Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan, Whiteheads, serta Milia

0
Diunggah 05 April 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBruntusan

Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan, Whiteheads, serta Milia

Masalah kulit memang beragam dan sulit untuk dibedakan. Agar tidak bingung, ini perbedaan fungal acne dan bruntusan, perbedaan milia dan bruntusan, serta jenis jerawat lainnya.

Masalah kulit memang sangat beragam dan tidak ada habisnya. Selain itu, setiap kondisi kulit sulit dibedakan karena menunjukkan penampilan yang hampir sama. Setiap masalah kulit membutuhkan perawatan yang berbeda, jadi kamu perlu mengenali setiap jenisnya.

Nah, agar tidak bingung lagi dalam membedakan whiteheads, fungal acne, dan milia, kamu bisa simak penjelasannya di artikel ini. Kita bisa lebih mengerti perbedaan fungal acne dan bruntusan yang jika dilihat sekilas tampak identik. Jadi jangan sampai keliru lagi dalam hal perbedaan fungal acne dan bruntusan!

Baca Juga : Skincare untuk Fungal Acne

Fungal Acne atau Jamur pada Kulit

perbedaan milia dan bruntusan

Apa itu Fungal Acne dan Penyebab Fungal Acne

Fungal acne adalah malassezia yang merupakan anggota mikrobiota kulit sehat. Malassezia Folliculitis disebabkan oleh pertumbuhan berlebih ragi/ jamur pada kulit kita. Jamur ini umumnya ditemukan di kulit manusia normal, namun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih seperti panas, kondisi lembab dan kulit berminyak. Hal ini menyebabkan infeksi pada folikel hujan es yang menyebabkan sistem kekebalan kulit kita menjadi pertahanan yang mengarah ke peradangan.

Gejala dan Ciri-ciri Fungal Acne (Jerawat Jamur)

Fungal acne bisa sangat sulit untuk didiagnosis, tetapi biasanya dikaitkan dengan rasa gatal. Benjolan ini sering terlihat dalam sebuah kluster dan biasanya berukuran seragam. Fungal acne sedikit lebih sulit untuk diatasi. Ini tidak bekerja dengan baik dengan antibiotik dan untuk mengobatinya dengan benar, kamu harus menghilangkan semua bahan yang bermasalah dalam produk perawatan kulit.

Bruntusan adalah Tekstur Kulit Tidak Merata

perbedaan milia dan bruntusan

Sebenarnya bruntusan bukan istilah medis untuk masalah kulit ini. Bruntusan adalah menggambarkan keadaan kulit kasar dan tidak rata. Ciri-ciri bruntusan yang umum adalah saat kulit diraba, bruntusan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol di kulit.

Tempat Munculnya Bruntusan dan Ciri-ciri Bruntusan

Bruntusan ini tidak hanya bisa muncul di wajah tetapi bisa muncul di bagian tubuh lainnya. Kondisi ini bisa muncul di satu atau dua titik saja tidak langsung banyak bergerombol. Beberapa area yang rentan terkena bruntusan diantaranya bagian T-zone seperti dahi, hidung, dan dagu.

Penyebab Bruntusan

Bruntusan di wajah bisa disebabkan oleh banyak hal seperti komedo, iritasi wajah, dermatitis, milia, dan lainnya. Namun, bruntusan tetap berbeda dengan masalah kulit lainnya. Biasanya disebabkan oleh perubahan hormon, stres, produksi keringat berlebih, dan lainnya.

Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan

Jika kita simpulkan, perbedaan fungal acne dan bruntusan ada pada gejala fungal acne dan bruntusan, tempat kemunculan fungal acne dan bruntusan, dan masing-masing cara untuk mengatasi bruntusan dan fungal acne. Berikut adalah perbedaan fungal acne dan bruntusan :

1. Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan: Pada Penyebab Kemunculannya

Perbedaan pertama fungal acne dan bruntusan ada pada penyebabnya. Fungal acne disebabkan oleh jamur Malassezia. Sedangkan bruntusan di wajah bisa disebabkan oleh komedo, iritasi wajah, dermatitis, milia, dan faktor lainnya. Namun, bisa juga bruntusan disebabkan oleh oleh perubahan hormon, stres, produksi keringat berlebih, dan hal lainnya.

Jamur Malassezia yang menjadi penyebab fungal acne pada umumnya ada di kulit manusia normal, namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan pertumbuhannya berlebih seperti temperatur, kelembaban, dan kondisi kulit itu sendiri.

2. Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan: Pada Tempat Kemunculannya

Fungal acne dapat muncl di beberapa bagian tubuh, dan yang paling umum fungal acne dapat muncul di lengan, atau bagian dada. Namun terkadang, jenis jerawat ini dapat juga muncul pada punggung. Sedangkan bruntusan muncul pada beberapa area yang memang rentan terkena bruntusan, yang diantaranya bagian T-zone seperti dahi, hidung, dan dagu.

3. Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne: Ada Pada Cara Mengatasi Masing-masingnya

Untuk mengatasi fungal acne pada wajah, kamu bisa coba mengurangi penggunaan krim pelembap dan produk yang memiliki kandungan berat. Untuk skincare, kamu bisa coba mengganti produk perawatan kulitmu dengan produk dari Avoskin Your Skin Bae Serum Salicylic Acid 2% + Zinc.

Sedangkan untuk mengatasi masalah bruntusan, kamu bisa mengatasi masalah bruntusan di wajah dengan rutin membersihkan wajah dengan produk makeup remover atau facial cleanser seperti Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser.

Nah, selain perbedaan fungal acne dan bruntusan yang telah dijelaskan diatas, ada juga jenis-jenis jerawat lain yang perlu kamu waspadai. Simak pemaparan berikut agar dapat segera teratasi dan menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Fungal Acne dan Bruntusan serta Mencegahnya Kembali

Berikut adalah cara menghilangkan fungal acne dan bruntusan secara umum serta mencegah fungal acne dan bruntusan untuk kembali :

1. Lebih Sering Mandi dan Mengganti Pakaian

Jika kamu selesai beraktivitas di luar ruangan yang menyebabkan produksi keringat, usahakan untuk segera mengganti baju. Dan apabila keringat yang keluar dari tubuhmu cukup banyak maka segeralah mandi. Apalagi semenjak pandemi kita sering memakai masker di wajah. Dalam hal ini masker lah yang juga harus kamu rajin ganti penggunaannya ya!

Keadaan berkeringat menyebabkan tubuh terutama bagian kulit menjadi lembab dan lebih hangat dimana hal ini sangat cocok untuk media berkembang biak jamur. Dengan mandi memakai sabun, jamur dan bakteri dapat larut atau hilang serta keringat pergi dari kulitmu.

2. Gunakan Pakaian Longgar

Pakaian yang ketat apalagi kain yang tidak mendukung sirkulasi udara dengan baik dapat memerangkap keringat. Hal ini menyebabkan paparan situasi lembab menjadi lebih rentan pada kulitmu. Untuk itu disarankan memakai pakaian longgar sehingga sirkulasi udara pada kulit lebih baik dan kulit kering atau bebas dari keringat yang mengendap lama.

3. Pakailah Obat Khusus Anti Fungal

Obat khusus anti fungal bisa dibagi menjadi 2 yaitu orang atau obat yang diminum, dan topical atau obat yang dipakai langsung pada area fungal acne seperti salep dan cream. Namun pemakaian obat ini sebaiknya dengan resep dokter ya!

4. Aplikasikan Skincare untuk Fungal Acne dan Bruntusan

Untuk mengatasi fungal acne pada wajah, kamu bisa coba mengurangi penggunaan krim pelembap dan produk dengan kandungan yang berat. Kamu bisa coba mengganti produk perawatan kulitmu dengan produk dari Avoskin yang kandungannya ringan seperti produk Avoskin Your Skin Bae Serum Salicylic Acid 2% + Zinc.

Sedangkan cara mengatasi bruntusan yaitu kamu bisa dengan rutin membersihkan wajah memakai makeup remover atau facial cleanser seperti Natural Sublime Facial Cleanser dari Avoskin. Selain itu, kamu bisa menambahkan Avoskin PHTE (Perfect Hydrating Treatment Essence) untuk mengatasi masalah bruntusanmu. Dengan penggunaan rutin, masalah bruntusan di wajahmu akan cepat teratasi.

Whiteheads atau Komedo Putih

perbedaan milia dan bruntusan

Komedo putih/whiteheads adalah komedo tertutup yang merupakan pori tertutup yang memiliki sebum terperangkap di bawah lapisan tipis kulit. Ketika minyak bercampur dengan kulit mati dan pori-pori tidak terbuka, ini dapat menyebabkan benjolan putih kecil pada kulit. Kulit akan muncul bintik-bintik keputihan kecil atau gundukan. Mereka biasanya memiliki pusat lingkaran berwarna putih yang dikelilingi oleh warna merah.

Alasan utama kulitmu mengalami whitehead adalah karena produksi sebum yang berlebihan. Ini terjadi ketika sel-sel kulit mati membangun di atas pori-pori dan memblokir minyak agar tidak terlepas yang menghasilkan whiteheads. Penyebab lain whiteheads mungkin karena kulit terlalu kering atau kamu menggunakan produk yang lebih berat atau lebih berminyak daripada yang dibutuhkan kulit.

Saat mengalami whiteheads, kamu dapat memperbaiki tekstur kulit dengan memasukkan pengelupasan kimia seperti AHA dan BHA. Kamu bisa coba menggunakan produk dari Avoskin seperti Miraculous Refining Series untuk mengatasi masalah ini. Jika produk perawatan kulit normal tidak cocok untukmu, kamu juga bisa mencoba obat resep. Tidak hanya bahan-bahan di atas tersedia dalam kekuatan resep (kandungan tinggi dari apa yang dapat kamu beli di toke), tetapi ada beberapa opsi lain juga.

Retinoid topikal dianggap sangat efektif untuk mengobati jerawat komedo. Mereka juga memiliki manfaat tambahan yang besar untuk menghaluskan dan melembutkan kulit dan merupakan anti ager yang hebat. Isotretinoin juga sering diresepkan karena memperlambat produksi minyak, yang berarti juga dapat meningkatkan jerawat komedo. Obat ini sering hanya diresepkan dalam kasus yang sangat parah, dan ketika tidak ada cara lain yang berhasil.

Milia, Masalah Kulit di Area Mata

Milia adalah protein kulit yang terperangkap di bawah kulit. Ini tidak terkait dengan pori-pori atau sebum, tetapi sebenarnya merupakan masalah pertumbuhan berlebih keratin. Ini sering terjadi di sekitar bagian kulit yang paling halus seperti area mata. Biasanya cukup mudah dikenali karena memiliki penampilan bola putih mutiara. Perbedaan milia dan bruntusan yaitu bruntusan adalah gejala ketika kulit tidak merata teksturnya sedangkan milia merupakan salah satu penyebab bruntusan.

Milia terjadi ketika pergantian kulit melambat. Ini dapat disebabkan oleh penggunaan produk-produk yang berat dan berminyak, seperti krim mata yang terlalu tebal untuk kulit yang memungkinkan keratin untuk terus tumbuh dan muncul sebagai benjolan putih jika tidak ada pergantian kulit yang cukup.

Milia juga dapat dikaitkan dengan genetikamu atau kerusakan akibat sinar matahari. Milia dapat dibersihkan dengan sendirinya dari waktu ke waktu, sehingga kamu dapat membiarkan kulit keluar sendiri.

Untuk penanganan awal, kamu bisa mencoba produk perawatan mata secara intensif Avoskin Advance Action Eye Ampoule. Ampoule yang terbuat dari bahan alami ini dapat membantu menghidrasi, mengencangkan, dan memicu produksi kolagen alami pada kulit. Aman digunakan untuk kulit sensitif, ibu hamil dan menyusui. Namun, bila kamu ingin mengekstrasi milia, sebaiknya konsultasikan ke dokter lebih lanjut.

Last Updated on April 28, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 05 April 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya