Kamu Wajib Tahu, Ini Manfaat Probiotik untuk Kecantikan Kulit

0
Diunggah 10 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kamu Wajib Tahu, Ini Manfaat Probiotik untuk Kecantikan Kulit

Kandungan probiotik kini tengah banyak digunakan dalam produk skincare. Apa saja sih manfaat probiotik untuk kecantikan kulit? Simak penjelasannya!

Probiotik jadi salah satu bahan skincare yang tengah populer. Jadi, tidak heran banyak brand kecantikan yang memasukkan kandungan ini ke dalam produk skincare mereka termasuk Avoskin. Sebenarnya apa sih kandungan ini? Lalu apa saja manfaat probiotik untuk kulit? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Mengenal Kandungan Probiotik

Probiotik ini adalah mikro organisma yang ada dalam sistem pencernaan manusia berupa bakteri dan jamur. Biasanya probiotik dikembangkan melalui suplementasi produk dairy seperti keju, susu, yogurt, hingga kefir.

Probiotik ini sering disebut dengan bakteri baik karena membantu menyehatkan usus manusia dengan berfungsi membantu menekan bakteri buruk dalam pencernaan yang menimbulkan gangguan. Selain itu, probiotik juga mendukung sistem pencernaan, kesehatan kulit, kekebalan tubuh, serta kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Untuk kesehatan kulit, probiotik bekerja sama seperti dalam sistem pencernaan yaitu menyeimbangkan kondisi kulit. Nah, agar lebih jelas kamu bisa simak manfaat probiotik untuk kesehatan kulit di bawah ini.

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Kulit

Ada beragama manfaat kandungan probiotik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan kulitmu jika rutin menggunakan produk dengan kandungan probiotik.

1. Memperkuat Skin Barrier

Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang terdiri dari sel kulit dan zat berbasis pelindung yang menyatukan sel-sel. Skin barrier ini berfungsi untuk melindungi kulit dari zat polusi, asap, hingga sinar UV. Nah, jika produk dengan kandungan probiotik dioleskan ke kulit akan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit atau skin barrier. Hal ini akan mengurangi risiko infeksi dan memperkuat daya tahan kulit terhadap bakteri buruk, radikal bebas, dan polusi.

Baca Juga : Berkenalan dengan Tranexamic Acid, Zat Skincare Baru yang Kaya Manfaat

2. Menyeimbangkan Kadar Minyak pada Kulit Wajah

Dr. Francesca Fusco seorang dermatologist dari New York menyebutkan bahwa probiotik bekerja dengan cara yang sama pada saluran pencernaan. Probiotik bekerja dengan menyeimbangkan kadar minyak dalam kulit agar tidak terlalu kering atau tidak terlalu berminyak.. Jika kamu ingin mendapatkan kulit yang flawless, kamu perlu menjaga keseimbangan minyak di kulit. Yup! Ini saatnya kamu mencoba produk skincare dengan kandungan probiotik.

3. Mencegah Masalah Penuaan Dini

Zat anti inflamasi yang ada dalam skincare dengan kandungan probiotik dapat mencegah penuaan dini. Probiotik kaya akan anti oksidan yang baik untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik hitam, dan garis halus akibat gaya hidup serta pengaruh buruk lingkungan. Rutin menggunakan skincare dengan kandungan probiotik dapat meningkatkan imunitas serta menjaga kekenyalan kulit.

4. Membantu Mengatasi Jerawat dan Iritasi Kulit

Salah satu alasan skincare dengan kandungan probiotik menjadi sangat diminati karena memiliki kemampuan mengatasi jerawat. Dr. Whitney Bowe, salah satu dermatologi kulit asal New York yang sering merawat kulit para selebriti, mengatakan bahwa skincare dengan kandungan probiotik dapat menghasilkan peptida antimikroba yang mampu memerangi bakteri jahat penyebab jerawat. Selain itu, kandungan ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mengatasi peradangan serta masalah kulit seperti rosacea dan eksim.

5. Mencerahkan Kulit

Satu lagi manfaat dari kandungan probiotik, yakni mencerahkan kulit. Tidak hanya mampu mengeluarkan racun di kulit, kandungan ini juga bisa mengurangi berbagai masalah hiperpigmentasi yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti debu, polusi, dan paparan sinar matahari. Selain itu, bakteri baik dalam probiotik juga dapat mencerahkan kulit dengan mengangkat tumpukan sel kulit mati.

Ternyata banyak sekali ya manfaat dari kandungan probiotik ini. Tidak heran jika kandungan ini banyak digunakan oleh brand skincare sebagai salah satu kandungan dalam produknya. Termasuk Avoskin yang kini sudah merilis produk terbarunya dengan kandungan ini!

Last Updated on December 13, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 10 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya