Mengenal Peptide, Kandungan Skincare untuk Anti Aging

0
Diunggah 12 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Mengenal Peptide, Kandungan Skincare untuk Anti Aging

Sudah familiar dengan kandungan peptide belum nih? Sebenarnya apa sih fungsi peptide untuk kecantikan kulit?

Membahas seputar kandungan anti aging tentunya familiar dengan retinol, hyaluronic acid, AHA, vitamin E, dan sebagainya. Nah, ada kandungan lain yang tidak kalah ampuhnya dibandingkan dengan kandungan itu yakni, Peptide. Seperti apa sih kandungan peptide ini? Lalu, apa saja fungsi peptide untuk kesehatan kulit? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Apa itu Kandungan Peptide?

Dilansir dari situs Paulaโ€™s Choice, peptide adalah rangkaian asam amino yang bekerja menghasilkan protein. Protein ini merupakan bagian penting dalam tubuh. Protein ini berguna untuk memproduksi kolagen sehingga elastisitas kulit terjaga.

Peptide ini berfungsi dalam pembentukan kolagen, dan memproduksi serat elastin yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Saat memasuki usia 30 tahun, manusia akan kehilangan kolagen hingga 1% setiap tahunnya. Beberapa faktor seperti usia, lingkungan, dan sinar UV berpotensi mengurangi bahkan merusak kolagen pada tubuh. Peptide ini memiliki enzim yang bekerja menghambat kerusakan kolagen alami pada kulit.

Kandungan peptide adalah jenis ikatan antar asam amino, senyawa utama yang menyusun protein. Peptide ini memiliki peran penting dalam proses pembentukan protein salah satunya kolagen dalam kulit. Dengan kata lain, kolagen ini berfungsi sebagai lem untuk merekatkan kulit, otot, dan tulang dalam tubuh.

Fungsi Peptide Digunakan untuk Perawatan Kulit

Kandungan peptide ini memang dapat mengatasi permasalahan kulit seperti penuaan, tetapi hal ini bukan menjadi satu-satunya bahan yang digunakan untuk masalah penuaan. Karena kulit adalah organ yang rumit, jadi kebutuhannya tidak mungkin terpenuhi dengan satu kandungan saja.ย Untuk mendapatkan hasil maksimal dari peptide dalam perawatan kulit, diperlukan peptide dengan formulasi dan takaran yang tepat. Jadi, tidak heran jika banyak skincare yang menggabungkan kandungan peptide dengan yang lainnya untuk melengkapi kebutuhan kulit.

Baca Juga : Berkenalan dengan Tranexamic Acid, Zat Skincare Baru yang Kaya Manfaat

Manfaat Kandungan Peptide Dalam Skincare

Peptide dapat ditemukan dalam berbagai jenis skincare mulai dari serum, moisturizer, hingga sheet mask. Kamu tidak perlu khawatir karena peptide ini aman digunakan oleh semua jenis kulit bahkan kulit sensitif. Yuk, simak fungsi peptide untuk kesehatan kulit di bawah ini.

1. Memperbaiki Skin Barrier

Kandungan peptide dalam skincare berfungsi membantu memperbaiki kondisi skin barrier wajah. Skin barrier bisa rusak akibat polusi, paparan sinar matahari, asap rokok, debu, dan eksfoliasi yang berlebihan. Nah, kandungan peptide ini membantu merawat kondisi kulit yang mulai tidak sehat ini.

2. Memperlambat Penuaan Kulit

Produksi kolagen dalam tubuh akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Kulit yang kendur akan membuat penampilan jadi tampak lebih tua. Maka dari itu, kamu membutuhkan asupan nutrisi atau skincare yang berfungsi meningkatkan elastisitas kulit. ย Yup! Salah satunya menggunakan peptide sebagai pilihan untuk merangsang produksi kolagen. Nantinya peptide dapat meningkatkan elastisitas dan memperlambat munculnya tanda penuaan di kulit.

3. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar UV dari matahari bisa menyebabkan kulit rusak seperti kemerahan hingga warna tidak merata. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan sunscreen untuk mencegah kerusakan kulit. Selain itu, kamu bisa membantu meningkatkan perlindungan kulit dengan menggunakan skincare kandungan peptide.

4. Meredakan Peradangan

Peptide juga bisa membantu meredakan peradangan, meratakan warna kulit, memperbaiki kulit yang rusak, dan menenangkan kulit. Beberapa jenis peptide memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain menggunakan produk dengan kandungan peptide, kamu bisa menggunakan obat jerawat yang dianjurkan dokter.

Penggunaan peptide sangat dianjurkan pada malam hari karena pada waktu ini sel kulit secara alami mengalami regenerasi. Dengan begitu, hasil yang kamu dapatkan akan lebih maksimal.

Penjelasan singkat mengenai fungsi peptide untuk kesehatan kulit sudah cukup jelas kan? Kamu tertarik untuk menambahkan peptide dalam rangkaian skincare routine-mu tidak nih? Kalau kamu mencari produk dengan kandungan ini, kamu bisa cek produk Avoskin karena banyak varian yang menggunakan kandungan ini loh!

Last Updated on March 01, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 12 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya