Perawatan Skin Booster untuk Meremajakan Kulit Wajah

0
Diunggah 09 June 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Perawatan Skin Booster untuk Meremajakan Kulit Wajah

Skin booster adalah perawatan kulit dengan menyuntikkan hyaluronic acid ke lapisan kulit. Yuk, simak penjelasan lengkap tentang perawatan ini!

Untuk mendapatkan kulit yang kencang dan awet mudah, kamu bisa melakukan metode skin booster. Sebenarnya apa sih skin booster ini dan apa manfaatnya untuk kulit? Perawatan skin booster adalah perawatan kulit yang dilakukan dengan menyuntikkan zat asam ke dalam kulit. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : Moisture Sandwich, Teknik Perawatan Kulit yang Fokus Melembapkan

Apa Itu Skin Booster?

Skin booster adalah konsep perawatan kulit yang dilakukan dengan menyuntikkan Hyaluronic Acid atau asam hialuronat dosis rendah ke dalam lapisan kulit bagian atas (dermis).  Dengan naiknya level Hyaluronic Acid dalam kulit, hal ini akan menstimulasi produksi kolagen sehingga kulit tidak mudah berkerut.

Nah, skin booster ini akan menjaga kelembapan kulit, menunda, atau bahkan membalikkan efek penuaan pada kulit. Maka dari itu perawatan ini bisa dilakukan oleh semua usia, orangtua yang memiliki kerutan atau kamu yang ingin mencegah kerutan timbul.

Manfaat Skin Booster dan Efek Sampingnya

Sebenarnya Hyaluronic Acid ini adalah zat yang sudah ada pada kulit manusia terutama pada jaringan sekitar mata. Semakin tinggi kandungan Hyaluronic Acid dalam kulit maka semakin kenyal dan lembap kulit sehingga kulit terhindar dari kerutan dan penuaan.

Hyaluronic Acid pada kulit manusia diekstrak dan diformulasikan untuk meremajakan kulit, lebih tepatnya sebagai salah satu bahan filler. Nah, filler ini mengandung hyaluronic acid berbentuk gel dan sangat lembut di kulit. Sekarang skin booster dengan kandungan Hyaluronic Acid dicampur dengan lidocaine untuk meminimalisir rasa tidak nyaman yang dirasakan saat injeksi.

Filler Hyaluronic Acid ini mampu menghaluskan kulit, mengurangi kerutan, hingga bekas luka. Berikut adalah manfaat skin booster untuk mengatasi masalah kulit seperti :

  • Bekas jerawat
  • Kerutan di wajah
  • Pipi kempot
  • Garis halus senyuman
  • Fine lines
  • Bekas luka di wajah, dan
  • Membuat garis bibir baru

Hasil perawatan skin booster ini tidak bertahan selamanya, hanya bertahan 6-12 bulan. Kamu bisa melakukan injeksi ulang sesuai dengan rekomendasi dokter kulit. Treatment skin booster disarankan untuk kamu yang sudah berusia 17 tahun ke atas ya!

Selain memiliki manfaat, kamu juga harus mengetahui bahwa setelah treatment skin booster, kamu akan mengalami beberapa efek samping seperti :

  • Kulit kemerahan
  • Wajah bengkak
  • Gatal pada area injeksi/ suntikan
  • Nampak memar

Namun kamu tidak perlu khawatir, efek samping ini akan hilang dengan sendirinya selama beberapa hari setelah treatment dilakukan.

Cara Menggunakan Skin Booster

Sama seperti derma filler, skin booster juga perawatan kecantikan yang aman asal dilakukan oleh dokter yang kompeten di klinik atau rumah sakit yang terpercaya. Kamu harus mematiskan filler Hyaluronic Acid yang digunakan sudah memenuhi standar obat yang ditetapkan oleh BPOM. Tahapan perawatan ini seperti:

1. Asesmen Wajah

Dokter kulit akan mengevaluasi wajah dan titik yang akan diperbaiki dengan skin booster. Bagian wajah yang akan mendapat perawatan skin booster akan ditandai dengan spidol lalu difoto.

2. Bersihkan Wajah dan Bius Area Wajah

Sebelum disuntuk skin booster Hyaluronic Acid, dokter akan memastikan kulit bersih dan steril. Wajah akan dibius lokal menggunakan injeksi atau salep anestesi karena memasukkan filler Hyaluronic Acid bisa menimbulkan rasa sakit pada tingkat ringan dan sedang.

perawatan skin booster adalah

3. Injeksi Skin Booster

Setelah semua prosedur perawatan selesai, dokter mulai menyuntikkan skin booster yang mengandung hyaluronic acid ke beberapa titik wajah. Dokter akan memijat kecil titik injeksi, lalu mengevaluasi dan menambahkan filler ke titik yang sama jika dibutuhkan.

Injeksi skin booster ini berlangsung selama 15 menit, bisa juga lebih lama tergantung banyaknya area wajah yang harus dirawat. Setelah selesai, wajah akan dibersihkan untuk menghilangkan bekas spidol atau suntikan.

Kamu bisa mengompres wajah menggunakan es batu untuk mengurangi rasa nyeri setelah disuntik skin booster. Wajahmu bisa jadi akan bengkak beberapa hari, tetapi seharusnya tidak terlalu sakit jadi kamu tidak perlu minum obat pereda nyeri.

Baca Juga : Ikuti Tips Perawatan Saat Melakukan Chemical Peeling Ini

Pantangan Setelah Skin Booster

Berikut merukapan pantangan yang tidak boleh dilakukan setelah skin booster:

  1. Hindari melakukan kontak antara kulit wajah hasil skin booster dengan suhu panas seperti berjemur atau sauna
  2. Jangan menekan kulit wajah secara berlebihan
  3. Jangan menggunakan AHA dan Retinol selama 24 jam setelah treatment skin booster selesai
  4. Dilarang mengkonsumsi alkohol setelah 24 jam treatment skin booster
  5. Terakhir, jangan melakukan peeling baik fisik maupun chemical peeling dan facial

Nah, itu dia penjelasan tentang skin booster. Kamu tertarik mencobanya tidak nih? Kalau ingin mencobanya selalu pilih dokter dan klinik yang terpercaya ya!

Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan produk skincare dari Avoskin, seperti Avoskin Your Skin Bae Serum Hyacross. Serum dengan kandungan hyacross 3% ini akan emmbantu secara optimal meningkatkan kelembapan kulit dan merawat skin barrier. Tentu saja, serum dari Avoskin ini aman digunakan untuk semua jenis kulit.

Last Updated on August 26, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 09 June 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya