Bahan Aktif Terbaik untuk Skincare Routine Malam Hari

0
Diunggah 12 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Bahan Aktif Terbaik untuk Skincare Routine Malam Hari

Menyusun skincare routine memang tidak boleh asal-asalan. Ini beberapa bahan aktif terbaik yang cocok masuk ke dalam rutinitas skincare malam untuk kulitmu.

Melakukan skincare routine di malam hari sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit dapat menyerap bahan ย aktif pada produk skincare lebih maksimal saat kamu tidur dibandingkan pada siang hari. Penyerapan bahan aktif skincare dapat terganggu oleh sinar UV atau debu saat siang hari. Maka dari itu, penting sekali memilih produk skincare dengan bahan aktif untuk digunakan dalam rutinitas skincare malam. Yuk, simak apa saja bahan aktif yang dibutuhkan!

1. Retinol

Retinol adalah bahan aktif yang digunakan untuk merawat kulit di malam hari. Pemakaian retinol tidak dianjurkan pada siang hari karena bahan aktif dapat membuat kulit lebih sensitif dengan sinar matahari. Retinol ini adalah senyawa turunan vitamin A yang memiliki banyak manfaat untuk kulit seperti mempercepat regenerasi kulit, mencerahkan kulit, mengurangi kerutan, dan mengatasi jerawat.

Retinol ini paling banyak digunakan sebagai serum atau krim dalam produk skincare khusus malam hari. Retinol ini termasuk kandungan yang cukup ringan dalam retinoid. Umumnya retinol akan tersedia dalam bentuk serum dengan persentase kandungannya 0,1% โ€“ 03,% saja. Kalau kamu ingin mencoba produk dengan kandungan retinol bisa coba produk dari Avoskin seperti Miraculous Retinol Ampoule atau Miraculous Retinol Toner.

2. Salicylic Acid

Salicylic acid biasa disebut dengan BHA (Butyl Hydroxy Acid), bahan aktif ini sangat tepat kamu jadikan pilihan untuk skincare routine malam bagi kulit berminyak dan rentan berjerawat. Salicylic acid juga memiliki efek anti inflamasi sehingga bisa membantu menyembuhkan jerawat. Efektivitas salicylic acid dalam meringankan gejala jerawat ini sudah banyak dibuktikan melalui berbagai riset. Namun, kamu perlu ingat juga bahwa salicylic acid tidak boleh dicampur dengan retinol karena meningkatkan risiko iritasi kulit. Salicylic acid ini biasanya tersedia dalam berbagai jenis produk skincare dari cleanser, serum, toner, hingga krim dengan kadar 1%-2%.

3. Hyaluronic Acid

Kalau kamu memiliki masalah kulit kering, kandungan ini sangat cocok untuk kamu masukan dalam skincare routine di malam hari. Hyaluronic acid ini akan menjaga kelembapan kulit saat tidur karena kandungan ini dapat mengikat molekul air hingga 1000 kali beratnya. Riset juga telah membuktikan bahwa pemakaian hyaluronic acid selama 8 minggu dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 96%, kulit menjadi lebih kencang 55%, dan kerutan memudar hingga 44%. Nah, kalau kamu ingin kulit lebih segar dan lembap saat bangun di pagi hari, pastikan kamu menggunakan produk dengan kandungan ini pada malam hari. Kandungan ini juga sangat aman untuk kulit dan tidak menimbulkan iritasi. Bahkan, bahan aktif ini bisa dicampur dengan bahan aktif lainnya.

Baca Juga : Skincare Routine untuk Remaja Pagi dan Malam Hari

4. Peptida / Peptide

Bahan aktif lain yang banyak digunakan dalam skincare routine malam adalah peptida atau peptide. Peptida adalah asam amino yang dibutuhkan kulit untuk membentuk kolagen. Jadi, pemakaian peptide dalam skincare malam dapat menstimulasi kulit memproduksi kolagen. Hasilnya, kulit jadi lembap, kenyal, dan kerutan perlahan memudar. Peptida juga bisa menguatkan barrier atau perlindungan kulit dan mengurangi peradangan karena jerawat. Pemakaian peptida selama 2 minggu sudah dapat menunjukkan hasil yang signifikan dalam mengurangi kerutan yang berada dalam proses penuaan.

5. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu kandungan yang sering dipakai untuk skincare routine di malam hari. Kandungan ini memiliki manfaat yang beragam dan tidak menyebabkan iritasi. Tidak heran jika kandungan ini sering direkomendasikan untuk masuk ke dalam skincare routine malam. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang mampu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas sehingga dapat mencegah tanda penuaan dini untuk muncul. Memakai vitamin C di malam hari akan meredakan efek negatif yang ditimbulkan oleh polusi udara dan sinar UV.

Selain itu, vitamin C juga dapat mencerahkan kulit dan memudarkan hiperpigmentasi. Beberapa jurnal juga menyebutkan bahwa vitamin C dapat merangsang pembentukan kolagan pada kulit. Nah, dengan rutin memakai vitamin C pada skincare routine-mu maka kulit akan terlihat lebih cerah dan kencang.

Nah, itu dia beberapa kandungan aktif yang cocok untuk kamu gunakan sebagai perawatan kulit di malam hari. Mulai sekarang tidak perlu bingung lagi perlu pakai skincare dengan kandungan apa. Sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu ya!

Last Updated on August 12, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 12 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya