Spot Treatment yang Wajib Kamu Gunakan untuk Setiap Tipe Jerawat

0
Diunggah 29 November 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Spot Treatment yang Wajib Kamu Gunakan untuk Setiap Tipe Jerawat

Untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu perlu memilih spot treatment yang tepat. Begini cara menghilangkan jerawat sesuai jenis jerawat!

Kamu pernah merasa kalau pakai spot treatment pada satu jerawat hasilnya cepat hilang tetapi jerawat lain tidak ada perkembangan? Kasus seperti ini bisa jadi jenis spot treatment yang digunakan kurang cocok dipakai untuk tipe jerawat seperti itu. Setiap tipe jerawat memiliki penyebab dan cara pengobatan yang berbeda. Jadi, kamu harus mengikuti cara menghilangkan jerawat dengan spot treatment yang tepat berikut ini.

Kenali Jenis Jerawat di Wajahmu

Hal yang harus kamu ketahui pertama kali adalah jenis jerawat di wajah. Untuk mengetahui jenis jerawat ini kamu bisa membaca di artikel lama Avoskin di sini. Tipe jerawat ada beberapa jenis yaitu pustule, papule, cystic acne, fungal acne, dan hormonal acne. Selain itu, ada beberapa jenis jerawat lainnya seperti blackhead dan whitehead yang sering dijumpai. Lalu, spot treatment apa sih yang cocok untuk setiap jenis jerawat ini?

1. Pustule

Jerawat pustule atau pustula ini merupakan jerawat meradang tetapi di dalamnya ada nanah. Jerawat pustula ini mudah diketahui jadi untuk menanganinya ada alternatif yang direkomendasikan adalah pimple patch. Hal ini untuk membuat nanah bisa terangkat dengan baik tanpa terpapar kotoran atau bakteri. Selain itu, kamu juga bisa memakai obat jerawat dengan kandungan Salicylic Acid atau Benzoyl Peroxide.

2. Papule

Papule atau papula ini jenis jerawat yang umumnya berupa benjolan kemerahan dan memiliki whitehead di dalamnya. Jenis jerawat ini termasuk inflammatory acne yang disebabkan oleh bakteri atau pori-pori tersumbat. Kamu bisa memakai spot treatment dengan kandungan Salicylic Acid, Sulfer, Tea Tree atau Benzoyl Peroxide untuk mengatasi masalah jerawat papula. Kandungan tersebut dapat membunuh bakteri penyebab jerawat serta meredakan inflamasi.

3. Fungal Acne

Fungal acne ini biasa disebut dengan jerawat jamur, kondisi ini sedikit tricky untuk disembuhkan. Fungal acne ini akan terasa gatal pada kulit dan muncul dengan julah yang banyak pada satu bagian wajah. Selain itu, jerawat ini tidak mempunyai โ€œmataโ€. Pada umumnya obat yang disarankan untuk fungal acne adalah Ketoconazole 2% yang menjadi medikasi anti fungal untuk merawat infeksi yang diakibatkan oleh jamur. Namun, kamu juga bisa memakai obat jerawat dengan kandungan anti fungal seperti green tea, azelaic acid, dan sulfur. Namun, akan lebih baik jika kamu konsultasi dengan dermatolog juga.

Baca Juga : Miraculous Acne Solution Spot Treatment, Perawatan Khusus untuk Jerawatmu

4. Cystic Acne

Cystic acne atau jerawat batu ini lebih berbahaya dibandingkan papula atau pustula. Biasanya jenis jerawat ini terlihat besar, merah, dan terasa sakit. Penyebab jerawat ini umumnya karena hormon yang tidak seimbang atau genetik. Tidah hanya besar, jerawat batu ini lebih sulit untuk disembuhkan. Untuk penanganan yang lebih baik, kamu bisa langsung konsultasi ke dermatolog agar diberi perawatan yang sesuai. Kamu juga bisa memakai spot treatment dengan kandungan Benzoyl Peroxide yang sedikit lebih tinggi jika ingin menangani jerawat jenis ini.

5. Blackhead

Kamu pasti sudah sering melihat penampakan blackhead, bintik hitam yang sering muncul di hidung atau dagu. Untuk mengatasi blackheads, kamu bisa memakai produk dengan kandungan seperti AHA atau BHA. Kandungan BHA bisa meliputi Salicylic Acid dan Benzoyl Peroxide, serta AHA bisa dari Glycolic Acid.

6. Whitehead

Bintik-bintik putih yang ada di wajah ini adalah jerawat komedo yang biasanya disebabkan karena tersumbatnya pori-pori. Kamu bisa menanganinya dengan spot treatment dalam bentuk pimple patch, gel, krim, atau masker yang memiliki kandungan Salicylic Acid, AHA, atau Benzoyl Peroxide. Perawatan bisa dibantu dengan memakai adapelene. Kandungan-kandungan ini akan mencegah peradangan dan membersihkan pori-pori.

Itu dia jenis spot treatment yang sesuai dengan tipe jerawat. Kamu wajib memerhatikan kandungan dan jenis spot treatment yang kamu gunakan, agar jerawat cepat hilang ya! Yuk, share produk jerawat apa yang jadi favoritmu?

Last Updated on November 30, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 29 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya