5 Jenis Love Language yang Perlu Diketahui, Karakter Kamu Apa Nih?

0
Diunggah 04 February 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

5 Jenis Love Language yang Perlu Diketahui, Karakter Kamu Apa Nih?

Jenis love language tidak hanya satu. Ada beberapa love language yang mungkin kamu miliki. Kamu karakter yang mana nih?

Kamu pernah mencari tips hubungan asmara di internet? Pasti kamu pernah menemui pertanyaan “Apa bahasa cinta kamu?” atau kuis tentang hal ini. Sebenarnya love language atau bahasa cinta ini apa sih? Buku berjudul The Five Love Languages menjelaskan bahwa bahasa cinta adalah perilaku yang membuat kamu merasa dicintai. Secara garis besar ada 5 jenis love language yang ada, berikut ini penjelasannya.

1. Word of Affirmation atau Kalimat Penegasan

Beberapa orang memiliki love language kata-kata penegasan. Mereka perlu mendengar pasangan mereka berkata bahwa dia mencintamu seperti “Aku mencintaimu.” Akan lebih baik lagi kata-kata itu disertai dengan alasan di baliknya yang disampaikan melalui berbicara langsung, kotak surat, atau surat cinta. Kata-kata cinta dari pasangan yang diucapkan secara tulus dengan kebaikan bisa membuat orang merasa dicintai. Selain ucapan mencintai, kalimat seperti terima kasih, kamu cantik, atau aku sangat menghargai kamu, bisa menjadi bentuk cinta juga.

2. Physical Touch atau Sentuhan Fisik

Orang yang memiliki love language jenis ini senang dengan semua jenis sentuhan fisik seperti pelukan, berpegangan tangan, atau tepukan di punggung. Kamu bisa mengekspreksikan cinta pada pasangan dengan menggunakan sentuhan fisik contohnya memeluk, menyentuh tangan atau lengan selama percakapan, menawarkan untuk memijatnya, dan berbagai hal lainnya.

Sentuhan fisik ini adalah cara langsung untuk mengkomunikasikan cinta. Selama hal ini dilakukan dalam suasana penuh cinta dan tidak memaksa, sentuhan fisik bisa menjadi cara paling efektif dalam love language. Hal ini bisa menenangkan, menyembuhkan, dan meyakinkan.

3. Quality Time atau Waktu Berkualitas

Love language yang satu ini adalah memberi pasangan perhatian penuh. Tentu saja tidak ada gangguan dari pekerjaan, TV, atau gadget. Kamu harus memberi perhatian penuh pada pasangan. Menghabiskan waktu bersama pasangan, memerhatikan satu sama lain, berbagi sesuatu yang bermakna bersama, mendengarkan dan berkomunikasi bisa jadi quality time yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan makan malam bersama, kamu dan pasangan bisa sambil mengobrol dan memakannya bersama. Kamu dan pasangan juga bisa berbagi rencana untuk masa depan atau menciptakan sesuatu bersama.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Malu dan Tidak Percaya Diri

4. Receiving Gifts atau Menerima Hadiah

Kamu yang memiliki love language ini akan merasa dicintai dan diperhatikan saat diberikan hadiah. Ini menunjukkan kalau kamu memerlukan tindakan atau bukti nyata daripada sekedar kata-kata. Jika pasangan kamu orang yang senang menerima hadiah, pilihlah hadiah yang tepat untuk menunjukkan bahwa kamu memahami pasangan dan memberi upaya untuk mengungkapkan cintamu kepadanya. Akan lebih baik kamu memberi hadiah yang disukai atau diminta pasangan sehingga bisa dinikmati olehnya. Setelah itu, rencanakan cara khusus untuk memberikan hadiah itu pada pasangan seperti kejutan. Tindakan ini dapat memberi tahu pasangan bahwa kamu peduli dan berusha untuk menyenangkan pasangan.

5. Acts of Service atau Melayani Pasangan

Tindakan ini bisa mencakup apa saja yang kamu lakukan untuk meringankan beban tanggung jawab seperti menyedot debu di lantai, pergi berbelanja bahan makanan atau mengirim pesan terima kasih. Kalau kamu bingung apa yang dibutuhkan pasangan, kamu bisa tanyakan langsung pada pasangan hal apa yang disukai dan yang dapat meringankan bebannya setelah itu atur waktu untuk mengerjakan. Hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk pasangan seperti mengantar sarapan ke tempat tidur, mengajak anjing peliharaan berjalan-jalan, membantu merapikan tempat tidur, dan lainnya.

Itu dia beberapa jenis love language yang perlu kamu ketahui agar dapat mencintai pasanganmu lebih baik lagi. Kalau kamu memiliki love language seperti apa nih?

Last Updated on February 08, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 04 February 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya