Mengenal Kandungan Mugwort dan Manfaatnya Bagi Kulit Wajah

0
Diunggah 17 June 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeIngredients

Mengenal Kandungan Mugwort dan Manfaatnya Bagi Kulit Wajah

Mugwort adalah tanaman berbasis akar-akaran yang banyak digunakan dalam produk skincare, yang mengandung anti inflamasi, anti bakteri, serta vitamin E. Sebenarnya apa sih manfaat mugwort untuk kulit wajah?

Industri kecantikan terutama perawatan kulit sedang berkembang pesat beberapa tahun terakhit. Banyak sekali inovasi yang mengandalkan bahan alami untuk pembuatan produk skincare.

Salah satunya adalah kandungan mugwort yang mulai populer. Mugwort adalah tanaman akar-akaran yang memiliki banyak manfaat untuk kulit loh. Yuk, mengenal mugwort lebih jauh lagi!

Apa Itu Mugwort?

Mugwort adalah tanaman akar yang telah digunakan sebagai obat tradisional sejak ratusan tahun lalu. Dalam pengobatan tradisional Korea, mugwort dikenal sebagai bahan penghangat untuk tubuh dan digunakan selama ratusan tahun untuk meningkatkan sirkulasi, meredakan nyeri otot, atau melancarkan siklus haid.

Tanaman ini juga digunakan sebagai bahan herbal di permandian Korea untuk memberi efek relaksasi pada tubuh.

mugwort adalah
Mugwort adalah jenis tumbuhan akar-akaran kaya manfaat

Dilansir dari situs Allure, seorang dermatlog asal Amerika Serikat mengatakan jika mugwort ini memiliki kandungan antioksidan yang sama dengan vitamin C. Selain itu, ahli kimia dan kosmetik menyebutkan jika tanaman ini mengandung anti inflamasi, anti bakteri, serta vitamin E.

Tanaman ini tumbuh subur di Amerika dan dipercaya memiliki efek menenangkan kulit.

Baca Juga : Mengenal Panthenol, Vitamin B5 yang Melembapkan Kulit

Manfaat Mugwort untuk Kecantikan Kulit

Tanaman ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Sejak zaman dahulu, mugwort ini sering digunakan sebagai ramuan obat untuk mengatasi kemerahan, gatal, dan bengkak karena iritasi kulit.

Masalah kulit seperti proriasis, eksim, hingga masalah kulit kepala juga bisa diatasi dengan tanaman ini. Nah, untuk lebih lengkapnya ini dia sederet manfaat mugwort untuk kulitmu.

1. Membantu Mempertahankan Kelembapan Kulit.

Mugwort memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk kulit. Salah satu manfaat vitamin E yang ada pada extract mugwort adalah untuk membantu mempertahankan kelembapan kulit. Kulit yang lembab karena mendapatkan manfaat dari mugwort akan terhindar dari kerutan halus dan masalah umum penuaan yang lainnya.

2. Mengurangi Iritasi pada Kulit

Mugwort memiliki sifat anti inflamasi, sekaligus memiliki kandungan anti bakteri, dan anti fungal. Dari kandungan ini, manfaat mugwort adalah dapat mengurangi iritasi pada kulit.

3. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas dan UV

Aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan kulit terpapar radikal bebeas dan sinar ultraviolet, terutama kamu yang aktif beraktivitas diluar ruangan. Mugwort memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Kandungan pada mugwort ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV.

4. Menutrisi Kulit dengan Vitamin pada Mugwort

Sama halnya dengan tubuh, kulit juga membutuhkan nutrisi. Nutrisi pada kulit dapat berbentuk vitamin. Mugwort mengandung vitamin C dan E yang bermanfaat untuk menutrisi kulit.

5. Mencegah Jerawat

Mugwort bersifat anti microbial sehingga bisa membantu mencegah pertumbuhan jerawat sekaligus mempercepat proses perbaikan jaringan kulit akibat jerawat.

6. Manfaat Mugwort untuk Eczema dan Psoriasis

Berdasarkan penelitian dari seorang dokter kulit dari Newyork, kandungan mugwort yang bisa mengatasi inflamasi, melembabkan wajah, dan meringankan iritasi bahkan dapat bermanfaat bagi penderita sakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

Kedua penyakit ini memiliki kondisi kulit yang sangat kering dan lebih kering daripada kulit kering biasa. Kelembaban yang diberikan mugwort dapat mencegah terjadinya kering lebih lanjut. Namun untuk point ini, penderita eksim tetap harus berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter masing-masing ya.

mugwort adalah
Tanaman Mugwort yang kaya manfaat

Kandungan Mugwort Cocok untuk Hampir Semua Jenis Kulit

Mugwort cocok untuk semua jenis dan kondisi kulit karena tanaman ini aman digunakan pada kondisi apapun. Kalau kamu memiliki kulit berminyak dan kombinasi, kandungan ini bisa mengontrol produksi sebum, melembapkan kulit tetapi tetap terasa ringan di wajah, memberi efek menyegarkan dan menenangkan pada kulit acne prone, dan mampu menyembuhkan jerawat.

mugwort adalah
Avoskin Your Skin Bae Mugwort Series

Untuk kulit kering dan sensitif, mugwort ini bisa meredakan kemerahan dan gatal akibat dry patch, mempercepat regenerasi sel, mencegah penuaan dini, dan merawat skin barrier.

Ternyata banyak sekali ya manfaat dari tanaman ini. Tidak heran kalau banyak produk skincare yang mulai menggunakan tanaman ini dalam produknya. Sahabat AVO bisa mendapatkan manfaat mugwort dari seri terbaru Avoskin Your Skin Bae Mugwort Series yang terdiri dari serum dan toner.

Last Updated on August 11, 2023

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 17 June 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya