5 Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak, 5 Penyebab dan Ciri-cirinya

0
Diunggah 16 June 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

5 Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak, 5 Penyebab dan Ciri-cirinya

Skin barrier adalah lapisan pelindung terluar kulit. Avoskin rangkum ciri-ciri skin barrier rusak dan cara memperbaiki skin barrier yang rusak, dan skincare untuk skin barrier rusak.

Skin barrier adalah lapisan pelindung paling luar kulit yang menjaga kulit dari berbagai kerusakan. Nah, kamu perlu mengetahui cara memperbaiki skin barrier yang rusak terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa keathui ciri-ciri skin barrier rusak serta penyebabnya. Apakah kamu saat ini punya masalah kulit yang tidak kunjung usai? Bisa jadi skin barrier rusak. Coba ikuti beberapa cara untuk memengembalikan skin barrier berikut.

Baca Juga : 6 Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

Kamu merasa kalau masalah kulitmu tidak segera bisa diatasi walaupun sudah memakai banyak produk perawatan kulit? Jika iya, bisa jadi jadi masalah ada pada skin barrier. Ini saatnya kamu fokus pada permasalahan dasar kulit. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk perbaiki skin barrier yang rusak:

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri skin barrier yang rusak, kamu tidak perlu khawatir untuk mangatasi skin barrier yang rusak, karena hal ini bisa diatasi.

Kamu bisa mengatasi skin barrier yang rusak dan mengembalikan tekstur kulit dengan beberapa cara yang mudah. Berikut adalah cara memperbaiki skin barrier rusak dengan tepat:

1. Lakukan perawatan kulit dasar

Cara memperbaiki skin barrier yang mengalami kerusakan pertama adalah lakukan perawatan kulit dasar. Kamu tidak perlu menggunakan terlalu banyak produk skincare untuk memperbaiki skin barrier.

Untuk skincare yang dapat kamu aplikasikan untuk skin barrier, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi produk Avoskin untuk skin barrier, seperti Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser, Avoskin Intensive Nourishing Day Cream, dan Avoskin The Great Shield Sunscreen.

cara memperbaiki skin barrier yang rusak
Perawatan kulit dasar sangat diperlukan untuk mencegah skin barrier rusak, merawat dan sekaligus memperbaiki skin barrier rusak

Perawatan kulit dasar dengan produk-produk Avoskin ini dapat menjadi cara untuk memperbaiki kerusakan skin barrier yang rusak, sekaligus berpotensi mengembalikan kerusakan lapisan skin barrier.

2. Hidrasi kulit dengan baik

Cara untuk memperbaiki lapisan skin barrier adalah dengan melakukan hidrasi kulit dengan baik dan dengan produk yang cocok.

cara memperbaiki skin barrier yang rusak
Cara memperbaiki skin barrier adalah dengan melakukan hidrasi kulit dengan tepat

Hidrasi kulit dengan baik dapat bermanfaat untuk menghindari munculnya jerawat, komedo, dan breakout. Maka dari itu kamu perlu menghidrasi kulit dengan maksimal. Kamu bisa menggunakan Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence, Avoskin Your Skin Bae Serum Niacinamide, atau Avoskin Your Skin Bae Toner Niacinamide untuk membantu mempercepat proses memperbaiki skin barriermu.

3. Hindari melakukan eksfoliasi kulit

cara memperbaiki skin barrier yang rusak
Eksfoliasi kulit dapat sementara dihentikan ketika skin barrier mengalami kerusakan

Berhenti lakukan eksfoliasi kulit. Ketika skin barrier sedang bermasalah, cara memperbaiki skin barrier adalah jangan melakukan eksfoliasi untuk menghindari kerusakan skin barrier semakin parah. Setelah kulit kembali normal, kamu bisa lakukan eksfoliasi kembali.

4. Gunakan skincare dengan efek menenangkan

skincare untuk skin barrier rusak
Skincare dengan sifat menenangkan membantu skin barrier rusak menjadi pulih kembali

Untuk memperbaiki skin barrier yang rusak, pakailah skincare yang memberikan efek menenangkan seperti produk dengan kandungan hyaluronic acid, tea tree oil, centella asiatica, calendula, snail mucin. Nah, dalam skincare routinemu, kamu bisa menambahkan skincare untuk skin barrier adalah Avoskin Your Skin Bae Serum Hyacross.

5. Hindari produk skincare bersifat astrigen

Untuk mengembalikan skin barrier yang rusak, hindari produk skincare bersifat astrigen karena bisa membuat kulit kering. Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan antioksidan dan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Hal ini untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak

Skin barrier adalah lapisan proteksi kulit terluar yang menjaga dan melindungi kulit dari berbagai kerusakan. Permasalahan yang terjadi pada kulit wajah memang bisa dikenal dengan ciri-ciri yang nampak maupun yang dirasakan. Contoh skin barrier yang rusak juga bisa dikenali dengan mudah. Berikut adalah ciri-ciri skin barrier rusak:

  1. Tekstur kulit menjadi kering, mengelupas, dan bersisik,
  2. Kenampakan kulit menjadi kusam
  3. Kulit terasa gatal dan kemerahan,
  4. Kuilt terasa sangat berminyak dan kasar
  5. Muncul jerawat pada kulit

Selain itu, sensasi kulit seperti ditarik juga bisa menjadi tanda skin barrier mengalami kerusakan atau skin barrier sedang bermasalah. Untuk ciri-ciri skin barrier rusak seperti ditarik ini kamu harus perhatikan dengan seksama agar bisa memperbaiki skin barrier rusak dengan tepat dan aman.

ciri ciri skin barrier rusak
Mengatasi skin barrier rusak harus sesuai dengan kondisi kulit dan ciri-ciri kerusakan skin barrier

Penyebab Skin Barrier Rusak

Ada banyak hal yang menyebabkan kerusakan skin barrier. Bisa dari penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat, memilih kandungan produk yang salah, cuaca, bahkan usia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab kerusakan skin barrier:

1. Menggunakan Produk Kecantikan Berbahan Keras

Menggunakan produk kecantikan dengan bahan keras sehingga menyebabkan iritasi kulit. Biasanya ditandai dengan kulit mengelupas dan kering. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab skin barrier rusak.

skin barrier rusak
Salah satu penyebab skin barrier rusak adalah penggunaan produk skincare berbahan keras

2. Over Exfoliating

Salah satu hal yang dapat membuat kerusakan skin barrier adalah over exfoliating, atau berlebihan dalam eksfoliasi kulit. Over exfoliating yang membuat skin barrier terkikis. Bukannya mengangkat sel kulit mati, tetapi lapisan pelindung kulit terluar akhirnya menjadi rusak.

3. Tidak Menjaga Kelembapan Kulit

Menjaga kelembapan kulit dapat menjaga kulitmu dari kerusakan skin barrier. Kelembapan kulit tidak terjaga. Hal ini memang sering terjadi terutama bagi pemilik kulit berminyak.

Banyak yang beranggapan tidak perlu mengaplikasikan pelembap ke wajah karena membuat wajah semakin berminyak. Padahal, semua jenis kulit membutuhkan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap sehat terawat.

4. Terpapar Sinar Matahari

Salah satu penyebab kerusakan skin barrier adalah terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama tanpa memakai sunscreen. Sinar matahari ini menjadi penyebab kulit rusak yang paling menakutkan, termasuk pada potensi kerusakan lapisan kulit terluar atau skin barrier.

5. Kurang Tidur, Stres, Radikal Bebas, dan Faktor Usia

Kurang tidur, stres, terpapar polusi dan radikal bebas dapat memperburuk masalah skin barrier dan kerusakan skin barrier. Faktor lain seperti usia yang menua juga dapat menyebabkan kondisi skin barrier menurun.

Seperti itulah ciri-ciri skin barrier yang mengalami kerusakan, penyebab skin barrier rusak, dan cara memperbaiki skin barrier yang rusak, serta memperbaiki tekstur kulit dengan tepat dan aman. Jika dirawat dengan baik dan menghindari penyebabnya, maka proses pulihnya fungsi skin barrier dapat terjadi selama 2 hingga 4 minggu. Bukan wantu yang cepat memang, maka dari itu mulai sekarang lebih perhatikan kesehatan kulitmu ya, Sahabat AVO! Jangan sampai skin barrier rusak dan membuat kulitmu menjadi tidak sehat.

Last Updated on May 04, 2022

Tags Terkait

#skinbarrier
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 16 June 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya