Benar Tidak Sih Aloe Vera Dapat Melembapkan dan Menghidrasi Kulit?

0
Diunggah 23 July 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Benar Tidak Sih Aloe Vera Dapat Melembapkan dan Menghidrasi Kulit?

Aloe vera biasa digunakan dalam produk kecantikan karena manfaatnya yang baik untuk kulit. Nah, apa sih manfaat aloe vera ini?

Sejak dulu aloe vera telah banyak digunakan untuk merawat kulit. Manfaat lidah buaya ini dapat melembapkan dan menghidrasi kulit. Nah, kalau kamu sedang mencari pelembap alami yang ringan dan aman untuk semua jenis kulit, aloe vera ini pilihan tepat untukmu. Menghidrasi kulit artinya bahan aktif akan meningkatkan kadar air dalam kulit sehingga kulit menjadi lebih lembap tanpa terlihat berminya. Apakah bener aloe vera ini efektif sebagai moisturizer yang dapat melembapkan dan menghidrasi kulit?

Kandungan Aloe Vera

Tanaman aloe vera tersusun atas tiga lapisan yaitu lapisan terluar yang berfungsi sebagai pelindung dan mensitesis karbohidrat dan protein. Pada bagian kulit daun ini terdapat pembuluh yang berperan untuk transportasi air dan tepung. Lapisan tengah dari kulit memiliki rasa pahit dengan kandungan glikosida dan anthraquinone. Lapisan tengah ini berisi gel yang mengandung 95% air, sisanya mengandung asam amino, lipid, sterol, glucomannan, dan vitamin.

Aloe vera ini banyak mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, kandungan ini merupakan bahan antioksidan yang baik untuk melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Selain itu, aloe vera mengandung B12, asam folat, dan kolin yang bermanfaat untuk kulit. Beberapa mineral juga ada dalam aloe vera seperti kalsium, krom, tembaga, selenium, mangan, kalium, magnesium, natrium, dan seng. Mineral ini menunjang fungsi berbagai sistem metabolisme enzimati yang berfungsi sebagai antioksidan.

Kandungan aloe vera ada 8 macam enzim yaitu alkalin fosfatase, amylase, bradykinase, katalase, selulase, lipase, peroksidase, karboksipeptidase, dan aliiase. Enzim yang ada di dalam aloe vera ini dapat meredakan peradangan jika dioleskan pada kulit. Maka kulit yang sedang mengalami infamasi dapat lebih tenang dan kemerahan berkurang.

Alasan Aloe Vera Dapat Digunakan Sebagai Moisturizer

Aloe vera adalah salah satu bahan moisturizer yang efektif karena memiliki higroskopis atau sifat yang dapat menarik air atau kelembapan. Gel aloe vera memiliki sifat yang dapat mempertahankan kelembapan. Jadi mekanisme aloe vera dalam mempertahankan kelembapan ini sama seperti cara kerja moisturizer untuk kulit. Produk moisturizer ini menghidrasi kulit dengan menyerap kelembapan dari udara dan dari dalam sel kulit, serta mempertahankan kelembaban agar tidak hilang.

Biasanya, produk pelembap memakai bahan aktif yang berminyak untuk mempertahankan kelembapan. Maka dari itu kadang kulit akan terasa berminyak dan lengket setelah memakai krim pelembap. Selain itu, bahan dengan komposisi minyak dapat menyumbat pori dan menyebabkan jerawat. Berbeda dengan aloe vera yang lebih ringan dan tidak berminyak, aloe vera ini tidak menyumbat pori sehingga tidak menyebabkan komedo dan jerawat.

Baca Juga : Jadi Tren di Dunia Kecantikan, Ini Manfaat Aloe Vera untuk Kulit Wajah

Lidah Buaya Dapat Menghidrasi Kulit Wajah

Benar tidak sih kalau aloe vera dapat menghidrasi kulit? Tentu saja jawabannya, iya. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian yang telah menganalisa kemampuan hidrasi dari krim pelembap yang mengandung 5% gel aloe vera dengan basis silikon yang tidak berminyak dan krim dengan olive oil.

Dapat disimpulkan bahwa pelembap dengan kandungan gel aloe vera terbukti dapat meningkatkan hidrasi pada kulit kering, normal, dan berminyak setelah pemakaian selama 7hari. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa efek hidrasi dapat dipertahankan oleh kulit ย meskipun pemakaian pelembap aloe vera dihentikan selama 4 sampai 7 hari. Hal ini membuktikan aloe vera dapat mempertahankan kelembapan kulit sekaligus menghidrasinya.

Penjelasan singkat ini setidaknya sudah sedikit menjawab pertanyaanmu mengenai manfaat aloe vera untuk melembapkan kulit ya, Sahabat AVO. Tidak diragukan lagi jika aloe vera ini mampu menjaga kelembapan sekaligus menghidrasi kulit ya.

Last Updated on July 24, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 23 July 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya