Terdapat Dalam Produk Pencerah Kulit, Apa Sih Fungsi dari Alpha Arbutin?

Healthy Skin, Product Review - rustaviani - July 27, 2020

Alpha arbutin seringkali menjadi primadona dalam ingredients produk pencerah kulit. Sesungguhnya, apa sih fungsi alpha arbutin ini?

Demi mendapatkan kulit wajah yang cerah dan tidak kusam, banyak perempuan yang memilih produk skincare dengan fokus kandungan mencerahkan. Namun, sangat penting untuk memperhatikan ingredients yang terdapat dalam produk pencerah tersebut karena bisa saja di dalamnya terdapat kandungan berbahaya yang bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Nah, jika kamu ngin menggunakan produk pencerah kulit, carilah yang mengandung alpha arbutin. Selain tergolong ampuh, kandungan yang satu ini juga dinilai aman karena tidak menimbulkan efek samping pada kulit wajah. Sebelum memilih produk dengan kandungan alpha arbutin, yuk kenali dulu fungsinya!

Asal Usul Alpha Arbutin

Alpha arbutin termasuk sebagai bahan alami yang prosesnya diperoleh melalui ekstrasi daun dari tanaman bearberry. Buah yang dalam Bahasa Latin-nya bernama Arctostaphylos uva ursi ini termasuk ke dalam jenis tanaman sejenis semak yang berkembang di daerah seperti Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Sebelum dikenal sebagai tanaman penghasil arbutin yang ampuh cerahkan wajah, daun dari tanaman bearberry ini telah sejak lama digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih, cystitis, serta masalah batu ginjal. Selain diperoleh melalui hasil ekstraksi daun bearberry, alpha arbutin juga bisa diproduksi secara sintetik di laboratorium. Tak hanya dari ekstrasi daun bearberry, kandungan alpha arbutin juga dapat ditemukan dari beberapa bahan alami lainnya, seperti gandum, daun blueberry dan cranberry, atau bisa juga dari kulit buah pir.

Fungsi dari Alpha Arbutin

Alpha Arbutin lebih sering digunakan pada skincare pencerah kulit dibandingkan Beta Arbutin. Senyawa ini umumnya diperoleh dari tanaman bearberry. Fungsinya yakni untuk mencerahkan wajah sesuai skintoner dengan cara menekan produksi melanin pada kulit. Senyawa ini juga dapat mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata serta flek hitam. Menurut beberapa penelitian, Alpha Arbutin bekerja lebih optimal dibandingkan Beta Arbutin. Buat kamu yang punya masalah kulit kusam coba deh gunakan skincare direkomendasikan mengenakan skincare dengan kandungan Alpha Arbutin.

Baca Juga : Sama-Sama Digunakan pada Skincare, Alpha Arbutin Lebih Aman Digunakan Daripada Hydroquinone

Alpha Arbutin merupakan kandungan yang lazim ditemukan dalam berbagai produk kecantikan yang berfungsi untuk mencerahkan kulit.  Nah, warna kulit normal ditentukan oleh banyaknya melanin yang dihasilkan oleh melanosit. Melanin sendiri terbentuk melalui proses yang disebut melanogenesis dengan bantuan enzim tirosinase. Penggunaan alpha arbutin dalam produk krim pemutih wajah diketahui dapat mencegah produksi enzim tirosinase, sehingga dapat mengurangi produksi melanin untuk menghasilkan warna kulit yang lebih cerah.

Kemampuan alpha arbutin untuk menghambat aktivitas produksi tirosinase menjadikannya solusi yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat serta memutihkan warna kulit yang tidak merata, seperti pada lutut dan ketiak. Menggunakan produk yang mengandung alpha arbutin juga membantu melindungi kulit dari sinar UV serta radikal bebas penyebab penuaan dini. Banyak dermatologis telah menyetujui penggunaan alpha arbutin sebagai agen pencerah untuk digunakan sebagai senyawa alternatif yang aman untuk mengatasi permasalahan kulit. beberapa di antaranya, hiperpigmentasi, melasma, chloasma, bahkan hingga freckles selama masa kehamilan.

Itu dia penjelasan singkat mengenai fungsi dari alpha arbutin. Dengan mengetahui kandungan dan fungsi dari alpha arbutin ini tentunya membuatmu lebih merasa aman saat membeli skincare yang fokus untuk mencerahkan bukan?

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *