Kulit Rusak Karena Paparan Sinar Matahari Bisa Kamu Atasi dengan Vitamin C

0
Diunggah 27 July 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kulit Rusak Karena Paparan Sinar Matahari Bisa Kamu Atasi dengan Vitamin C

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari tentu membuat kulit rusak. Nah, kamu bisa atasi masalah ini dengan vitamin C untuk kulit wajahmu!

Terkadang ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan berada lama di bawah sinar matahari langsung. Bahkan lupa waktu saat bersantai menikmati pemandangan di luar ruangan. Sinar matahari yang mengenai kulit lansung tanpa perlindungan dapat membuat kulit menjadi rusak. Beberapa masalah yang akan muncul seperti kulit kemerahan, jerawat, keriput dan hiperpigmentasi ini disebabkan oleh sinar matahari. Nah, kerusakan kulit ini memang tidak mudah untuk diatasi tetapi kamu bisa menggunakan vitamin C untuk kulit wajah agar lebih sehat.

Konsentrasi Vitamin C yang Baik untuk Mengatasi Kulit Rusak

Pemakaian vitamin C untuk mengatasi kulit yang rusak karena sinar matahari tergantung pada konsentrasi vitamin C dalam produk skincare agar memberi hasil yang optimal. Beberapa studi juga menyatakan bahwa konsentrasi Vitamin C untuk memberikan hasil yang optimal untuk mengatasi kulit rusak adalah 10-20%. Kalau kamu menggunakan produk dengan konsentrasi di bawah 10% maka tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Namun, vitamin C dengan kadar di atas 20% akan menimbulkan iritasi pada kulit.

Vitamin C Dapat Mengatasi Hiperpigmentasi

Vitamin C ini telah terbukti aman dan efektif untuk mengatasi kulit yang menggelap atau noda hitam karena sinar matahari. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa vitamin C adalah bahan pencerah kulit yang efektif untuk mencegah pembentukan melanin. Kandungan Vitamin C ini juga relatif aman dibandingkan dengan bahan pencerah lainnya seperti hidrokinon. Vitamin C pada konsentrasi 10% juga terbukti efektif untuk memudarkan pigmentasi yang disebabkan oleh sinar UV.

Vitamin C untuk Mengatasi Garis Halus dan Kerutan

Garis halus dan kerutan adalah salah satu tanda penuaan dini yang muncul akibat paparan sinar matahari. Nah, vitamin C ini sudah teruji efektivitasnya untuk mengatasi beberapa hal ini. Bahkan, vitamin C juga berperan aktif dalam pembentukan kolagen kulit dan mencegah kerusakan kolagen oleh sinar UV.

Baca Juga : Apakah Vitamin C Bisa Digunakan Bersama Niacinamide? Simak Penjelasannya Di Sini

Cara Pakai Vitamin C

Kamu bisa menggunakan vitamin C setelah membersihkan wajah dan memakai toner. Kamu bisa juga menggunakan toner dengan kandungan vitamin C, jadi pakai toner ini setelah membersihkan wajah. Jika kamu menggunakan serum vitamin C, pakai pada urutan pertama sebelum memakai krim atau produk lainnya agar penyerapan lebih optimal. Kamu bisa menggunakan vitamin C pada pagi dan malam hari dalam skincare routine-mu. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen di pagi dan siang hari.

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu bisa memakai vitamin C pada bagian yang tersembunyi dulu lalu tunggu selama 24 jam. Kalau kulit mengalami gatal atau perih karena iritasi sebaiknya hentikan pemakaian sementara waktu. Kamu bisa mencoba memakai serum vitamin C tiap 2 hari sekali. Setelah itu amati efeknya pada kulit, lihat apakah kulit mengalami reaksi yang tidak diinginkan. Setelah kulit terlihat baik-baik saja dan dapat mentolerir vitamin C, kamu bisa meningkatkan penggunaannya secara bertahap menjadi sehari sekali lalu menjadi 2 kali sehari.

Penjelasan singkat tentang vitamin C di atas sudah cukup menjawab pertanyaanmu belum nih? Kalau masih bingung dengan kandungan ini, kamu bisa bertanya di kolom komentar ya! Jangan lupa juga untuk mencoba produk vitamin C dari Your Skin Bae Series.

Last Updated on September 01, 2021

Tags Terkait

#vitaminC
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 27 July 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya