Saffron Kashmir Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit dan Kesehatan

0
Diunggah 16 March 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Saffron Kashmir Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit dan Kesehatan

Berbagai manfaatSaffron Kashmir telah dikenal sangat luas walaupun saffron ini sulit didapatkan dan harganya sangat mahal. Nah, saffron Kashmir termasuk jenis saffron yang terbaikdibanding saffron lainnya

Saffron atau disebut juga dengan kuma-kuma adalah rempah termahal di dunia. Nah, saffron kashmir termasuk rempah paling terkenal di dunia jadi tidak heran jika harganya paling mahal. Rempah yang satu ini berasal dari bunga pacar atau Crocus Sativus, dikeringkan bisa menjadi bumbu masak, pewarna hingga perawatan kulit. Nah, berikut ini ada penjelasan mengenai saffron kashmir beserta manfaatnya.

Apa Itu Saffron Kashmir?

manfaat saffron kashmir

Saffron Kashmir sudah lama dianggap sebagai jenis saffron yang terbaik dan paling mahal di dunia. Jenis bunga saffron ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan jenis lainnnya. ย Jenis saffron ini bisa tahan sampai 20 tahun dibandingkan jenis saffron lainnya yang rata-rata hanya dua tahun. Selain itu, putih saffron kashmir terlihat lebih segar dan lembap jadi tidak terlalu kering. Untuk warna putiknya, jenis ini lebih merah gelap dibandingkan lainnya yang merah terang. Ditambah dengan putik yang lebih besar.

Baca Juga : Bunga Saffron, Rempah Mahal untuk Wajah Cerah dan Bebas Jerawat

Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Saffron memiliki banyak manfaat untuk tubuh termasuk kesehatan. Berikut ini ada beberapa manfaat saffron kashmir untuk kesehatan.

manfaat saffron kashmir

1. Mengobati Demam dan Pilek

Saffron adalah tonik stimulan dan sangat efektif untuk mengobati pilek dan demam. Kamu cukup mencampurkan sejumput saffron dalam susu dan dioleskan di dahi lalu demam akan segera reda.

2. Melindungi dari Kanker

Saffron mengandung karoten yang berwarna orange gelap yang bisa larut dalam air yang disebut crocin. Crocin ini yang menyebabkan warna emas pada saffron. Crocin ini bisa memicu apoptosis atau kematian sel terprogram pada sel kanker manusia, karsinoma ovarium, leukemia, adenokarsinoma usus besar, dan sarkoma jaringan lunak.

Ekstrak saffron juga memiliki komponen aktif yang menunjukkan kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Selain menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, crocin juga membantu sel-sel kekebalan tubuh untuk menghancurkan sel kanker.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian terbaru juga menunjukkan ekstrak saffron khususnya crocin bermanfaat untuk mengobati gangguan mental yang berkaitan dengan usia. Di jepang, bunga ini sering digunakan dalam pengobatan penyakit parkinson, kehilangan daya ingat dan peradangan.

4. Meningkatkan Hormon dan Stimulasi Tubuh

Kalau kamu mengalami masalah pubertas, ekstrak saffron ini memiliki efek stimulan yang berguna untuk anak perempuan. Sedikit saffron yang ditumbuk dalam sendok bermanfaat untuk menstimulasi hormon dan menghasilkan efek yang diinginkan.

Selain itu, untuk pria dengan libido rendah, saffron bisa menjadi stimulan seksual dan dapat dikonsumsi dalam dosis kecil sebelum tidur.

Baca Juga : Skincare Share In Jar, Murah Tetapi Tidak Selamanya Aman

Manfaat Saffron Kashmir untuk Kecantikan Kulit

Selain berguna untuk kesehatan, bunga saffron juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Apa saja sih manfaat saffron untuk kecantikan kulit?

manfaat saffron kashmir

1. Dapat Digunakan Sebagai Toner Wajah

Saffron bisa digunakan sebagai toner wajah yang bisa menghidrasi kulit. Kamu cukup memasukan beberapa helai saffron ke dalam air mawar lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, kocok hingga merata dan aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan.

2. Mencerahkan Kulit Kusam

Kalau kamu memiliki kulit kusam dan kurang cerah, kamu bisa menggunakan saffron untuk mengembalikan warna alami kulit. Kamu bisa mencampurkan beberapa helai saffron dengan susu dan diamkan selama satu jam hingga saffron menyatu sempurna. Setelah itu, aplikasikan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15 menit.

3. Mengatasi Bekas Jerawat

Bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan, hal ini bisa diatasi dengan saffron yang direndam ke dalam air bersamaan dengan daun basil. Campurkan semua bahan hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Saffron bersifat antifungal yang bekerja dengan baik jika dicampurkan dengan daun basil yang antibakteri. Selain itu, kamu bisa menambahkan bubuk kunyit sebagai antiseptik untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat.

4. Mengatasi Lingkaran Hitam di Area Sekitar Mata

Kamu bisa mengatasi lingkaran hitam di area sekitar mata dengan menggunakan masker yang terbuat dari dua atau tiga helai saffron ke dalam satu sendok teh air dan diamkan semalaman. Setelah itu, tambahkan 2-3 tetes minyak kelapa atau zaitun campurkan hingga merata dan oleskan di bagian bawah mata. Diamkan hingga mengering lalu bilas hingga bersih.

Nah, bagaimana nih Sahabat AVO? Kamu tertarik mencoba saffron untuk perawatan tubuhmu tidak? Sebelum membeli bunga saffron sebaiknya pastikan keaslian produknya ya!

Last Updated on February 22, 2022

Tags Terkait

#manfaatsaffron
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 16 March 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya