Tanda Kamu Memiliki Kulit Kombinasi dan Cara Merawat Kulit Kombinasi

0
Diunggah 10 May 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Tanda Kamu Memiliki Kulit Kombinasi dan Cara Merawat Kulit Kombinasi

Buat kamu yang memiliki kulit kombinasi, kenali ciri-ciri kulit kombinasi dengan cara ini yuk! Tidak ketinggalan juga cara merawat kulit kombinasi

Banyak dari kalian yang mungkin memiliki kulit kering atau kulit berminyak. Atau mungkin kamu merasa kulitmu kering dan berminyak juga. Jika kamu bingung jenis kulitmu apa, bisa jadi kulitmu berjenis kombinasi. Jenis kulit kombinasi ini memiliki area kering dan berminyak. Hal ini menyebabkan kamu bingung butuh produk pelembap atau oil. Kamu juga perlu mengetahui cara merawat kulit kombinasi.. Sebagai permulaan kamu perlu mengetahui ciri-ciri kulit kombinasi lebih dulu.

Ciri-Ciri Kulit Kombinasi

Sebelum merawat kulit kamu perlu mengetahui apa jenis kulitmu lebih dahulu. Nah, berikut ini ciri-ciri kulit kombinasi jika kamu bingung dengan jenis kulitmu.

1. Kondisi Kulit Area T-Zone Berbeda

Kulit kombinasi biasa berminyak pada area T-zone, dahi, atau hidung. Selain itu, kulit akan terasa kering pada area U-zone atau area pipi. Kondisi cuaca juga sangat memengaruhi misalnya berminyak tetapi kering di area tertentu jadi kulitmu mudah iritasi. Setiap ada perubahan cuaca, kondisi kulit juga akan berubah seperti minyak pada wajah dan tingkat kekeringannya.

2. Pori-Pori Hidung Lebih Besar dari Dagu atau Pipi

Jika kamu memiliki kulit kombinasi, kamu bisa melihat pori-pori yang ada di area kulit wajahmu. Pori-pori hidung lebih besar dibandingkan area dagu atau pipi ini juga menunjukkan jika kulitmu jenis kombinasi. Hal ini karena bagian hidung lebih berminyak.

3. Kulit Kering Tetapi Sering Ada Jerawat

Ciri-ciri yang satu ini memang tidak biasa. Kamu merasa memiliki kulit kering tetapi sering ada jerawat yang muncul. Ini menunjukkan kulitmu jenis kombinasi. Perlu diingat jika kulit kombinasi juga memiliki area yang berminyak pada wajah. Tidak heran jika kulitmu sering muncul jerawat di saat tertentu.

4. Area Sekitar Mata dan Mulut Berkeriput

Kamu bisa memerhatikan kondisi kulit pada area sekitar mata dan mulut. Kulit pada area sekitar sini memiliki banyak keriput. Kamu bisa lihat garis pada area mata dan mulut akan berbeda dengan area kulit lainnya.

5. Memiliki Rambut Kering Tetapi Bisa Juga Berminyak

Ciri-ciri kamu memiliki kulit kombinasi ada pada rambutmu. Jika kamu punya rambut kering tetapi cepat lengket atau berminyak setelah tidak keramas satu hari saja, itu menunjukkan kamu memiliki kulit kombinasi.

Gunakan Oil Paper untuk Cek Jenis Kulit

Jika kamu masih ragu dengan jenis kulitmu masuk jenis kombinasi atau tidak, kamu bisa lakukan tes cepat dan mudah menggunakan oil paper. Setelah kamu membersihkan wajah, biarkan wajahmu kering hingga 3 jam tanpa menggunakan skincare apapun. Lalu, tempelkan oil paper ke area wajah. Jika tidak ada minyak yang menempel itu artinya kulitmu kering. Kamu memiliki kulit berminyak jika ada minyak menempel dari seluruh kulit wajahmu. Bagian terpentingnya, perhatikan area T-zone, jika area T-zone berminyak dan area lainnya tidak itu menunjukkan kamu memiliki kulit kombinasi.

Cara Merawat Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi tidak hanya ada satu macam, ada 2 macam tipe kulit kombinasi. Kamu perlu merawat kulit wajah dengan tepat menyesuaikan tipe kulit kombinasi yang kamu miliki. Pertama, tipe kulit kombinasi yang biasa ditemukan adalah area T-zone berminyak dan area U-Zone kering. Tipe kedua adalah kering berminyak yang sering tidak menyadari memiliki jenis kulit kombinasi. Begini cara perawatannya:

Merawat Kulit Kombinasi Berminyak Area T-Zone

1. Pilih Produk untuk Kulit Berminyak

Untuk pemilik kulit kombinasi, kamu bisa memilih produk skincare untuk kulit berminyak. Hal ini untuk menjaga kadar minyak pada wajah tetap seimbang dan melembapkan kulit wajah. Pilihlah produk yang melembapkan dan gunakan pada area U-zone untuk menjaga hidrasi kulit.

2. Gunakan Toner dengan Kandungan yang Ada Pada Kulit

Jika kamu ingin menggunakan toner, pilihlah toner dengan kandungan yang sudah dihasilkan alami oleh kulit. Contohnya, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan antioksidan yang memberi kelembapan terutama setelah membersihkan wajah. Kamu juga bisa memilih toner yang akan membersihkan sebum atau segala kotoran pada wajah.

3. Pilih Serum dengan Tekstur Ringan

Kamu perlu memilih serum yang sangat ringan dan tidak menutup pori-pori kulit. Pilihlah serum yang melembapkan dan menghambat produksi sebum berlebih. Hindari menggunakan serum terlalu banyak pada area T-zone.Kamu juga bisa lewati penggunaan serum pada U-zone dan ganti dengan moisturizer.

Merawat Kulit Kombinasi Berminyak dan Kering

Kondisi kulit tipe ini cukup rumit, maka dari itu kamu perlu atasi dengan baik. Kamu membutuhkan kelembapan pada kulit tetapi kulit juga berminyak, ini terlihat pada area luar kulit berminyak padahal lapisan kulit dalamnya kering. Jenis kulit ini memang sulit diatasi karena mudah iritasi.

1. Pilih Produk Tanpa Minyak dan Alkohol

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan produk tanpa minyak dan alkohol tetapi mudah meresap ke dalam kulit. ย Jangan mencoba menggunakan skincare yang berat untuk kulit, carilah produk dengan tekstur yang ringan. Ini akan menjaga produksi minyak pada kulit dan menghidrasi kulit.

2. Hindari Penggunaan Bedak Terlalu Tebal

Tips yang kedua, hindari menggunakan bedak terlalu tebal karena merasa muka terlalu berminyak. Penggunaan bedak atau oil paper yang berlebihan akan membuat kulit merasa perlu memproduksi lebih banyak minyak karena minyak yang dihasilkan cepat menghilang.

Itu dia cara mengenali dan merawat kulit kombinasi. Jangan asal memilih produk lagi ya! Pilihlah produk dan rawat kulit wajah sesuai denga kebutuhan kulitmu.

Last Updated on May 10, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 10 May 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya