Mengenal Alpha Arbutin, 5 Manfaat Alpha Arbutin, Cara Kerja, dan Efek Sampingnya

0
Diunggah 16 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeAlpha-arbutin

Mengenal Alpha Arbutin, 5 Manfaat Alpha Arbutin, Cara Kerja, dan Efek Sampingnya

Kandungan alpha arbutin banyak ditemukan dalam produk skincare. Sebenarnya apa saja manfaat alpha arbutin untuk kulit wajah?

Rasanya kurang lengkap ya kalau skincare routine belum ada produk pencerah kulit. Sekarang sudah banyak sekali produk pencerah kulit yang mengandung alpha arbutin sebagai bahan aktifnya.

Alpha arbutin adalah kandungan yang aman digunakan untuk mencerahkan warna kulit, (sekali lagi mencerahkan ya, bukan memutihkan) dan sangat efektif untuk menghasilkan kulit yang lebih cerah. Klaim iklan memang terkadang berlebihan tetapi bahan aktif yang satu ini sudah teruji oleh riset sains yang valid loh! Yuk, berkenalan dan ketahui manfaat alpha arbutin!

Apa Itu Alpha Arbutin?

Alpha arbutin adalah senyawa turunan hidrokuinon yang secara alami ada pada tumbuhan tertentu. Hidrokuinon ini adalah salah satu bahan aktif yang bisa mencerahkan kulit secara efektif. Namun, pemakaian hidrokuinon bisa menimbulkan efek samping jadi wajib atas izin dan pengawasan dokter kulit.

Maka dari itu, alpha arbutin juga efektif untuk mencerahkan warna kulit dan lebih aman karena berasal dari bahan alami. Kamu bisa menemukan kandungan ini pada berbagai jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, kadar alpha arbutin tertinggi ada pada tanaman bearberry dan mulberry. Selain itu, kandungan ini juga ada dalam blueberry, cranberry, gandum, dan beberapa pir.

Kalau kamu suka memakai skincare dengan bahan aktif yang ringan seperti vitamin C, kojic acid, atau licorice, pasti kamu cocok menggunakan skincare dengan kandungan alpha arbutin.

Alpha arbutin juga disebut dengan 4-hydroxyphenyl alpha-glucopyranoside atau hidrokuinon alami. Memiliki struktur molekul yang mirip dengan hidrokuinon fungsi dan efektivitasnya juga sama tetapi memiliki sifat iritasi yang lebih ringan. Tidak heran jika alpha arbutin bisa menjadi pilihan alternatif pencerah kulit yang aman.

Baca Juga: Terdapat Dalam Produk Pencerah Kulit, Apa Sih Fungsi dari Alpha Arbutin?

Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

manfaat alpha arbutin

Memakai skincare dengan bahan aktif alpha arbutin tentu memberikan banyak manfaat bagi kecantikan kulitmu. Berikut ini adalah manfaat alpha arbutin untuk kulit wajah

1. Mengurangi Hiperpigmentasi

Kandungan alpha arbutin bisa memudarkan noda hitam dan hiperpigmentasi. Beberapa referensi studi ilmiah tentang alpha arbutin menyebutkan bahwa alpha arbutin memiliki efek yang lebih signifikan dan lebih stabil daripada arbutin.

Alpha arbutin bekerja dengan menghambat enzim yang dikenal sebagai tirosinase dalam melanosit. Melanosit mengontrol produksi melanin yang bertanggung jawab pada tingkat pigmentasi di kulit.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Alpha arbutin dapat memudarkan noda hitam dan mencerahkan warna kulit secara signifikan setelah pemakaian selama 12 minggu. Alpha arbutin memiliki sifat antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak lapisan kulit luar, membuat kulit tampak kusam, kering, dan munculnya tanda penuaan dini.

3. Memudarkan Bekas Jerawat

Alpha arbutin merupakan kandungan yang juga bisa memudarkan bekas jerawat dan meratakan warna kulit. Kalau wajahmu ada noda berwarna merah kehitaman yang sangat sulit hilang dan membuat kulit menjadi kusam, alpha arbutin  sangat cocok untuk kamu gunakan karena mampu mengatasi hiperpigmentasi dan bekas jerawat.

Nah, produk dengan kandungan alpha arbutin ini lebih cocok digunakan untuk kulit kering, kulit kusam, dan cenderung normal tidak berjerawat.

4. Membuat Kulit Menjadi Lebih Lembap

Kandungan alpha arbutin dalam produk skincare bisa membantu membuat kulit wajah tampak lebih dewy, lembut, dan glowing. Kulit wajah yang kusam ini disebabkan karena kulit wajah terlalu sering terpapar sinar matahari, debu, polusi udara, dehidrasi, dan terlalu sering menggunakan produk makeup yang memiliki kandungan kimia.

Alpha arbutin ini bisa membantu menghidrasi kulit yang kusam, mengontrol minyak, menjaga kadar air dalam kulit, dan membuat kulit lebih lembap dan bercahaya

Baca Juga : Sama-Sama Digunakan pada Skincare, Alpha Arbutin Lebih Aman Digunakan Daripada Hydroquinone

5. Aman untuk Kulit Sensitif

Alpha arbutin juga aman untuk kulit sensitif bahkan lebih aman dibandingkan dengan hidrokuinon. Penggunaan hidrokuinon dapat menimbulkan iritasi kulit jadi kandungan ini tidak dapat digunakan bagi pemilik kulit sensitif.

Sedangkan, alpha arbutin sebagai turunan hidrokuinon memiliki efektivitas yang tinggi dan tidak menimbulkan efek samping iritasi seperti hidrokuinon.

Selain itu, kamu juga bisa memakai kandungan ini 2 kali sehari loh! Beberapa bahan aktif pencerah lainnya membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga disarankan dipakai pada malam hari saja. Namun, alpha arbutin aman untuk digunakan pada siang atau malam hari. Tidak heran jika efek yang dihasilan lebih maksimal.

Cara Kerja Alpha Arbutin

arbutin adalah
rayditaa.com

Tingkat kecerahan kulit tergantung dari jumlah melanin dalam sel kulit. Melanin ini adalah pigmen yang memberi warna gelap pada kulit. Jadi, semakin banyak melanin pada kulit tentu saja warna kulit akan semakin gelap. Kulit yang mengalami hiperpigmentasi akan menyebabkan melanin berlebihan pada bagian kulit tertentu.

Nah, penumpukan melanin ini menyebabkan kulit menjadi gelap. Ditambah dengan pembentukan melanin pada kulit terjadi dalam sel melanosit dan distimulasi oleh enzim tirosinase. Enzim tirosinase ini dapat aktif karena beberapa hal seperti paparan sinar UV.

Alpha arbutin yang ada dalam kulit akan bekerja dengan menghambat kerja enzim tirosinase. Dengan terhambatnya enzim tirosinase, maka proses pembentukan melanin akan berkurang.

Sudah ada banyak studi yang membuktikan bahwa alpha arbutin dapat menghambat pembentukan melanin secara signifikan dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase. Kulit akan semakin cerah karena pembentukan melanin terhambat.

Apakah Ada Efek Samping Alpha Arbutin?

Kalau kamu masih khawatir karena alpha arbutin adalah turunan hidrokuinon dan memiliki struktur yang mirip dan bisa jadi memiliki efek samping yang sama, hal itu tentu salah besar ya. Berbagai studi menyatakan bahwa alpha arbutin aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Alpha arbutin juga terbukti aman digunakan pada kulit sensitif. Kalau kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, kamu tetap harus berhati-hati memakai produk skincare apapun. Coba lakukan patch test lebih dulu untuk memastikan ada reaksi alergi atau tidak.

Ternyata kandungan ini cukup aman untuk digunakan secara rutin ya! Jangan ragu lagi untuk memasukkan Alpha Arbutin ke dalam skincare routine-mu. Kamu bisa coba Your Skin Bae Serum Alpha Arbutin dari Avoskin untuk mencerahkan wajah. Serum alpha arbutin ini dapat digunakan oleh kamu mulai dari usia 15 tahun. Mengandung bahan-bahan alami, serum ini aman digunakan untuk semua jenis kulit.

Last Updated on August 11, 2023

Tags Terkait

#AlphaArbutin

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 16 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya