Kenali Penyebab Kulit Bruntusan agar Kulit Tetap Sehat

0
Diunggah 19 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kenali Penyebab Kulit Bruntusan agar Kulit Tetap Sehat

Bruntusan adalah gumpalan atau bintik berukuran kecil mirip dengan jerawat. Hal ini mengganggu penampilan ya, kenali penyebab bruntusan dulu yuk!

Timbulnya bruntusan pada kulit wajah menjadikan penampilan tampak kurang enak dipandang. Terlebih lagi, gejala bruntusan ini seringkali muncul tiba-tiba. Lantas, sebenarnya apa sih, penyebabnya? Perubahan suhu dan cuaca yang ekstrim, ternyata dapat memunculkan masalah baru pada kulitmu. Salah satunya adalah bruntusan. Ya, perubahan suhu atau cuaca sangat mempengaruhi kelembaban kulitmu. Entah dari panas ke dingin atau hujan, ataupun sebaliknya, perubahan suhu atau cuaca mengakibatkan kondisi kulit wajah tidak stabil. Kelembaban wajah yang bersinggungan langsung dengan cuaca menjadi tidak seimbang, yang akhirnya menjadikan kulit tidak tidak dapat terhidrasi dengan baik. Maka dari itu, kamu perlu mengenali penyebab bruntusan agar bisa terhindar dari masalah ini.

Perubahan Cuaca Mempengaruhi Kulit

Biasanya, bruntusan diawali dengan gejala kulit yang cenderung lebih kering, perih, lalu kemudian mulai muncul bintik-bintik kecil yang seringkali terasa gatal. Karena perubahan cuaca tak bisa dihindari, sebaiknya kulitmu sendiri yang harus segera dibenahi. Khususnya bagi kamu pemilik kulit sensitif. Untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang belakangan ini sangat sulit ditebak, ada baiknya kamu merawat kulitmu lebih intensif lagi.

Selalu siap sedia face mist yang bisa kamu semprotkan kapan saja dan dimana saja untuk menjaga kelembaban wajahmu. Sediakan juga pelembab yang aman untuk kulit sensitif untuk melindungi lapisan kulit yang bersinggungan langsung dengan udara.

Jarang Membersihkan Wajah

Paling tidak, kamu dapat meminimalisir potensi timbulnya bruntusan dengan kondisi wajah yang selalu bersih. Dengan begitu, perubahan suhu udara yang terjadi tidak akan membuat kuman atau bakteri menyerang kulitmu.

Siap sedia tisu saat bepergian adalah langkah yang tepat untuk menjaga kebersihan wajah. Namun, jangan juga lantas terlalu sering mencuci muka. Alih-alih mendapatkan wajah yang senantiasa bersih, justru wajah kering yang akan kamu dapatkan.

Baca Juga : Cara Mudah Menghilangkan Bruntusan di Dahi dengan Produk Skincare

Sering mencuci muka dengan facial wash justru dapat menghilangkan produksi minyak alami dari jaringan kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering, tipis, perih, dan pada akhirnya justru timbul bruntusan.

Cucilah wajah 2-3 kali dalam sehari, yakni pada pagi, sore dan malam hari sebelum tidur. Selebihnya, kamu cukup membasuh wajah dengan air saja, tidak perlu menggunakan facial wash lagi.

Salah Memilih Produk Perawatan Kulit

Bruntusan seringkali terjadi akibat adanya ketidakcocokan antara kulit dengan bahan yang terkandung dalam produk kecantikan yang digunakan. Kulit yang cenderung tidak bisa menerima formula suatu produk, seketika akan bereaksi dengan muncul bintik-bintik timbul yang perih dan berwarna kemerahan. Ya, itulah bruntusan.

Untuk itu, pilihlah produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulitmu. Langkah amannya, kamu bisa memilih produk yang diformulasikan cocok untuk semua jenis kulit.

Kulit Mengalami Alergi atau Iritasi

Terkadang, bruntusan merupakan salah satu tanda ketidakcocokan pada produk kecantikan yang sedang kamu gunakan. Biasanya, hal ini disebabkan karena adanya alergi atau iritasi setelah kamu menggunakan produk tersebut.

Hal ini terjadi karena kulit tidak bisa menerima beberapa zat yang terkandung di dalamnya. Misalnya, zat pengawet, pewangi, alkohol, bahkan zat pemutih wajah. Untuk itu, cermatlah dalam memilih kosmetik. Langkah awalnya ialah mengoreksi bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, apakah mengandung zat berbahaya atau tidak.

Baca Juga : Perbedaan Fungal Acne, Bruntusan, Whiteheads, dan Milia

Kulit Kurang Terhidrasi

Bruntusan yang disebabkan oleh kondisi wajah yang kering, menjadi tanda bahwa kamu harus lebih banyak mengkonsumsi serat. Buah dan sayur adalah makanan yang mengandung serat alami tertinggi.

Serat dapat mencegah munculnya kulit kering, sehingga dapat meminimalisir munculnya alergi atau iritasi terhadap cuaca. Dengan begitu, munculnya bruntusan pun dapat dicegah dari buah dan sayur yang rutin kamu konsumsi setiap hari.

Kurang minum air putih juga menjadi salah satu penyebab bruntusan, lho. Untuk itu, penuhi asupan cairan untuk tubuhmu. Dengan demikian, stamina dan kelembaban kulit pun akan terjaga. Ya, pada dasarnya, penyebab bruntusan ini selalu ada di sekitar kita. Tapi, ini bukan lagi hal yang menakutkan apabila kamu selalu memberikan perlindungan ekstra bagi kulitmu dengan Avoskin. Diformulasikan cocok untuk semua jenis kulit, Avoskin hadir untuk merawat, mencerahkan, memperbaiki sekaligus melindungi kulit wajahmu setiap hari! ย ย ย 

Last Updated on August 22, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 19 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya