Benarkah Kacang Menyebabkan Jerawat? Simak Faktanya!

0
Diunggah 21 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Benarkah Kacang Menyebabkan Jerawat? Simak Faktanya!

Banyak anggapan bahwa sering makan kacang menyebabkan jerawat. Sebenarnya hal ini fakta atau hanya mitos saja?

Pasti kamu sering dengan orang bilang โ€œJangan makan kacang, nanti mukanya jerawatan loh!โ€ Kacang memang sering disebut sebagai pemicu munculnya jerawat. Jadi tidak heran banyak orang terutama wanita takut untuk makan kacang. Namun, benarkah makan kacang menyebabkan jerawat? Cek faktanya di sini yuk!

Kacang Mengandung Lemak

Seperti yang kita ketahui, kacang memiliki kadar minyak yang sedikit. Hal ini dapat dilihat dari teksturnya yang tidak banyak mengandung minyak. Tapi ternyata, kacang tetap memiliki kadar minyak dan asam lemak, lho.

Kandungan lemak tersebut 100% lemak nabati, yang tidak begitu banyak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan hormon di tubuhmu. Tentunya, lemak nabati jauh lebih aman dibandingkan dengan lemak hewani yang memiliki pengaruh besar terhadap hormon pertumbuhan.

Dalam setiap biji kacang mengandung 19% lemak, dimana hanya sekitar 4% diantaranya yang merupakan lemak jenuh dan tidak mengandung kolestrol. Selebihnya, seporsi kacang justru kaya akan protein, gula, karbohidrat, vitamin dan lemak tak jenuh. Nah, ternyata, lemak tak jenuh ini dapat mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab kulit kusam dan kulit berjerawat.

Selain itu, asam lemak pada kacang juga berpengaruh dalam pengaturan sel-sel otak. Pengaturan sel otak ini memberikan efek pada tingkat stress ataupun suasana hati. Dengan demikian, hal ini juga tentu akan berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan kulitmu, agar stress dapat dihindari dan kulit dapat terhindar dari kerutan, kusam, jerawat, dan gejala penuaan dini lainnya.

Baca Juga : 4 Mitos Jerawat yang Tidak Sesuai dengan Kenyataan

Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Yang lebih menakjubkan adalah, hampir 60% dari kandungan kacang terdiri atas vitamin E! Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin E sangat bermanfaat untuk kulit. Vitamin E akan menghalangi pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di dalam tubuhmu. Selain itu, vitamin E juga dapat menjaga kecerahan dan elastisitas kulitmu.

Kacang Tidak Selalu Menyebabkan Jerawat

Jadi, kaitan antara makan kacang dengan jerawat hanyalah sebuah mitos! Yang perlu digarisbawahi adalah bahwa kulit berjerawat bisa saja disebabkan karena tubuhmu sudah bekerja terlalu berat untuk mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh, yang pada akhirnya menimbulkan jerawat di wajahmu. Kalau sudah begini, ada baiknya kamu mulai memperhatikan pola makan.

Jika kamu selalu berjerawat sehabis mengkonsumsi kacang, sebaiknya kamu segera menghentikannya. Pergilah ke dokter untuk melakukan tes alergi, karena bisa jadi, kamu memiliki alergi terhadap kacang-kacangan atau zat yang terkandung di dalam kacang.

Lalu, apakah kita boleh mengkonsumsi kacang dalam jumlah yang berlebihan? Tentu saja tidak! Terlalu banyak mengkonsumsi kacang atau makanan berlemak lainnya dapat menyebabkan masalah untuk sistem tubuhmu, bukan sebatas untuk kulitmu. Kamu bisa menyeimbangkan pola makan dengan makanan bernutrisi dan kaya vitamin untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan bebas jerawat. Jangan lupa, rawat kulit dengan Avoskin untuk kulit yang lebih cerah, lebih segar dan lebih bersih. ย ย ย 

Last Updated on September 27, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 21 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya