Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE dan PIH yang Ada di Wajah

0
Diunggah 01 November 2021

Malwa

Copy Writer
0
LikeBeauty

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE dan PIH yang Ada di Wajah

Masih bingung cara mengatasi bekas jerawat? Coba ketahui terlebih dahulu tipe bekas jerawat apa yang kamu miliki. Bekas jerawat PIE ataukah PIH?

Setelah berjuang mengatasi jerawat, sering kali muncul permasalahan baru pada kulit wajah, yakni bekas jerawat. Menghilangkan bekas jerawat akan mudah dilakukan ketika kita sudah mengetahui jenis bekas jerawat apa yang kita alami. Kamu tau gak sih kalau tidak semua bekas jerawat dapat ditangani dengan cara yang sama. Kira-kira bagaimana ya cara mengetahui dan mengatasi bekas jerawat tersebut? Simak pembahasan lengkap tentang bekas jerawat PIE dan PIH di bawah ini ya!

Bekas Jerawat PIE

Bekas jerawat PIE (Post Inflammatory Erythema) adalah bekas jerawat yang disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah yang disebabkan oleh inflamasi. Biasanya bekas jerawat jenis ini ditandai dengan warna kemerahan atau keunguan. Biasanya PIE akan dialami oleh orang yang memiliki tone kulit yang lebih terang. Namun, tidak menutup kemungkinan juga orang yang mempunyai tone kulit warna lebih gelap memiliki bekas jerawat PIE.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang dapat memiliki bekas jerawat PIE. Mulai dari yang disebutkan di awal yakni pembengkakan atau kerusakan pembuluh darah, kebiasaan dalam memencet jerawat, terkena paparan sinar matahari berlebih tanpa dilindungi oleh SPF, kurang tepatnya memilih dan menggunakan skincare atau bisa juga dikarenakan oleh jerawat jenis kistik.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE

Hindari melakukan chemical exfoliation ataupun physical exfoliation. Melakukan eksfoliasi pada wajah yang mempunyai bekas jerawat PIE dapat memicu iritasi pada kulit. Cara efektif yang dapat dilakukan adalah melakukan perawatan medis seperti laser ataupun microneedling dibawah pengawasan dan konsultasi dari dokter. Dalam prosesnya kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan niacinamide atau produk skincare yang memiliki efek calming dan soothing.

Bekas Jerawat PIH

Jika kamu punya bekas jerawat berwarna coklat kehitaman, itu berarti kamu memiliki bekas jerawat jenis PIH atau Post Inflammatory Hyperpigmentation. Warna cokelat pada bekas jerawat ini disebabkan oleh berlebihnya produksi melanin. Melanin sendiri adalah pigmen yang dapat memberikan warna pada kulit. Meningkatnya produksi melanin sendiri disebabkan oleh adanya inflamasi.

Kebanyakan bekas jerawat jenis ini terjadi pada orang yang memiliki tone warna kulit yang lebih gelap. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang yang memiliki tone kulit lebih terang. Bekas jerawat jenis ini biasanya singgah lebih lama dibandingkan bekas jerawat PIE.

Baca juga: Hati-hati, Ternyata 8 Benda Disekitarmu Ini Penyebab Munculnya Jerawat!

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIH

Untuk memudarkan bekasnya terbilang cukup mudah. Kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan yang mencerahkan kulit seperti alpha arbutin, vitamin c ataupun niacinamide. Selain itu kamu bisa juga melakukan eksfoliasi baik dengan physical exfoliation ataupun chemical exfoliation.

Untuk kamu yang belum familiar dengan eksfoliasi. Eksfoliasi physical sendiri adalah proses mengangkat sel kulit mati dengan cara menggosok permukaan wajah. Biasanya dibantu dengan produk yang mengandung scrub. Sedangkan eksfoliasi chemical mengangkat sel kulit mati dengan bantuan bahan kimia seperti AHA dan BHA yang terkandung dalam skincare. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan jenis kulit wajah. Untuk pemula sebaiknya mulai dulu dengan melakukan physical exfoliation. Ketika wajah sudah terbiasa, kamu dapat memulai untuk melakukan chemical exfoliation.

Sudah lebih paham kan tentang perbedaan keduanya. Sekarang kamu bisa dengan mudah nih mengatasi bekas jerawat secara maksimal sesuai dengan jenisnya!

Last Updated on November 02, 2021

Tags Terkait

#bekasjerawat
Ditulis Oleh

Malwa

Copy WriterDiunggah 01 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya