11 Manfaat Chamomile untuk Kulit dan Tubuh

0
Diunggah 03 April 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

11 Manfaat Chamomile untuk Kulit dan Tubuh

Bunga chamomile yang cantik ini ternyata mempunyai manfaat untuk kulit dan tubuh. Lalu, apa saja sih manfaat chamomile? Simak penjelasannya di sini ya!

Bunga chamomile ini sudah menjadi obat alami yang efektif dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad lalu. Chamomile ini berupa bunga kuning dan putih yang berukuran kecil dan harum. Olahan dari bunga ini sering digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Lalu, apa saja sih manfaat chamomile untuk kulit dan tubuh?

manfaat chamomile untuk wajah

1. Mencegah Efek Buruk Radikal Bebas

Chamomile yang kaya antioksidan berfungsi melawan ancaman radikal bebas. Nah, kamu bisa mencegah kerusakan kulit dengan menggunakan chamomile sebagai masker. Chamomile juga membantu melawan bakteri dan kuman sehingga mampu mencegah jerawat.

2. Mengatasi Lingkaran Hitam Area Mata

Teh chamomile bisa mengurangi kantung mata yang menghitam. Kamu bisa mencelupkan dua kantong teh chamomile ke air panas selama 5 menit lalu angkat dan diamkan beberapa saat hingga dingin. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air dingin. Matamu akan terasa lebih rileks dan mata panda tersamarkan.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Kandungan anti inflamasi pada chamomile mampu mengurangi peradangan kulit akibat jerawat. Kamu bisa menggunakan beberapa tetes minyak chamomile lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

4. Mencerahkan Kulit

Baca Juga : Kurangi Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Agar Wajah Terhindar dari Jerawat

Chamomile bisa digunakan sebagai pemutih kulit. Bunga chamomile dapat digunakan untuk cleansing dan melembapkan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan yang kuat akan menunda penuaan dini.

5. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Kandungan yang terdapat dalam chamomile ini dapat mengurangi peradangan. Namun, peradangan jangka panjang dengan berbagai masalah kesehatan seperti radang sendi, wasir, dan gangguan autoimun.

6. Mengatasi Ketombe

Kulit kepala yang kering dan tidak terawat akan menimbulkan ketombe. Ketombe ini akan membuat kulit gatal dan rambut mudah patah. Campurkan beberapa tetes minyak chamomile dengan kondisioner, lalu aplikasikan ke rambut setelah keramas. Nah, cara ini akan menghidrasi kulit kepala dan mengurangi iritasi.

Itu dia beberapa manfaat chamomile yang akan kamu dapatkan. Selain berguna untuk kecantikan kulit, kandungan chamomile ini bermanfaat untuk tubuhmu juga. Sudah mencobanya belum nih?

7. Chamomile Membuat Tidur Pulas

Teh chamomile mengandung kafein lebih rendah daripada teh biasa dimana kafein sendiri adalah zat yang membuat kita mudah terjaga dan sulit tidur. Dengan konsumsi chamomile maka akan melemaskan saraf dan menenangkan sistem saraf sehingga tidurmu lebih nyenyak. Tidur yang cukup akan menurunkan stress yang secara tidak langsung akan menjaga keadaan kulitmu agar tidak nampak lelah.

8. Manfaat Chamomile untuk Wajah Sebagai Anti-Aging

Chamomile diketahui mengandung antioksidan yang tinggi dimana antioksidan dapat menangkal efek jahat radikal bebas. Kulit yang terpapar radikal bebas akan menyebabkan mudah kusam dan terlihat lebih tua dari umur yang seharusnya. Maka dari itu chamomile bisa dimanfaatkan sebagai anti-aging alami.

9. Mengatasi Kulit yang Terpapar Sinar Matahari

Sinar UV matahari diketaui mudah menyebabkan kulitmu terbakar dan membuat warna kulit menjadi kusam. Antioksidan dan zat pereda inflamasi/ peradangan kulit pada chamomile dapat mengatasi atau menjadi solusi setelah kulitmu terpapar sinar matahari.

Namun sebelum melakukan perawatan kulit setelah terpapar sinar UV, sebaiknya kamu mencegah paparan ini terlebih dahulu. Selalu gunakan sunscreen apalagi jika kamu memiliki aktivitas di laur ruangan ya

10. Mencegah Kemerahan di Wajah

Manfaat anti-inflamasi atau anti peradangan dari chamomile dapat juga digunakan untuk mengurangi kemerahan di wajah. Perlu diketahui jika peradangan bukan hanya menyebabkan kulitmu perih namun juga membuat kemerahan muncul di kulit. Sehingga chamomile dapat mengurangi efek kemerahan ini.

Baca Juga : Manfaat Chamomile Oil di Dalam Perfect Hydrating Treatment Essence

11. Menghilangkan Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi dapat terjadi karena produksi hormon melanin atau hormon pemberi warna kulit yang tinggi. Selain itu paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi yang merubah warna kulitmu menjadi lebih gelap. Skincare dengan tambahan chamomile dapat digunakan untuk mengurangi efek hiperpigmentasi ini dan meratakan warna wajah kamu.

Ternyata manfaat chamomile untuk wajah ada banyak sekali ya! Tidak heran kandungan bunga chamomile banyak digunakan dalam produk skincare untuk merawat kesehatan kulit.

Last Updated on July 04, 2022

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 03 April 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya