Ingin Secantik Putri Kraton Jawa? Ini 5 Perawatan Tradisional Rahasia Mereka

0
Diunggah 26 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBeauty Figure

Ingin Secantik Putri Kraton Jawa? Ini 5 Perawatan Tradisional Rahasia Mereka

Pesona kecantikan putri kraton Jawa memang tidak diragukan lagi. Nah, beberapa perawatan tradisional ini adalah rahasia mereka. Apa sih itu?

Putri kraton Jawa memang memiliki pesona kecantikan tersendiri yang tak pernah luntur sejak dulu. Tutur kata dan sikap lemah lembut nan bersahaja, paras cantik para putri juga menjadi tolak ukur dalam menggambarkan kesempurnaan wanita Indonesia terutama wanita Jawa. Perawatan kulit para putri berasal dari beragam ramuan tradisional yang terbuat dari bahan alami dan diwariskan secara turun temurun oleh leluhur. Nah, berikut ini 5 perawatan tradisional rahasia para putri kraton.

1. Rutin Meminum Jamu

Para puteri raja Jawa selalu mengonsumsi berbagai macam ramuan tradisional yang direbus sebagai perawatan kecantikan dari dalam. Rebusan ramuan tradisional ini biasa disebut jamu, terbuat dari beberapa jenis tumbuhan yang disesuaikan dengan manfaatnya. Jamu kunir asam untuk melancarkan dan menghilangkan nyeri datang bulan, serta bermanfaat untuk detoksifikasi. Sedangkan jamu kunci sirih bermanfaat untuk menghilangkan masalah keputihan, menghilangkan bau badan, dan merapatkan bagian kewanitaan.

2. Menggunakan Kosmetik yang Mengandung Kepompong Emas

Putri dari Sultan Hamengku Buwono X Yogyakarta menggunakan kosmetik yang terbuat dari kepompong emas untuk menjaga kecantikan. Kepompong emas ini mengandung kandungan senyawa anti oksidan dan zat brightening yang bermanfaat untuk menjaga keremejaan kulit dan membuat kulit menjadi cerah. Bahkan, kulitmu akan lebih ternutrisi, sehat, dan halus.

3. Merawat Tubuh dengan Lulur Tanaman Herbal

Perawatan yang satu ini banyak dilakukan oleh wanita Indonesia untuk mendapatkan kulit sehat, bersih, dan halus. Biasanya, Putri Kraton Jawa menggunakan lulur yang dibuat dari tanaman herbal seperti kunyit yang memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri untuk kulit. Kunyit mampu mengobati atau menghilangkan luka pada kulit, serta membuat kulit menjadi halus. Selain itu, lulur mangir yang terbuat dari temu giring dan kunyit yang dihaluskan mampu mencerahkan kulit.

Baca Juga : Rahasia Kecantikan Kulit Para Putri Kerajaan Inggris

4. Minyak Cem-Ceman untuk Merawat Rambut

Putri kraton selalu memiliki rambut hitam yang berkilau. Nah, untuk mendapatkan rambut hitam dan sehat, putri raja biasanya menggunakan minyak rambut yang dibuat dari beberapa jenis tanaman tradisional seperti minyak kelapa, daun waru, daun mangkokan, irisan pandan, bunga kenanga, dan melati. Ramuan ini biasanya disebut sebagai minyak cem-ceman yang dipercaya menyehatkan dan menutrisi akar rambut.

5. Tapel untuk Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

Biasanya setelah melahirkan, tubuh wanita akan mengalami perubahan yang signifikan pada bagian perut. Para putri keraton Jawa menggunakan tapel ini untuk mengembalikan kekencangan kulit perut pasca melahirkan. Tapel ini terbuat dari tepung beras, kencur, adas, pulosari, bangle, klabet, jahe, dan kayu manis. Tapel ini akan dicampur dahulu dengan air hingga luna sebelum digunakan. Setelah itu, ramuan ini akan dibalurkan di perut lalu ditutupi daun sirih dan dibebat menggunakan kain atau stagen. Kamu melakukan perawatan ini secara rutin selama 40 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.   

Nah, itu dia beberapa perawatan kulit tradisional ala Putri Kraton. Cukup sulit memang untuk dilakukan ya. Meskipun begitu, kamu tetap bisa tampil cantik dengan produk perawatan kulit dari Avoskin!

Last Updated on August 29, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 26 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya