Tips Merawat Reusable Cotton Pad Agar Tahan Lama

0
Diunggah 17 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

Tips Merawat Reusable Cotton Pad Agar Tahan Lama

Reusable cotton pads juga perlu dirawat agar tetap bersih dan awet. Begini cara merawat reusable cotton pad agar tahan lama.

Selama ini kamu boros dengan penggunaan kapas untuk perawatan wajah? Kalau iya, ini waktunya kamu beralih ke reusable cotton pad. Kapas ini bisa dipakai berulang kali dan tentunya lebih ramah lingkungan dibandingkan kapas biasa. Kamu tidak perlu lagi menyumbang sampah kapas setiap hari karena reusable cotton pad bisa digunakan berulang kali. Nah, agar kapas ini bisa awet dan tidak menjadi sarang bakteri, kamu perlu merawat dan membersihkannya. Kamu tidak mau kan kalau alat yang digunakan untuk membersihkan wajah malah menyimpan kotoran dan bakteri? Maka dari itu, yuk simak cara merawat reusable cotton pad ini!

Bersihkan Cotton Pad Saat Pertama Kali Penggunaan

Saat pertama kali menggunakan reusable cotton pad, kamu harus mencuci dulu dengan air hangat dan sabun yang lembut. Sebaiknya jangan menggunakan pemutih pakaian atau sabun yang keras. Jangan terlalu banyak menggunakan detergen untuk menghindari adanya detergen yang tersisa pada reusable cotton pad. Kalau terlalu banyak detergen bisa-bisa menimbulkan iritasi untuk kulit. Setelah kamu cuci bersih, keringkan dengan cara diangin-anginkan di bawah cahaya matahari.

Cuci dan Bersihkan Setelah Digunakan

Setelah menggunakan reusable cotton pad, sebisa mungkin langsung cuci dengan air hangat dan sabun. Pastikan noda-noda makeup dan kotoran sudah bersih dengan sempurna. Setelah itu jemur di tempat kering. Sebaiknya, kamu mencuci reuseable cotton pad dengan tangan tetapi kamu juga bisa mencucinya dengan mesin. Kalau kamu ingin mencuci dengan mesin sebaiknya masukkan cotton pads ke dalam tas pencuci atau washing bags.

Hindari menggunakan mesin pengering karena bisa merusak cotton pad. Kamu juga tidak perlu menggunakan penghilang noda pakaian atau pelembut. Cukup menggunakan air hangat tetapi jangan rebus cotton pad dengan air yang terlalu panas karena bisa rusak.

Baca Juga : Beralih dari Kapas ke Reusable Cotton Pad. Apa Sih Manfaatnya?

Simpan Di Tempat yang Kering dan Tertutup

Setelah kamu membersihkan cotton pad, hindari menyimpannya di kamar mandi atau tempat yang lembap. Cotton pad yang lembap bisa jadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur. Tentu saja kamu tidak mau menggunakan barang yang penuh bakteri untuk wajah.

Sebaiknya kamu memilih tempat penyimpanan yang kering dan tertutup seperti container kedap udara atau kantung penyimpanan anti air. Jika udara di daerahmu sangat lembap, letakkan satu atau dua kantong silica gel untuk menyerap kelembapan di tempat penyimpanan.

Pisahkan juga tempat penyimpanan cotton pad yang bersih dan kotor untuk mencegah bakteri dari reusable cotton pad berpindah ke cotton pad yang bersih. Kalau kamu sedang bepergian bawalah lebih dari satu reusable cotton pad sekaligus tempat penyimpanannya.

Ganti Reusable Cotton Pad Secara Berkala

Reusable cotton pad memang bisa dipakai berulang kali tetapi bukan berarti bisa dipakai selamanya. Kamu tetap masih membuang sampah kapas tetapi jumlahnya akan jauh lebih sedikit. Jika reusable cotton pad sudah kempes dan kainnya semakin kasar bahkan banyak noda makeup, itu menandakan bahwa sudah waktunya kamu mengganti cotton pad yang kamu gunakan dengan yang baru.

Nah, itu dia beberapa tips sederhana untuk merawat reusable cotton pad agar tetap awet dan tahan lama. Mulai sekarang pakai reusable cotton pad yuk! Selain kamu hemat uang, kamu juga berkontribusi dalam menjaga lingkungan di bumi ini loh.

Last Updated on August 18, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 17 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya