Ikuti Tips Mengontrol Minyak pada Kulit Wajah Comedogenic

0
Diunggah 24 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Ikuti Tips Mengontrol Minyak pada Kulit Wajah Comedogenic

Minyak di kulit wajah memang sulit diatasi ya. Yuk, coba cara mengurangi minyak di wajah comedogenic ini!

Memiliki kulit wajah berminyak tentu ada baik dan buruk. Keunggulan wajah berminyak adalah kulit wajah tidak cepat keriput atau mendapatkan garis halus. Meskipun begitu, kulit berminyak membuat kulit wajah tampak kusam. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Jadi, bagaimana sih cara mengurangi minyak di wajah comedogenic? Simak yuk!

1. Bersihkan Wajah dengan Benar

Ketika kulit berminyak pasti rasanya ingin cuci muka terus menerus. Padahal hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Terlalu sering mencuci muka bisa memperparah kondisi kulit. Melakukan pembersihan yang berlebihan pada kulit bisa menghilangkan seluruh minyak alami pada kulit wajah jadi hal ini akan memicu kelenjar sebaseous untuk memproduksi lebih banyak minyak. Jadi, kamu perlu menggunakan pembersih wajah yang baik seperti Natural Sublime Facial Cleanser dari Avoskin. Produk ini bisa mengangkat kotoran tanpa mengganggu fungsi pelindung dan kelembapan alami kulit.

2. Rutin Melakukan Perawatan Kulit

Salah satu cara menghilangkan atau mengurangi kadar minyak pada wajah dengan produk perawatan kulit atau skincare yang mengandung sulfur, niacinamide, salicylic acid, atau tea tree oil. Bahan-bahan ini memiliki keunggulan untuk melarutkan kelebihan sebum pada permukaan kulit. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan glycolic acid. Karena bahan ini memiliki fungsi yang hampir sama seperti bahan lainnya. Setelah pemakaian produk perawatan, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap yang bebas minyak.

3. Memakai Pelembap Wajah

Wajah menjadi berminyak bisa jadi disebabkan karena kulit mengalami dehidrasi. Jika kulit dehidrasi maka produksi minyak akan meningkat untuk mengimbangi kondisi kulit. Jadi, kulit berminyak akan lebih berminyak bila kulit wajah kurang hidrasi. Maka dari itu, kamu tetap perlu menggunakan pelembap meskipun wajah berminyak. Namun, kamu perlu mencari pelembap yang bebas minyak dan bersifat comedogenic.

Baca Juga : Bahan Aktif dalam Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak Mudah Berjerawat

4. Gunakan Clay Mask Sesekali

Clay mask bekerja seperti sponge yang menyerap semua kotoran pada permukaan kulit. Selain kotoran, clay mask bisa menyerap minyak berlebih pada wajah dan memastikan pori-pori kulit tidak tersumbat. Jadi, kamu bisa menggunakan clay mask sesekali, tidak perlu setiap hari kamu bisa menggunakannya setiap seminggu sekali atau 3 hari sekali.

5. Atur Pola Makan yang Seimbang

Masalah kulit berminyak juga bisa berasal dari jenis makanan yang dikonsumsi. Jika kamu memiliki kulit wajah berminyak, sebaiknya hindari mengonsumsi produk gula dan susu karena bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit wajah.

Selain itu, kulit yang kekurangan seng, omega 3, dan vitamin B bisa membuat kulit wajah memproduksi lebih banyak minyak. Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung seng seperti kacang-kacangan, kerang, dan polong-polongan untuk mengatasi kulit berminyak.

6. Mengubah Lifestyle Menjadi Lebih Baik

Produksi minyak berlebih pada wajah juga bisa disebabkan oleh fluktuasi atau naik turunnya hormon. Hormon androgen membuat produksi minyak menjadi berlebih karena androgen ini meningkat saat seseorang berada dalam siklus haid, PCOS, kehamilan, pubertas, dan menopause. Nah, peningkatan hormon androgen ini akan meningkatkan produksi sebum berlebih.

Kondisi seperti ini tentu saja tidak bisa kamu kontrol, jadi kamu perlu menyeimbangkan pola hidup dengan tidur yang cukup dan mengatasi stres. Nah, itu beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi minyak di wajah. Kulit wajah tetap membutuhkan minyak jadi tidak perlu terlalu sering mencuci wajah. Kalau terlalu berlebihan, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak dan membuat wajah jadi lebih berminyak.

Last Updated on August 25, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 24 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya