Kenali Perbedaan Komedo Hitam dan Komedo Putih, Serta Cara Mengatasinya

0
Diunggah 04 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kenali Perbedaan Komedo Hitam dan Komedo Putih, Serta Cara Mengatasinya

Tidak semua komedo sama, ada dua jenis komedo yang membutuhkan cara penanganan yang berbeda. Ini perbedaan komedo hitam dan putih di wajah.

Selain jerawat, komedo menjadi salah satu masalah kulit yang menjengkelkan. Hadirnya komedo tentu akan membuat penampilan wajah terlihat kurang menarik. Sebelum kamu mengeluhkan hadirnya komedo, kamu harus tahu, ternyata komedo memiliki dua jenis yang berbeda. Perbedaan itu juga mempengaruhi cara mengatasinya. Supaya tidak salah dalam mengatasi komedo, yuk kenali perbedaan komedo hitam dan putih terlebih dahulu.

Baca Juga : Apa itu Non-Comedogenic Skincare?

Apa Itu Komedo?

Sebelum beranjak jauh membahas tentang perbedaan komedo, sebenarnya apa sih komedo itu? Komedo merupakan istilah dari pori-pori wajah yang tersumbat oleh kotoran tetapi kondisinya bisa terbuka atau tertutup. Komedo biasanya akan menyumbat bagian kelenjar minyak pada wajah.

Munculnya komedo ini biasanya banyak disebabkan oleh kelebihan minyak atau sebum. Oleh karena itu seringkali komedo muncul di daerah T wajah yang memang area lebih minyak.

Saat mengalami kelebihan minyak itulah sebum dapat menutupi pori dan tertinggal di dalamnya. Nah, ternyata komedo terbagi oleh dua jenis yang berbeda yaitu komedo hitam dan komedo putih.

Perbedaan Jenis Komedo

Sekilas perbedaan komedo ini dapat terlihat dari warnanya. Komedo putih atau whiteheads memang tampak berwarna putih yang bisa kita temukan saat menekan pori-pori wajah. Letaknya yang di dalam membuat komedo tidak mengalami oksidasi sehingga tidak tampak terlihat jelas. Bisa dibilang biasanya komedo putih disebabkan oleh perubahan suhu serta faktor kebersihan.

Berbeda dengan komedo hitam atau blackheads akan tampak lebih terlihat mengganngu karena warnanya yang hitam dan jelas. Warna hitam yang dihasilkan merupakan gabungan dari sel-sel kulit mati, kotoran, bakteri, sisa makeup, bahkan minyak yang tertahan. Akibatnya residu asing tersebut menumpuk dan mengendap di dalam pori-pori.

Selain itu, komedo berwarna hitam karena ternyata sebum mengandung unsur melanin. Pigmen yang sama yang berpengaruh pada warna kulit, rambut dan mata. Karena blackheads keluar dari permukaan kulit, maka komedo ini mengalami oksidasi langsung dengan udara hingga warnanya menghitam.

Cara Mengatasi Komedo Putih

Meskipun berbeda, sebenarnya kedua jenis komedo ini membutuhkan perawatan yang sama. Komedo dapat dihindari dengan memperhatikan kebersihan wajahmu.

Misalnya, setelah kamu bepergian atau beraktivitas di luar ruangan yang memungkinkan terkena debu dan sinar matahari, sebaiknya membersihkan wajahmu dengan membasuhnya menggunakan facial wash. Lakukan hal yang sama ketika akan tidur. Bersihkan wajahmu dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu sehingga kulit dapat bernafas dengan bebas.

Cara Mengatasi Komedo Hitam

Berbeda dengan komedo putih, komedo hitam memang cenderung lebih sulit dibersihkan karena bentuknya yang lebih keras dan menempel. Untuk menghilangkannya kamu bisa menggunakan masker atau produk perawatan.

Misalnya dengan masker berbahan dasar lidah buaya terbukti ampuh mencegah hadirnya komedo hitam. Lidah buaya memiliki khasiat sebagai anti bakteri dan anti inflamasi. Atau kamu juga dapat menggunakan alat pencabut komedo yang berbentuk seperti pencabut alis dengan ujung berbentuk seperti lingkaran atau berbentuk plester. Tapi perlu diingat, sebelum kamu menggunakan alat ini harus disterilkan terlebih dahulu agar terhindar dari bakteri-bakteri dan kuman.

Semua cara itu memang dapat menghilangkan komedo dari wajahmu, tapi akan lebih baik jika kamu sejak awal memberikan perlindungan terhadap kulitmu. Kamu juga dapat menambahkan perawatan dengan Avoskin yang akan melindungi kulitmu dari panasnya matahari dan polusi yang memicu hadirnya komedo. Wajah bersih bebas dari komedo bukan lagi sekedar mimpi!

Mencegah Komedo Adalah Cara Terbaik

Walaupun ada cara untuk mengatasi, namun akan lebih baik jika kamu mulai mencegah kebiasaan yang dapat memicu timbulnya komedo. Ya, kamu bisa mulai membiasakan menggunakan makeup dengan kandungan bebas minyak dan pembersih wajah yang benar-benar mengangkat minyak dari wajah.

Sertakan pula Avoskin Hydrating Treatment Essence sebagai penyegar wajahmu dengan formula antioksidan yang lebih lengkap untuk kulit yang lembap dan bercahaya. Dengan rutin menyemprotkan Avoskin Hydrating Treatment Essence merata ke seluruh wajah dapat mencegah debu dan kotoran masuk ke dalam pori-pori kulitmu.

Jadi, apapun aktivitasmu, pastikan kulitmu selalu terlihat segar, lembab, cerah alami agar komedo dan jerawat pun enggan singgah di kulit wajahmu.

Last Updated on June 13, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 04 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya