Cara Pakai Serum Eksfoliasi yang Tepat, Aman Tanpa Iritasi

0
Diunggah 24 October 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeEksfoliasi

Cara Pakai Serum Eksfoliasi yang Tepat, Aman Tanpa Iritasi

Kalau kamu belum pernah menggunakan produk eksfoliasi kulit, kamu bisa ikuti cara pakai serum eksfoliasi yang tepat di sini!

Eksfoliasi termasuk salah satu rutinitas perawatan kulit yang biasa dilakukan oleh wanita untuk menjaga kulit wajah tetap bersih, sehat, dan bebas jerawat. Proses eksfoliasi kulit ini dimulai dari lapisan terdalam epidermis tempat sel kulit tumbuh.

Sel kulit yang baru akan muncul perlahan menuju lapisan kulit epidermis sampai dengan lapisan terluar kulit. Saat sel kulit baru ini sampai pada lapisan terluar kulit, sel kulit akan mati dan siap dibuatn untuk menumbuhkan sel kulit baru dan proses ini berulang terus. Lalu bagaimana sih cara pakai serum eksfoliasi yang tepat?

1. Gunakan Sesuai Aturan Pakai Produk

Produk exfoliating serum ada beragam jenisnya. Ada yang harus dibilas, ada yang bisa didiamkan saja lalu dilanjutkan dengan pemakaian produk skincare lainnya, seperti moisturizer dan sleeping mask.

Biasanya, yang harus dibilas itu punya kadar acid yang tinggi, sehingga akan terasa tingling dan cukup dipakai 10-15 menit saja. Sementara, yang tidak dibilas itu AHA BHA atau PHA-nya tidak terlalu tinggi. Agar mendapat hasil maksimal, kamu gunakan sesuai cara pakai yang direkomendasikan oleh brand skincare tersebut.

2. Pilih Kandungan yang Sesuai dengan Kondisi Kulit

Untuk kulit normal dan kombinasi bisa menggunakan glycolic acid. Karena di antara semua produk AHA, glycolic acid memiliki bentuk molekul yang paling kecil. Ini berarti zat glycolic acid lebih mudah diserap oleh kulit dan bekerja lebih cepat dari zat asam lainnya.

Selain itu, glycolic acid bisa memperbaiki warna kulit yang tidak merata, memudarkan bekas jerawat dan garis halus, serta mengecilkan pori-pori kulit.

Jika kamu memiliki kulit yang cenderung kering dan sensitif, kamu bisa menggunakan lactic acid. Lactic acid ini termasuk kandungan yang paling ringan dan lembut di antara zat AHA lainnya.

Selain itu, lactic acid ini juga bersifat lebih melembapkan dibandingkan glycolic acid. Kandungan ini melembapkan sekaligus membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat sehingga membuat kulit lebih cerah dan lembut.

Untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat akan lebih cocok menggunakan salicylic acid. Hal ini dikarenakan zat BHA bersifat anti radang dan anti bakteri. Kandungan salicylic acid termasuk sebagai karbohidrat kompleks ini dapat menghilangkan lapisan keratin di luar kulit. Kandungan ini juga dapat membersihkan pori kulit hingga lapisan terdalam.

3. Aplikasikan Produk Hidrasi Setelahnya

Setelah eksfoliasi, kamu bisa menggunakan Perfect Hydrating Treatment Essence dari Avoskin untuk menghidrasi kulit dan menenangkan kulit setelah memakai produk eksfoliasi. Avoskin PHTE memiliki kandungan yang sangat aman untuk kulit bahkan kulit sensitif sekalipun.

Karena kandungan Avoskin PHTE yang natural dan ringan, PHTE sangat cocok digunakan untuk melembapkan dan merawat kulit setiap harinya. Memiliki kandungan yang tidak rumit seperti air, ET-VC, chamomile extract, carrot oil, rose hip oil, dan glycerin, produk ini akan menjaga kelembapan kulitmu sepanjang hari.

4. Jangan Digunakan Terlalu Sering

Setiap orang memiliki kulit yang berbeda meskipun masih ada dalam satu kategori. Jadi, kamu perlu mengetahui kapan kulitmu menunjukkan tanda bahwa eksfoliasi yang dilakukan sudah berlebihan.

Kulit normal atau berminyak biasanya perlu melakukan eksfoliasi sebanyak 1-3 kali seminggu. Jika jenis eksfoliasi kimia yang dilakukan bersifat lembut atau terbuat dari ekstrak natural, kamu cukup menggunakan 1-3 kali seminggu tidak perlu setiap hari.

Namun, untuk produk eksfoliasi kimia yang kuat, kamu cuma perlu menggunakan produk eksfoliasi seminggu sekali. Untuk kulit sensitif, kamu cukup melakukan eksfoliasi seminggu sekali dengan kandungan zat yang ringan dan lembut untuk kulit.

5. Selalu Gunakan Sunscreen

Setelah melakukan eksfoliasi di malam hari, kamu wajib menggunakan sunscreen pada siang harinya. Karena, kulit wajahmu lebih sensitif pada sinar matahari setelah menggunakan kandungan exfoliant. Maka dari itu, perlindungan dari sunscreen ini akan meminimalisir gejala iritasi pada kulitmu.

6. Pakai Juga di Area Leher

Sama seperti produk skincare apapun yang kamu aplikasikan di seluruh wajah, exfoliating serum juga sebaiknya dipakai sampai ke leher. AHA BHA juga bagus untuk meminimalkan wrinkles jadi lehermu juga bisa terlihat kencang dan bersih. Kulit wajah glowing dan leher juga tidak kusam sehingga warnanya tidak terlalu berbeda.

Last Updated on August 18, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 24 October 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya