7 Cara Menghapus Makeup Tebal Agar Tidak Menimbulkan Jerawat

0
Diunggah 16 March 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

7 Cara Menghapus Makeup Tebal Agar Tidak Menimbulkan Jerawat

Habis mengenakan makeup tebal? Nah, kamu harus ketahui cara menghapus makeup tebal dengan benar agar tidak menimbulkan jerawat.

Setelah tampil cantik dengan riasan makeup seharian, kamu tidak boleh malas untuk membersihkannya ya, Goddess. Kulit wajahmu butuh istirahat karena sudah bekerja keras seharian.

Makeup tebal yang tidak terhapus dengan sempurna dapat menyumbat pori-pori dan memperpanjang waktu kontak wajah dengan berbagai bahan pada makeup itu sendiri. Efeknya adalah akan timbul berbagai permasalahan kulit seperti kulit kusam, pori-pori besar, hingga berjerawat.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Produk Avoskin untuk Jerawat yang Dapat Kamu Coba

Kamu pasti tidak mau punya kulit wajah yang berjerawat atau berpori-pori besar. Nah, sebelum tidur wajib hukumnya untuk membersihkan makeup di wajah. Namun, membersihkan wajah dari makeup tebal tidak bisa sembarangan. Begini cara menghapus makeup tebal yang benar agar tidak menimbulkan jerawat.

1. Steam Wajah

Saat pori-pori wajah terbuka lebar, hal ini akan membuat makeup lebih mudah untuk dibersihkan. Kamu hanya perlu menyiapkan air hangat di dalam tempat yang cukup besar, lalu dekatkan wajah pada wadah berisi air hangat. Kamu hanya perlu untuk memijat pelan semua area wajah dengan benar agar kulit wajah rileks. Nah, lakukan hal ini selama 5 menit agar pori kulit terbuka.

2. Gunakan Scrub Wajah

Sebelum mencuci wajah dengan menggunakan facial foam, ada baiknya lakukan eksfoliasi wajah dari makeup tebal yang menempel. Setelah pori-pori terbuka akibat di steam oleh air hangat, melakukan eksfoliasi sangat bermanfaat untuk kesehatan wajah. Nah, scrub wajah ini akan mengangkat sisa-sisa kulit mati dan menjadikan kulit wajahmu sehat tanpa jerawat.

Cara Menghapus Makeup Tebal Agar Tidak Menimbulkan Jerawat

3. Cuci Wajah dengan Facial Foam

Setelah wajah dieksfoliasi, kamu dapat mencuci wajah dengan facial foam. Lakukan hal ini saat wajahmu masih lembap. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air dingin untuk menutup pori-pori wajah kembali. Kamu akan merasakan sensasi halus pada wajahmu setelah menggunakan facial foam. Namun, di bagian mata dan beberapa bagian kulit wajah masih terdapat sisa-sisa makeup. Nah, kamu harus melakukan langkah selanjutnya.

Baca Juga : Hindari 6 Kesalahan Makeup yang Bisa Menyebabkan Jerawat Ini

4. Gunakan Micellar Water

Walau sudah mencuci wajah dengan facial foam, micellar water juga sangat diperlukan. Tidak semua facial foam dapat mengangkat makeup waterproof terutama di area mata. Selain bisa mengangkat noda-noda membandel pada wajah, micellar water juga dapat mencerahkan kulit wajah. Micellar water sangat praktis karena dapat menghapus makeup tebal tanpa air dan mudah di bawa ke mana saja.

5. Minyak Zaitun : Alternatif Makeup Remover Berbahan Alami

Jika kamu memiliki stok minyak zaitun di rumah dan tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli micellar water, minyak zaitun bisa menjadi alternatifnya. Sebagian besar komponen makeup adalah bersifat oil-based atau memiliki sifat seperti minyak. Maka dari itu sangat efektif untuk membersihkan makeup tersebut dengan pembersih yang berbahan dasar minyak juga agar makeup ikut terhapus bersama pembersih tersebut.

Sebagai catatan setelah menghapus makeup dengan minyak zaitun, jangan lupa mencuci wajah dengan face wash agar wajahmu tidak oily.

6. Baby Oil Efektif Menghapus Makeup Tebal

Sama seperti minyak zaitun, baby oil dapat digunakan juga untuk membersihkan dan menghapus makeup. Baby oil dapat menghapus makeup dengan cepat dan lebih bersih daripada apabila kamu hanya membersihkannya dengan face wash saja.

7. Cleansing Balm

Perlu kamu tahu jika cleansing balm juga memiliki sifat seperti minyak namun wujudnya padat. Balm ini juga bagus untuk menghapus makeup tebal karena kembali lagi pada sifat makeup yang sebagian besar kandungannya juga oil-based. Prinsipnya adalah kandungan oil-based tidak bisa hanya dibersihkan dengan air karena air dan minyak tidak menyatu dan tidak dapat melarutkan satu sama lain. Apabila hanya membersihkan makeup dengan air maka makeup tidak akan terhapus sempurna.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Hidung Berminyak agar Kamu Semakin Percaya Diri

Itu dia cara mudah menghapus makeup agar kulit wajahmu selalu bersih dan tetap sehat. Dengan membersihkan makeup wajah yang tepat, kulit wajahmu akan terhindar dari jerawat. Selamat mencoba, Sahabat AVO!

Last Updated on April 18, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 16 March 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya