Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dengan Cara Mudah

0
Diunggah 18 June 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dengan Cara Mudah

Mengenali kulit wajah sendiri sangat penting agar bisa menemukan jenis perawatan yang tepat. Nah, ini ada beberapa cara mengetahui jenis kulit wajah!

Memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat tentu menjadi impian semua orang.Β  Untuk mewujudkannya, tentu saja kamu perlu mengetahui jenis kulit wajah terlebih dulu karena beda jenis kulit beda pula cara perawatannya. Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda dan bisa berubah seiring bertambahnya usia.

Jenis kulit wajah juga bisa dipengaruhi oleh faktor lain seperti genetik, penyakit tertentu, faktor lingkungan, dan paparan sinar matahari. Ada beberapa cara mengetahui jenis kulit wajah yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak bagaimana sih caranya.

Jenis-jenis Kulit Wajah

Struktur dan jenis kulit wajah seseorang ditentukan oleh beberapa faktor seperti kandungan air, kandungan minyak, dan tingkat kepekaan suatu kulit pada zat atau bahan tertentu. Berdasarkan faktor itu, jenis kulit wajah dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Kulit Wajah Normal

Jenis kulit ini memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan minyak, sehingga tidak terlalu kering tapi tidak berminyak juga. Biasanya jenis kulit ini jarang memiliki masalah kulit, tidak terlalu sensitif, dan pori-pori hampir tidak terlihat. Jenis kulit normal ini lebih mudah dirawat.

cara mengetahui jenis kulit wajah

2. Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak cenderung licin dan mengkilap karena produksi minyak atau sebum yang berlebih. Sebum ini dihasilakn oleh kelenjar minyak di bawah permukaan kulit.

Meskipun sebum berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit, tetapi kelebihan sebum akan menyebabkan kulit wajah jadi berminyak, membuat kulit rentan berjerawat, dan pori-pori tersumbat. Jenis kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori besar, terlihat berkilau tapi kusam, dan ada komedo, jerawat, serta noda hitam.

3. Kulit Wajah Kering

Kulit wajah kering biasanya terjadi karena rendahnya tingkat kelembapan pada lapisan kulit terluar. Hal ini membuat kulit kering mudah pecah dan mengalami keretakan pada permukaan kulit.

Biasanya kulit jenis ini memiliki pori-pori kulit yang hampir tak terlihat, permukaan luar kulit terlihat kasar dan kusam, dan kulit kurang elastis. Jenis kulit ini lebih mudah memerah, gatal, bersisik, dan meradang.

4. Kulit Wajah Kombinasi

Jenis kulit ini adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Jenis kulit wajah ini memiliki kulit berminyak di zona T yaitu area dagu, hidung, dan dahi, serta kulit kering di area pipi. Jenis kulit ini bisa dipengaruhi oleh faktor genetik dan peningkatan hormon selama masa pubertas.

5. Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit sensitif sangat peka dan mudah sekali mengalami alergi atau iritasi dan ruam sebagai reaksi pada faktor tertentu seperti makanan, lingkungan, atau penggunaan produk kosmetik. Kulit wajah ini mudah terkelupas, kemerahan, kering, gatal, dan terasa perih ketika ada kontak dengan hal yang memicu munculnya gejala kulit sensitif.

Baca Juga : Ciri-Ciri Skin Barrier yang Rusak dan Cara Memperbaikinya

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Mungkin beberapa orang masih bingung menentukan apa jenis kulit wajah yang dimiliki. Kamu bisa mengetahui jenis kulit wajah dengan konsultasi ke dokter spesialis kulit. Namun, kamu juga bisa menerapkan beberapa cara ini sendiri di rumah. Berikut adalah langkah dan cara mengetahui jenis kulit wajah kamu:

1. Bersihkan Wajah Lebih Dahulu

Sebaiknya kamu membersihkan wajah terlebih dahulu, jika menggunakan makeup sebaiknya bersihkan dengan makeup remover. Kemudian, bilas wajah dengan air suhu normal dan gunakan sabun pembersih wajah dengan kandungan yang lembut. Biarkan wajah mengering atau keringkan wajah dengan cara menepuk kulit menggunakan handuk lembut.

2. Tunggu Sekitar 30-60 Menit

Setelah membersihkan wajah dan wajah sudah kering, diamkan wajah selama 30-60 menit. Jangan menggunakan produk perawatan kulit apapun termasuk toner, serum, atau pelembap. Karena saat kamu diamkan wajah akan kembali pada kondisi aslinya yang menentukan tipe kulit wajahmu sesungguhnya.

3. Gunakan Blotting Paper pada Wajah

Ini tahapan paling penting untuk mengetahui jenis kulit wajah. Kamu bisa menggunakan tisu atau blotting paper dan menekannya pada permukaan wajah.

4. Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Setelah menggunakan blotting paper, kamu bisa melihat seberapa banyak minyak yang menempel. Jika pada blotting paper terlihat minyak yang menempel itu berarti kamu memiliki jenis kulit berminyak.

Jika minyak hanya muncul pada saat menekan area T-zone, itu berarti kamu memiliki tiper kulit wajah kombinasi. Namun, kalau tidak ada minyak yang menempel pada blotting paper itu artinya kamu memiliki kulit kering. Kamu memiliki kulit wajah normal jika kulit terasa lembap dan sedikit sekali minyak yang terserap pada blotting paper.

Ciri-Ciri dan Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Beberapa ciri kulit berikut ini dapat kamu jadikan acuan dalam mengetahui jenis kulit:

  1. Jenis kulit berminyak: Kamu dapat mengetahui jenis kulit wajah berminyak adalah jika pada blotting paper terlihat minyak yang menempel.
  2. Jenis kulit kombinasi: Kamu dapat mengetahui jenis kulit wajah kombinasi adalah jika minyak hanya muncul pada saat menekan area T-zone
  3. Jenis kulit kering: Kamu akan mengetahui jenis kulit wajah kering jika tidak ada minyak yang menempel pada blotting paper
  4. Jenis kulit normal: Kamu memiliki kulit wajah normal jika kulit terasa lembap dan sedikit sekali minyak yang terserap pada blotting paper.

Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi kan dengan jenis kulit wajahmu. Kamu bisa coba beberapa cara mengetahui kulit wajah sendiri di rumah. Jadi, apa jenis kulit wajahmu nih Sahabat AVO?

Last Updated on August 10, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 18 June 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya