi iritasi ini bisa seperti kulit kering dan kemerahan. Maka dari itu, kamu bisa memakai skincare dengan kandungan ini secara bertahap. Meskipun belum ada efek samping dari penggunaan secara topikal atau oles, tidak ada salahnya mengurangi risiko terjadinya iritasi. Tidak perlu khawatir juga karena kandungan asam ini tidak membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari.

Last Updated on July 28, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 09 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya