Kulit Tetap Sehat Saat Musim Hujan? Ini Caranya!

0
Diunggah 01 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kulit Tetap Sehat Saat Musim Hujan? Ini Caranya!

Kulit tetap sehat saat musim hujan adalah keinginan banyak orang. Selain tubuh, ternyata kulit juga bisa rentan terkena berbagai macam penyakit.

Berdasarkan hasil penelitian, suhu dingin akan membuat kulit semakin rentan terhadap infeksi. Maka sebelum itu terjadi padamu, lebih baik kamu mencegahnya sedari awal. Berikut ini Avoskin paparkan langkah mudah merawat kulit saat musim hujan tiba. Yuk, simak sampai habis agar kulit tetap sehat saat musim hujan!

1. Memakai Pelembap Saat Malam Hari

Kulit berkerak, kering, dan gatal-gatal, semua itu gejala masalah kulit di musim hujan. Maka jangan sampai kamu melupakan menggunakan pelembap, bahkan saat malam hari. Pemakaian pelembap secara rutin akan mempertahankan kelembapan kulitmu. Udara yang dingin dan paparan angin dapat menghilangkan kelembapan kulit.

Gunakan produk dengan kandungan pelembap yang cocok bagi kulitmu. Tambah juga frekuensi pemakaian agar kulit senantiasa terjaga dari kekeringan, kecuali jika jenis kulitmu adalah kulit berminyak.

2. Rutin Gunakan Masker

Selain memakai pelembap, kamu juga dapat menambahkan perawatan dengan masker sebagai selingan. Gunakan masker seminggu atau dua minggu sekali. Masker wajah juga berfungsi menjaga kelembapan kulit.

Kamu dapat memilih beraneka macam masker, mulai dari masker alami dari buah-buahan atau produk masker yang bisa dibeli di gerai kecantikan. Serta jangan lupa aplikasikan krim mata untuk membantu mencegah kekeringan di area mata.

3. Hindari Pembersih Wajah yang Mengandung Alkohol

Kamu harus menghindari produk pembersih kulit atau kosmetik kulit yang bersifat keras seperti sabun, penyegar atau astringen yang umumnya beralkohol. Menggunakan produk dengan kandungan alkohol hanya akan membuat kulitmu semakin kering dan mudah teriritasi terlebih jika kamu berjenis kulit kering.

Pilihlah produk yang tepat untuk wajahmu. Gunakan pembersih wajah dari bahan-bahan non-alkohol sehingga kulit wajah dapat tetap terlindungi dari masalah kulit, seperti iritasi, kemerah-maerahan, bahkan jerawat.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan

4. Kurangi Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi memang bisa membuat wajah lebih cerah dan bersih. Namun melakukan secara terus menerus justru akan merusak kulitmu, apalagi saat musim hujan dimana hawa dingin akan membuat kulit lebih kering. Melakukan eksfoliasi secara berlebihan dapat menimbulkan iritasi kulit.

Oleh sebab itu, kurangi jumlah eksfoliasi pada saat musim hujan dengan melakukannya 1 kali setiap minggu saja. Di samping itu, perhatikan juga cara menggosok kulit. Jangan melakukannya terlalu keras sebab akan merusak bagian kulit arimu.

5. Jangan Mandi Terlalu Lama

Suhu udara yang dingin tidak jarang membuat kita enggan mandi dengan air dingin. Maka mandi dengan air hangat menjadi pilihan yang tepat saat udara dingin menerpa. Namun sayangnya mandi dengan air hangat terlalu lama justru dapat mengurangi kelembapan kulit.

Mandi menggunakan air hangat setiap hari jugan hanya akan membuat kulitmu terlihat kusam. Maka sebaiknya jangan terlalu sering melakukannya, batasi satu atau dua kali saja dalam seminggu jika ingin mandi dengan air hangat.

6. Hindari Memakai Foundation Terlalu Tebal

Foundation memang bisa menjadi solusi atas kekurangan pada kulit wajah. Selain dapat menyamarkan noda hitam, foundation bisa meratakan warna kulit wajah. Ketika musim hujan tiba usahakan untuk tidak melapisi wajah dengan foundation tebal. Pasalnya, hal ini justru akan mengakibatkan pori-pori tak bisa bernapas. Semakin tertutup bahkan sulit beradaptasi dengan suhu sekitar.

Baca Juga : Ini Alasan Kamu Tetap Wajib Pakai Sunscreen Meskipun Musim Hujan

7. Oleskan Tabir Surya

Meski cuaca mendung atau hujan turun, bukan berarti matahari tidak bersinar. Matahari tetap memancarkan sinar ultraviolet sepanjang siang hari. Jadi, jangan sesekali mengabaikan efek buruk sinar ultraviolet ini.

Meskipun musim hujan, matahari tetap ada sehingga tabur surya tetap harus digunakan. Tabir surya bisa mencegah kulit terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Namun kamu bisa menggunakan tabir surya yang SPF-nya lebih rendah.

Tabir surya ini juga bisa melembabkan kulit dan mencegah timbulnya kerutan halus. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF, baik pada wajah maupun tubuh. Sesuaikan juga dengan waktu intensitas beraktivitas di luar ruangan.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Selain perlindungan dari luar, kamu juga harus memperhatikan kondisi di dalam tubuhmu. Untuk itu pastikan kebutuhan air di dalam jaringan kulit sudah tersedia. Konsumsilah air putih secara rutin untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Jangan lupa juga untuk minum air putih 8 gelas setiap hari untuk menjaga perawatan kulit dari dalam. Selain itu konsumsi juga makanan bergizi dan bervitamin seperti sayuran dan buah untuk menjaga daya tahan tubuh.

9. Jauhi Makanan Pedas dan Berminyak

Untuk menjaga kulit sehat terutama di musim hujan, sebaiknya kamu juga menghindari makanan pedas, berminyak, dan asam. Tingkat kelembaban yang tinggi menyebabkan sistem pencernaan melemah dan makanan berat bisa membuatmu sakit perut. Jenis makanan-makanan tersebut bisa memicu timbulnya jerawat. Konsumsilah makanan yang mudah dicerna seperti sayuran, buah-buahan, jagung, atau oatmeal.

10. Konsumsi Buah dan Sayuran

Selain melakukan perawatan dari luar, kamu juga membutuhkan perawatan dari dalam. Bisa dengan mulai mengurangi makanan berminyak dan perbanyak makan buah dan sayuran. Sayuran hijau mengandung banyak senyawa lutein yang bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Lutein merupakan sumber lemak yang dapat melindungi kulit.

Saat musim dingin kulit membutuhkan nutrisi yang lebih. Sengatan matahari masih terjadi walaupun saat mendung. Maka jangan lupa untuk selalu mencantumkan buah dan sayuran pada setiap menu makanmu, ya!

Meskipun sedang musim hujan bukan berarti kamu mengabaikan kesehatan kulit wajahmu. Ayo optimalkan usahamu untuk kulit yang cerah dan sehat sepanjang waktu! ย ย ย ย 

Last Updated on December 02, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 01 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya