Apa Sih Kelebihan Masker Lumpur? Simak Yuk!

0
Diunggah 20 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Apa Sih Kelebihan Masker Lumpur? Simak Yuk!

Masker lumpur menjadi salah satu jenis inovasi dalam dunia kecantikan yang patut kamu coba. Berbagai manfaat masker lumpur bisa kamu dapatkan loh!

Masker lumpur diyakini dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari mencerahkan hingga membersihkan jerawat yang meradang. Lantas, sebenarnya apa saja kandungan serta manfaat dari masker lumpur? Untuk lebih jelasnya, simak pada artikel berikut ini!

Apa Itu Masker Lumpur?

Kalau kamu berpikir bahwa masker lumpur terbuat dari lumpur yang kotor seperti yang sering kamu temui, sebaiknya mulailah ubah pikiranmu. Tentu lumpur yang digunakan untuk masker bukanlah lumpur yang sudah terkontaminasi kotoran dan kuman. Melainkan lumpur yang diambil di daerah tertentu.

Beberapa jenis masker lumpur yang sering digunakan adalah lumpur vulkanis, lumpur hitam, lumpur french clay, lumpur alpine moor, lumpur fullerโ€™s earth. Yang terbaru dan sedang naik daun adalah penggunaan masker lumpur mud atau lumpur dari laut mati.

Bukan tanpa alasan lumpur-lumpur tersebut mampu membuat kulit tampak cantik. Di dalam lumpur terdapat zat-zat yang memang baik untuk kulit, seperti senyawa karbon, mineral, nutrisi organik dan anorganik yang baik untuk kesehatan kulit.

Mampu Menstimulasi Sel Kulit

Adanya kandungan mineral pada lumpur ternyata dapat menstimulasi sel-sel kulit sehingga kulit menjadi bercahaya. Dilangsir dari laman detik.com, dokter kulit Kardiana Dewi SpKK menjelaskan jika sel kulit dapat terstimulasi dengan baik maka wajah akan membuat kulit terasa lebih kencang dan sehat.

Hal ini dikarenakan lumpur memiliki kandungan mineral yang berfungsi menutrisi kulit. Kandungan yang ada di dalam lumpur menyerap hingga ke pori-pori kulit dan membuat wajah tidak berminyak.

Melembutkan Kulit Wajah

Salah satu alasan mengapa kamu patut mencoba masker lumpur adalah manfaatnya yang dapat membuat kulit menjadi halus dan lembut. Alasannya, lumpur dapat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga kulit yang semula kasar menjadi halus dan lembut. Sebab kandungan bentonit memiliki kemampuan luar biasa untuk membuat kulit menjadi halus dan lembut.

Lumpur mud bekerja dengan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga kulit yang kering dan kasar menjadi lebih lembut dan halus. Kandungan silika dalam masker lumpur membuat kulit menjadi lebih lembut. Silika adalah mineral yang memiliki fungsi untuk meningkatkan produk kolagen sehingga membuat kulitmu selembut kulit bayi.

Baca Juga : Ternyata Ini Manfaat Masker Alpukat untuk Kulit Wajah

Penggunaan masker lumpur juga dapat mencegah edema. Edema merupakan pembengkakan jaringan lunak di bawah kulit yang disebabkan oleh retensi cairan dan atrium.Edema biasanya merupakan salah satu gejala gangguan kesehatan yang serius seperti gagal jantung kongestif, atau masalah ginjal, atau efek samping obat. Adanya kandungan bentonit pada masker lumpur mampun mengurangi pembengkakan yang bekerja seperti spon dengan menghisap air serta mengikat kelebihan natrium.

Detoksifikasi Kulit

Sifat detoksifikasi pada masker lumpur menjadi kelebihan dibandingkan dengan jenis masker lainnya. Lumpur jenis ini termasuk unik karena telah bermuatan ion negatif. Kandungan herbal bentonite dapat membantu mengeluarkan logam berat seperti merkuri dan unsur kimia berbahaya lain yang terdapat pada kulit wajah akibat pemakaian krim yang salah.

Mengobati Jerawat

Jerawat biasanya disebabkan oleh kelebihan produksi sebum pada wajah. Bila terlalu menumpuk pada wajah akibatnya pori-pori akan tersumbat dan memicu munculnya jerawat.

Salah satu kelebihan dari masker lumpur adalah mengobati jerawat yang meradang. Hal tersebut semakin diperkuat dengan adanya hasil studi yang menunjukkan bahwa lumpur pilihan ilmiah karena sifat listriknya. Sehingga ketika dicampur dengan air dan diterapkan ke permukaan kulit, molekulnya menjadi bermuatan listrik dan menarik keluar racun dari bawah kulit.

Meski demikian, pemakaian masker lumpur harus hati-hati dan tidak boleh terlalu sering. Penggunaan yang terlalu sering hanya akan menyebabkan kulit kering dan iritasi. Maka jika kamu ingin menghilangkan jerawat dengan masker lumpur sebaiknya lakukan dua kali dalam seminggu selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin sampai bersih. ย ย ย ย 

Last Updated on August 22, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 20 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya