Kandungan yang Melembapkan dan Sering Dipakai dalam Produk Skincare

0
Diunggah 16 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kandungan yang Melembapkan dan Sering Dipakai dalam Produk Skincare

Banyak sekali produk skincare yang berfungsi sebagai pelembap ya. Yuk, coba kenali kandungan yang melembapkan dalam produk skincare!

Mengetahui berbagai jenis kandungan dalam skincare sangat penting sebelum menggunakannya. Bisa jadi kamu punya produk holy grail tapi belum begitu mengerti ย kandungan di dalamnya. Kali ini kita coba kenali kandungan-kandungan yang melembapkan banyak digunakan oleh produk skincare yuk! Kandungan skincare ini memiliki trade mark sendiri, jadi gak ada salahnya mengenal kandungan skincare untuk kulit dehidrasi.

1. Centella Asiatica

Apakah kamu sudah tau centella asiatica berasal dari mana? Kalau di Indonesia, centella asiatica ini lebih dikenal dengan nama daun pegangan. Sebelum terkenal di Indonesia, kandungan ini sudah lebih dulu dikenal di Korea. Centella asiatica ini sering disingkat dengan Cica, memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan serta elastisitas kulit dengan meningkatkan kadar sebum alami. Dalam cica ini juga ada saponin yang bisa menahan air lebih lama di lapisan kulit. Selain melembapkan, cica ini juga sering digunakan sebagai soothing ingredient dalam suatu produk.

2. Ceramide

Akhir-akhir ini banyak produk dengan kandungan ceramid. Sebenarnya ceramide ini apa sih? Kandungan ceramide ini termasuk golongan asam lemak alami yang membentuk hampir setengah lapisan epidermis kulit. Sebenarnya, ceramide ini sudah diproduksi oleh kulit secara alami. Ceramide jadi salah satu komponen yang menyusun lapisan kulit, ceramide dianggap bisa memperbaiki skin barrier yang rusak dan memberi efek menenangkan. Produksi ceramide pada kulit bisa berkurang seiring berjalannya usia dan menyebabkan kulit terlihat kusam dan kering. Tidak heran jika kandungan ini sering digunakan dalam pelembap.

Baca Juga : Mengenal Peptide, Kandungan Skincare untuk Anti Aging

3. Hyaluronic Acid

Kandungan yang satu ini ngetren pada produk skincare Korea, kemudian jadi banyak digunakan oleh produk Indonesia. Hyaluronic acid atau asam hialuronat sebenarnya sudah diproduksi secara alami oleh tubuh, sedangkan hyaluronic acid dalam skincare adalah versi buatan. Namun, produksi hyaluronic acid akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Fungsi utama kandungan ini untuk mengikat molekul air dalam jaringan kulit agar tidak menguap dan berada dalam jaringan. Kadar air dalam tubuh ini jadi salah satu faktor penting untuk menjaga kelembapan kulit serta menentukan tingkat hidrasi tubuh.

4. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya ini jadi kandungan yang paling sering digunakan dan jadi must ingredients dalam produk moisturizer. Pasti kamu ingat kalau dulu ramai aloe vera gel di mana-mana. Lidah buaya ini juga cukup banyak ditemukan di Indonesia. Dalam kandungan ini kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, serta enzim yang bisa menjaga kelembapan serta kekenyalan kulit secara alami.

Sekarang sudah lebih mengenal kandungan melembapkan yang ada dalam produk skincare kan? Kamu udah coba pakai kandungan apa saja nih? Atau ada yang jadi kandungan favoritmu?

Last Updated on December 16, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 16 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya