5 Cara Mudah Menghilangkan Bruntusan di Dahi dengan Produk Skincare

0
Diunggah 17 March 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

5 Cara Mudah Menghilangkan Bruntusan di Dahi dengan Produk Skincare

Bruntusan di dahi memang sering sulit diatasi bahkan muncul kembali dengan mudah. Nah, ini ada cara menghilangkan bruntusan di dahi yang bisa kamu coba!

Selain masalah jerawat, ada masalah kulit lainnya yang sangat mengganggu yakni bruntusan. Yup! Semua orang pasti pernah mengalami bruntusan di sekitar wajah, terutama bruntusan di dahi. Biasanya bruntusan sering muncul di area dahi yang pastinya sangat terlihat pada wajah. Meski bukan kondisi yang berbahaya, bruntusan di dahi sangat mengganggu penampilan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada cara menghilangkan bruntusan di dahi. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga : Tips Eksfoliasi Kulit untuk Kamu yang Memiliki Kulit Sensitif

Apa Itu Bruntusan?

Bruntusan adalah kondisi yang menggambarkan suatu keadaan kulit yang permukaannya terasa kasar dan tidak rata. Bruntusan ini akan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol di kulit kalau diraba dengan tangan.

Selain pada area wajah, bruntusan juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya yang masih tertutup oleh kulit, misalnya bruntusan di dahi. Bruntusan bisa muncul hanya di satu atau dua titik tetapi bisa muncul bergerombol atau berkelompok di beberapa area tubuh tertentu.ย Beberapa daerah yang rentan mengalami bruntusan di wajah biasanya bagian T-zone seperti dahi, hidung, dan dagu. Selain itu, bruntusan bisa muncul di bagian leher, lengan, bahu, atau punggung.

Penyebab Bruntusan di Wajah

Bruntusan di wajah bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti komedo, iritasi wajah, milia, dermatitis, dan banyak yang lainnya. Namun, komedo adalah salah satu penyebab bruntusan yang paling sering terjadi. Berikut penjelasannya

1. Komedo dan Jerawat

Mirip seperti jerawat, komedo terbentuk dari sel-sel kulit mati yang menumpuk dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat bisa dipicu oleh beberapa hal seperti perubahan hormon, stres, produksi keringat berlebih, penggunaan obat tertentu, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, dan kebersihan kulit tidak terjaga.

2. Iritasi Wajah dan Alergi

Iritasi wajah bisa disebabkan karena reaksi alergi terhadap suatu bahan entah itu makanan, skincare, atau konsumsi obat-obatan tertentu. Bahkan perhiasan juga dapat menyebabkan alergi lho. Jika kamu memiliki riwayat alergi seperti ini, cobalah untuk mengeliminasi produk atau bahan yang kamu curigai sebagai penyebab alergi. Jika ternyata setelah mengeliminasi satu per satu bahan tersebut akhirnya bruntusanmu hilang maka kamu tidak perlu melakukan treatment khusus atau memakai obat dan skincare tambahan.

3. Milia

Walaupun milia tidak berbahaya, namun ia juga dapat memicu iritasi pada wajahmu dan tentunya yang nampak yaitu adanya beruntusan. Selain pada dahi, milia juga dapat muncul pada area mata, telinga, dan juga hidung.

Baca Juga : Begini Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Milia

Cara Menghilangkan Bruntusan di Dahi

cara Menghilangkan Bruntusan di Dahi

Jika kamu ingin menghilangkan bruntusan di dahi dengan cepat, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit atau skincare. Hal ini memang paling ampuh untuk mengatasi masalah bruntusan. Berikut adalah cara menghilangkan bruntusan di dahi.

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin dengan Natural Sublime Facial Cleanser

Rutin membersihkan wajah menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan di dahi. Kamu perlu rutin membersihkan wajah setidaknya dua hari sekali agar bruntusan di dahi menghilang. Sebaiknya pilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu atau gunakan pembersih wajah yang cocok untuk semua jenis kulit seperti Natural Sublime Facial Cleanser dari Avoskin.

Kamu juga bisa melakukan double cleansing atau mencuci wajah dua kalii untuk memastikan kulit wajah bersih dari kotoran sebagai cara menghilangkan bruntusan di dahi. Kalau kamu memakai makeup setiap hari, kamu bisa membersihkan wajah menggunakan makeup remover seperti micellar water atau yang mengandung minyak.ย  Selalu pastikan wajahmu bersih dan tidak ada sisa makeup yang masih menempel. Karena sisa makeup bisa menjadi salah satu pemicu munculnya komedo.

2. Lakukan Eksfoliasi Kulit Memakai Miraculous Refining Series

Perawatan untuk membantu menghilangkan bruntusan di dahi adalah dengan eksfoliasi, yaitu proses menghilangkan sel-sel kulit mati. Kamu bisa melakukan eksfoliasi secara berkala setiap seminggu sekali dengan menggunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kamu bisa menggunakan Avoskin Miraculous Refining Series untuk melakukan eksfoliasi kulit sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan di dahi.

3. Aplikasikan Pelembap

Setelah kamu selesai membersihkan wajah, kamu bisa menggunakan pelembap untuk menghilangkan bruntusan di dahi. Jenis kulit apapun wajib menggunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Kamu juga bisa menggunakan toner dan serum sebelum menggunakan pelembap. Jadi, produk perawatan kulit apapun yang digunakan, kamu perlu memastikan jenis kulit wajah dan masalah kulit yang ingin diatasi.

4. Selalu Gunakan Sunscreen

Jangan lupa untuk selalu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet menggunakan sunscreen. Sunscreen termasuk salah satu produk yang tidak boleh kamu lewatkan, terutama untuk kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Selain efektif mencegah bruntusan, sunscreen ini penting untuk melindungi kulit dari paparan matahari yang bisa memicu kanker kulit.

Sebaiknya gunakan sunscreen setelah menggunakan pelembap dan pastikan seluruh kulit tertutup oleh sunscreen. Jangan lupa untuk reapply sunscreen setiap 2 sampai 3 jam sekali.

5. Hidrasi Wajah dengan Essence PHTE Avoskin

Perfect Hydrating Treatment Essence dari Avoskin memiliki fungsi utama untuk menghidrasi dan menyegarkan kulit wajah. Selain itu essence ini juga dapat mengatasi bruntusan di dahi dengan cepat. Biasanya pemakaian 1 hingga 2 minggu akan menampakkan hasilnya yaitu bruntusan mulai hilang. Perlu kamu ketahui bahwa terkadang bruntusan juga dapat muncul karena kulit kurang terhidrasi. Maka dari itu menggunakan PHTE dapat menjadi cara menghilangkan bruntusan di dahi yang tepat untuk kamu terutama yang kulitnya kering.

Nah itu dia beberapa cara menghilangkan bruntusan di dahi yang bisa kamu lakukan dengan produk skincare. Selain perawatan itu, kamu juga wajib merawat kulitmu menggunakan produk yang aman dan bagus seperti Avoskin ya!

Last Updated on April 06, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 17 March 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya