Jadi Tren di Dunia Kecantikan, Ini 10 Manfaat Aloe Vera untuk Kulit Wajah

0
Diunggah 01 February 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Jadi Tren di Dunia Kecantikan, Ini 10 Manfaat Aloe Vera untuk Kulit Wajah

Aloe vera tengah digandrungi oleh banyak wanita untuk merawat kecantikan kulitnya. Sebenarnya apa sih manfaat aloe vera untuk kulit wajah ini?

Penggunaan lidah buaya dalam dunia kecantikan memang sudah dikenal lama. Namun akhir-akhir ini, beauty blogger dan beauty influencer lagi tergila-gila dengan pemakaian ekstrak aloe vera untuk merawat kulit. Tidak bisa disangkal, lidah buaya memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ini 10 manfaat aloe vera untuk kulit wajah yang bisa kamu dapatkan

Baca Juga : Ikuti 5 Cara Ini Untuk Menjaga Kelembapan Kulit di Musim Pancaroba

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

manfaat aloe vera

Kamu mungkin sering menemukan informasi tentang beragam manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Ternyata, manfaat lidah buaya tidak hanya itu, ada beragam manfaat untuk kecantikan kulit.

1. Melembapkan Kulit

Tidak seperti pelembap lainnya yang hanya cocok untuk jenis kulit tertentu, aloe vera memberikan hasil yang luar biasa untuk kulit berminyak maupunย  kulit kering. Gel lidah buaya secara alami meningkatkan kadar air di kulit sehingga kelembapannya terjaga tanpa meninggalkan hasil akhir yang berminyak. Untuk menggunakannya, kupas lapisan luar lidah buaya, ambil gelnya dan pijatkan dengan lembut ke kulit wajah.

2. Mengurangi Jerawat

Kulit wajah yang berbintik merah dan nyeri saat dipegang tentunya sangat menyebalkan. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan mengoleskan gel lidah buaya untuk mengurangi jerawat sekaligus mencegah timbulnya bekas luka. Aloe vera mengandung antibakteri dan anti-inflamasi berkat keberadaan giberelin dan auksin yang efektif membantu mengurangi jerawat. Selain itu, kandungan polisakarida di dalamnya juga mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit sehingga jerawat cepat hilang dan tidak meninggalkan bekas.

3. Mencegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung menjadi kering dan kehilangan elastisitasnya. Hal ini membuat kulit rentan mengalami kerutan halus. Untuk menghambat proses penuaan, gunakan ekstrak lidah buaya untuk merawat kulit karena mengandung antioksidan penting seperti beta karoten, vitamin C, dan E.

4. Mengatasi Sun Burn

Menghabiskan banyak waktu di bawah terik matahari membuat kulit terasa panas, gatal, bahkan perih, untuk mengatasinya, aplikasikan gel lidah buaya langsung ke area yang terbakar sinar matahari. Berkat sifat anti-peradangannya, lidah buaya ampuh mengurangi kemerahan akibat paparan sinar UV. Selain itu, kandungan antioksidan dan nutrisi di dalamnya mempertahankan kelembapan alaminya, sehingga dapat menyembuhkan kulit dengan cepat.

Baca Juga : Pembersih Wajah Baru dari Avoskin, Natural Sublime Facial Cleanser

5. Menyamarkan Bekas Jerawat di Wajah

Seperti yang sudah kamu ketahui, aloe vera mengandung manfaat untuk meningkatkan reproduksi sel kulit, mengurangi kemerahan, dan melawan peradangan kulit, maka dari itu kegunaan aloe vera salah satunya adalah sebagai obat alami untuk menyamarkan bekas jerawat. Untuk mengobati bintik-bintik dan meringankan garis penuaan, kamu bisa menambahkan beberapa tetes perasa buah lemon ke dalam campuran aloe vera gel.

6. Menyamarkan Stretch Mark

Manfaat lidah buaya yang mengandung antioksidan, Vitamin A, dan Vitamin C juga bisa digunakan sebagai penyamar stretch mark. Cukup oleskan lidah buaya beberapa kali dalam seminggu pada bagian kulit yang terdapat stretch mark. Jika ingin memakai rutin, disarankan menggunakan aloe vera gel yang dibeli dalam bentuk skincare olahan.

7. Manfaat Aloe Vera untuk Mengatasi Mata Panda

Bagi kamu yang memiliki kantung mata hitam atau mata panda, tidak ada salahnya mencoba aloe vera gel. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk pengaplikasiannya. Salah satu caranya yaitu denganย 

  • Bagi 2 kapas berbentuk lingkaran agar masing-masing menjadi setengah lingkaran.ย 
  • Setelah itu rendam 5 menit dalam aloe vera gel.ย 
  • Selanjutnya simpan kapas tersebut ke dalam kulkas selama 10 menit.
  • Jika sudah, letakkan kapas pada kantung mata selama 15 menit.
  • Setelah dilepas, kamu akan merasakan efek segar instan pada kantung matamu.
  • Jika ingin praktis, buat langsung dalam jumlah banyak kapas rendaman aloe vera gel dan simpan dalam kulkas. Sewaktu-waktu kamu akan memakainya, kamu bisa langsung mengambil dari kulkas.

8. Menyejukkan Kulit Alis Setelah Mencabut dan Merapikannya

Bagi kamu yang sering mencabut alis atau waxing alis agar alis rapi, pasti akan merasakan efek sesudah mencabut yang terasa panas dan sedikit perih. Gunakan aloe vera gel pada bagian kulit tadi karena mengingat aloe vera memiliki manfaat anti inflamasi untuk mencegah terjadinya peradangan pada bagian kulit alismu.

Baca Juga : Begini Cara Merapikan Alis Sendiri di Rumah

9. Kegunaan Aloe Vera untuk Membersihkan Makeup

Jika kamu memiliki aloe vera gel yang sudah dalam bentuk botolan, kamu bisa memakainya sebagai makeup remover loh. Cara pemakaian aloe vera sebagai makeup remover atau pembersih makeup yaitu

  • Oleskan aloe vera pada kapasย 
  • Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak kelapa, minyak zaitu, atau baby oil. Pilih satu saja dari minyak tersebut.ย  Fungsi dari minyak dan baby oil adalah sebagai agen oil based yang akan mengangkat bekas makeup yang tidak bisa diangkat oleh aloe vera yang bersifat water based.
  • Baru setelah itu aplikasikan pada wajah dengan cara mengusap perlahan-lahan.

10. Meratakan Warna Kulit Wajah

Untuk meratakan warna kulit wajah, kamu harus rutin menggunakan aloe vera. Sebaiknya gunakan aloe vera gel yang kamu beli dalam bentuk kemasan botol daripada menggunakan lidah buaya alami. Pemakaian secara rutin lidah buaya yang belum diproses justru akan menyebabkan wajahmu iritasi. Simak dampak negatif dari pemakaian lidah buaya terlalu sering yang tanpa diolah lebih lanjut di bawah ini ya

Risiko Penggunaan Aloe Vera Secara Langsung

manfaat aloe vera

Meski manfaat lidah buaya sangatlah beragam, tetapi penggunaan secara berlebihan dalam jangka panjang tidak disarankan. Lidah buaya mengandung aloin, zat yang dapat memicu terjadinya gangguan pada usus besar karena aloin ditemukan di dalam daging lidah buaya yang belum diolah.

Lidah buaya yang digunakan dalam bentuk krim, gel, atau lotion juga bisa menyebabkan iritasi kulit pada beberapa orang. Selain itu, mengoleskan lidah buaya pada luka yang dalam di kulit atau luka bakar akan sangat berbahaya.

Manfaat lidah buaya memang sangat banyak dan menarik untuk digunakan, tetapi bukan berarti kamu bisa menggunakannya kapanpun. Gunakan secukupnya saja dan jangan menggunakan lidah buaya sebagai satu-satunya perawatan untuk penyakitmu.

Baca Juga : Benar Tidak Sih Aloe Vera Dapat Melembapkan dan Menghidrasi Kulit?

Kamu tidak perlu mencari dan mengolah lidah buaya sendiri untuk mendapatkan manfaat kecantikannya, cukup gunakan produk kecantikan yang sudah beredar di pasaran. Selain memberi kesegaran instan pada kulit, kandungan aloe veranya mampu membersihkan kotoran pada kulit wajah hingga pori-pori terdalam.

Last Updated on March 17, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 01 February 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya