Sering Gonta-Ganti Skincare, Amankah? Ini Jawabannya!

0
Diunggah 12 April 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Sering Gonta-Ganti Skincare, Amankah? Ini Jawabannya!

Gonta-ganti skincare karena penasaran ingin mencoba produk baru sebenarnya aman tidak sih? Jangan sampai kamu ritasi karena sering ganti skincare ya!

Banyak wanita yang cenderung mudah tergoda dengan produk-produk kecantikan terbaru katanya lebih ampuh. Dengan alasan ingin mendapatkan kecantikan kulit yang diidamkan. Lantas, sebenarnya boleh nggak sih kita sering gonta-ganti skincare? Jawaban selengkapnya, simak artikel berikut ini!

Tidak Semua Produk Kosmetik Bisa Diterapkan Bersamaan

Ada berbagai macam alasan mengapa banyak perempuan yang akhirnya tergiur untuk gonta-ganti kosmetik. Entah karena rasa kurang puas atau tergiur dengan promo produk terbaru. Seperti yang diketahui kosmetik merupakan salah satu penyempurna penampilan para perempuan. Tak ayal kehadiran berbagai produk dan merek kosmetik dapat menjadi perhatian dari para penggunanya.

Namun, memang tidak semua produk kosmetik dapat diterapkan oleh setiap orang. Oleh karena itu, jika seseorang telah menggunakan rangkaian produk skincare merek A, kemudian mengalami iritasi atau menemukan menemukan produk yang lebih cocok, kamu tidak dapat begitu saja menggantinya dengan merek lain.

Sebab, pada setiap orang akan mendapatkan reaksi yang berbeda yang ditimbulkan oleh masing-masing skincare dan jenis kulit. Reaksi yang ditimbulkan ada reaksi yang timbul secara cepat dan reaksi yang timbul secara lambat.

Muncul Alergi

Ingat, setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda ketika menggunakan skincare. Apalagi bagimu yang memiliki jenis kulit sensitif. Perlu hati-hati dalam memilih skincare untuk kamu pakai sehari-hari. Sebab, Jika salah dalam memilih produk skin care, bukan kulit yang cantik yang akan kamu dapatkan, namun justru masalah kulit yang lainnya.

Misalnya saja, muncul gatal-gatal di permukaan kulit. Ketika kamu mencoba menggunakan krim baru untuk lehermu, namun beberapa lama setelah kamu mengoleskan krim tersebut lehermu merasa sedikit gatal. Jika sudah begini, kamu sebaiknya menghentikan pemakaian produk tersebut. Hal ini bisa disebabkan karena adanya kandungan yang tidak bersahabat untuk kondisi kulitmu sehingga memunculkan reaksi alergi berupa gatal di kulit.

Timbul Jerawat

Saat mencoba skincare baru, pernahkah jerawat justru muncul di wajah yang sebelumnya normal? Ini juga bisa bahwa kondisi kulitmu tidak cocok dengan produk skincare tersebut. Adanya ketidakcocokan terhadap produk skin care bisa diakibatkan karena kandungan bahan yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kulitmu. Kandungan yang berbeda pada setiap skincare juga akan diterima berbeda oleh kulit. Jika kulitmu tidak kuat dalam menerima kandungan tersebut, tidak heran bila muncullah berbagai masalah kulit.

Reaksi lain yang akan timbul bisa berupa kemerah-merahan pada kulit. Jika dibiarkan terus menerus biasanya reaksi kemerahan ini juga disertai dengan rasa gatal sehingga ketika digaruk, biasanya akan menimbulkan iritasi kulit. Biasanya ini disebabkan oleh produk lotion yang tidak cocok dengan kulit yang sensitif. Selain itu, reaksi ini juga bisa disebabkan oleh produk kosmetik yang mengandung pewangi berlebih.

Baca Juga : Sering Kamu Sepelekan, 4 Hal Ini Bisa Membuat Kulit Cantik dan Berkilau

Beri Jeda Terlebih Dahulu

Untuk mengurangi risiko tersebut, dilansir dari laman okezone.com, menurut dr. Gloria Novelita, SpKK, untuk beralih pada merek kosmetik atau skincare lain, tidak bisa melakukannya secara langsung. Pemakaiannya harus berjeda untuk melihat indikasi efek samping, seperti iritasi.

Oleh karena itu, Gloria tidak menyarankan peralihan produk dalam jangka berdekatan. Setiap orang harus setia pada satu produk saja. Meski begitu, peralihan produk tetap diperbolehkan jika kondisi kulit bermasalah. Misalnya, kulitmu di saat musim hujan cenderung kering, saat kemarau cenderung berminyak.

Jangan Asal Pilih Skincare

Jika kulit sudah menunjukkan ketidakcocokan menggunakan salah satu merek skincare, maka segeralah hentikan pemakaian produk tersebut. Hindari iming-iming produk yang tidak jelas mereknya. Pilihlah skincare yang sudah terjamin dan teruji khasiatnya.

Seperti halnya Avoskin yang senantiasa menjaga kualitas produk agar selalu aman dipakai oleh semua jenis kulit. Bahan-bahan yang terkandung di dalam Avoskin didominasi oleh essential oils serta kandungan organik lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit manusia.

Jadi sebelum gonta-ganti produk skincare, sebaiknya cari tahu dulu kondisi kulitmu sebenarnya. Jangan mudah termakan promosi yang tidak jelas sehingga justru memperburuk kondisi kulitmu. Yuk, rawat kulitmu dengan optimal mulai dari sekarang!

Last Updated on December 25, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 12 April 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya