Ternyata Tipe Kulit Kering dan Berminyak Bisa Berubah, Ini Alasannya

0
Diunggah 20 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Ternyata Tipe Kulit Kering dan Berminyak Bisa Berubah, Ini Alasannya

Kamu pernah merasa kalau tipe kulit berubah nggak nih? Ternyata hal ini bisa terjadi dan ada penjelasannya loh!

Kamu pernah struggle dengan tipe kulit kering? Lalu beberapa tahun kemudian tipe kulitmu bisa berubah menjadi berminyak? Atau sebaliknya berminyak menjadi kering. Hal ini sebenarnya bisa terjadi dan kamu jadi bingung menentukan produk kecantikan yang harus digunakan. Sebenarnya tipe kulit seseorang adalah faktor genetik tetapi perubahan tipe kulit sangat mungkin terjadi. Biasanya proses ini berlangsung cukup panjang dan penyebabnya ada beragam. Selain faktor usia, ada beberapa faktor internal dan eksternal yang memengaruhi tipe kulit berubah. Apa saja sih penyebabnya?

1. Hormon yang Naik Turun

Perubahan hormon yang biasa dialami perempuan ini bisa berpengaruh ke kulit. Biasanya perempuan akan mengalami perubahan hormon pada saat menstruasi, hamil, menopause, atau pre menopause hingga konsumsi pil KB yang membuat kulit menjadi lebih berminyak. Selain menjadi berminyak, kulit juga rentan mengalami jerawat. Perubahan tipe kulit karena alasan hormon memang bukan perubahan permanen dan dianggap sebagai perubahan behaviour dan kondisi kulit yang bersifat sementara.

2. Perubahan Cuaca

Faktor penentu dalam perubahan tipe kulit adalah perubahan cuaca atau iklim yang terjadi di lingkungan tempat tinggal. Kulit berfungsi sebagai pelindung organ tubuh lain maka ketika kamu menghadapi perubahan cuaca atau musim biasanya kulit akan melakukan penyesuaian agar organ tubuh tetap terlindungi.

Faktor cuaca adalah salah satu penyebab utama karena kulit akan terasa jauh lebih berminyak saat tinggal di kota yang sangat panas. Selain cuaca di luar ruangan, penggunaan heater atau pendingin ruangan juga berampak pada kulit. Jadi, kamu perlu menghindari penggunaan air panas, penghangat ruangan atau AC yang terlalu dingin untuk menjaga kulit tetap seimbang.

3. Perubahan Gaya Hidup

Gaya hidup jadi hal yang paling berpengaruh pada kondisi kulit. Hal ini tidak hanya pada kegiatan olahraga saja, tetapi termasuk merokok, jam tidur, hingga tingkat stres yang dialami sehari-hari juga memengaruhi kesehatan kulit. ย Selain itu, makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa jadi penyebab tipe kulit berubah, seperti minuman diuretik misalnya kopi, teh, hingga alkohol. Konsumsi jenis minuman seperti ini menyebabkan kulit jadi lebih kering.

Baca Juga : Alasan Bekas Jerawat Sulit Hilang pada Kulit Asia

4. Faktor Lingkungan

Meskipun tidak terlalu berpengaruh, faktor eksternal ini menjadi salah satu penyebab kulit harus menyesuaikan diri. Beberapa faktor lingkungan seperti radikal bebas, polusi udara, allergen, hingga paparan sinar UV yang berlebih bisa merusak kulit. Kamu tidak bisa mengontrol faktor eksternal tetapi kamu harus berusaha melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas dengan mencari produk skincare yang sesuai.

5. Penggunaan Produk Topikal

Jika kulit wajahmu tiba-tiba menjadi kering, mengelupas, atau sensitif, kamu perlu memeriksa kembali rangkaian skincare yang sedang kamu lakukan. Penggunaan topical treatment dengan produk kandungan vitamin, AHA, dan retinol bisa menimbulkan perubahan pada kulit seperti reaksi alergi, iritasi, hingga kulit mengelupas. Hal ini akan membuat kulit terasa lebih kering dan muncul masalah kulit yang biasanya tidak kamu alami. Kondisi ini bisa jadi hanya sementara pasca penggunaan produk tersebut. Kamu bisa coba menggunakan beberapa kandungan yang menenangkan kulit dan selalu menggunakan sunscreen.

Itu dia beberapa faktor yang menyebabkan kulit bisa berubah tipe. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama? Coba share pengalamanmu di kolom komentar yuk!

Last Updated on June 08, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 20 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya