Cara Mengatasi Body Acne yang Mengganggu Penampilan

0
Diunggah 09 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Cara Mengatasi Body Acne yang Mengganggu Penampilan

Jerawat tidak hanya muncul di wajah saja loh! Jerawat yang muncul di punggung tentu sangat mengganggu. Coba beberapa cara mengatasi jerawat punggung ini ya!

Jerawat dan komedo tidak hanya muncul di wajah, ada banyak tempat lain yang bisa menjadi tempat jerawat seperti dada, leher, bahu, dan punggung. Bagian tubuh ini cenderung tertutup, tetapi saat hendak mengenakan baju yang terbuka pada membuat tidak percaya diri. Akhirnya, lebih memilih pakaian tertutup untuk menutupi body acne. Nah, agar body acne tidak mengganggu penampilan, coba ikuti beberapa cara mengatasi jerawat punggung di bawah ini ya!

Penyebab Jerawat Punggung

Jerawat memang bisa muncul di mana saja termasuk area tubuh seperti punggung, leher, dada, dan tempat lain. Ada beberapa hal yang menyebabkan jerawat punggung. Apa saja sih penyebabnya?

1. Kurang Bersih Saat Mandi

Mandi yang bersih adalah syarat utama untuk mencegah timbulnya jerawat di punggung. Namun, entah karena terburu-buru atau kurang teliti, masih ada bagian tubuh yang terlewat untuk dibersihkan. Selain itu, kalau kamu kurang bersih dalam membilas sisa sabun, hal ini juga menyebabkan jerawat muncul di punggung. Kalau kamu jarang mengganti handuk juga bisa memperparah kondisi kulit yang berjerawat karena handuk yang jarang dicuci menyimpan kuman dan bakteri.

2. Malas Mengganti Baju Tidur

Ada beberapa orang yang beranggapan tidak perlu mengganti baju tidur setiap hari karena dipikir baju masih bersih. Hal seperti ini yang perlu ditelaah lebih dalam lagi karena baju tidur yang tidak diganti setiap hari akan menyimpan kuman dan debu. Meski cuma dipakai di malam hari, baju tidur yang kamu kenakan tetap bersentuhan dengan kulit secara langsung. Maka dari itu, kamu perlu rajin mengganti baju tidur setiap hari dan pilih bahan yang mudah menyerap keringat agar tidak memperburuk kondisi punggung yang berjerawat.

3. Pemakaian Detergen atau Pewangi yang Kurang Tepat

Jerawat di punggung bisa terjadi karena pemilihan deterjen dan pewangi yang kurang tepat. Faktanya, tidak semua produk pembersih pakaian yang beredar di pasaran mengandung bahan kimia yang cocok dengan semua jenis kulit. Jadi, ada beberapa orang pemilik kulit sensitif yang membutuhkan produk detergen dan pewangi yang menggunakan pH khusus sesuai dengan kebutuhan kulit.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hiperpigmentasi Karena Jerawat

Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Ternyata ada banyak penyebab jerawat punggung bermunculan ya! Nah, ini saatnya kamu mengatasi jerawat punggung yang mengganggu penampilanmu.

1. Mandi dengan Body Cleanser

Hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah menggunakan produk pembersih tubuh yang bersifat mengeksfoliasi atau dilengkapi dengan kandungan yang mampu melawan jerawat seperti Salicylic Acid (BHA), Benzoyl Peroxide, atau AHA. Selain menggunakan produk pembersih yang dilengkapi kandungan untuk menghilangkan minyak dan kotoran sekaligus mengurangi sel kulit mati, kamu juga harus membersihkan kulit secara menyeluruh setiap hari.

2. Eksfoliasi Kulit dengan Toner

Untuk mengatasi jerawat, tahapan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah eskfoliasi. Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit alhasi kulit akan lebih halus dan sehat. Nah, untuk body acne, kamu bisa menggunakan produk eksfoliator yang digunakan pada kulit wajah setiap minggunya. Kamu bisa mencoba Miraculous Refining Toner untuk mengatasi jerawat di punggung. Cukup usapkan ke bagian tubuh yang berjerawat dan pastikan untuk melakukannya secara perlahan agar terhindar dari iritasi kulit.

3. Lembapkan Kulit dengan Moisturizer

Sama seperti wajah, kulit tubuh khususnya area yang berjerawat juga membutuhkan pelembap tubuh agar tetap lembap dan terhidrasi. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan produk pelembap yang tidak terlalu berminyak dan dilengkapi dengan bahan tertentu untuk manfaat ekstra. Nah, kamu bisa memilih pelembap dengan kandungan retinol, salicylic acid, atau benzoyl peroxide. Kamu bisa mengaplikasikan produk ini setelah mandi atau ketika kulit terasa kering.

Itu dia penjelasan singkat seputar body acne yang cukup mengganggu penampilan. Mulai sekarang, kamu harus selalu menjaga kebersihan tubuhmu ya! Jangan lupa menggunakan produk perawatan kulit untuk menjaga kesehatan kulitmu.

Last Updated on August 09, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 09 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya