fbpx

Bahan Aktif dalam Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak Mudah Berjerawat

Healthy Skin - Elisabeth - July 30, 2021

Memiliki kulit berminyak tentu perlu memilih produk skincare yang sesuai ya! Nah, ini kandungan yang cocok untuk kulit berjerawat bisa kamu jadikan pilihan.

Memiliki kulit berminyak berjerawat memang membuat pusing karena sulit untuk diatasi ya. Meskipun ingin jerawat di wajah dapat segera hilang, tetapi merawat kulit berjerawat tidak bisa sembarangan. Jangan asal mencoba berbagai merk obat jerawat karena hasilnya akan membuat jerawat makin banyak dan meradang. Perwatan kulit wajah berminyak mudah berjerawat memerlukan rutinitas perawatan kulit yang tepat. Nah, kamu bisa mencoba beberapa kandungan yang cocok untuk kulit berjerawat di bawah ini.

1. Hyaluronic Acid

Bahan aktif yang satu ini berfungsi sebagai humectant atau memberi kelembapan pada kulit. Dengan menggunakan kandungan ini kulit akan lebih lembap dan kenyal. Kandungan ini juga menghidrasi kulit dari dalam dan mengatasi kekeringan karena kadar air pada kulit berkurang.

Kamu bisa menggunakan kandungan ini pagi dan malam hari. Hebatnya lagi, kandungan ini aman untuk digunakan dengan kandungan apa saja. Jadi, kamu bisa kombinasikan dengan kandungan lain.

2. Niacinamide

Niacinamide temasuk bahan aktif yang banyak terkandung dalam pelembap dan serum. Dengan penggunaan secara rutin, niacinamide bisa mengurangi sebum dan minyak pada wajah. Kandungan ini mampu mengatur kadar sebum, mengecilkan pori-pori, dan meningkatkan elastisitas serta ketahanan kulit.

Sebaiknya kamu menggunakan produk dengan kandungan ini di malam hari saja. Selain itu, jangan gunakan kandungan ini bersama dengan Vitamin C.

Baca Juga : Niacinamide Bisa Digunakan Bersama dengan Salicylic Acid Tidak Sih?

3. Vitamin C

Kandungan yang satu ini sudah sangat terkenal dan banyak digunakan. Vitamin C adalah zat antioksidan yang sangat kuat dan dapat melawan radikal bebas yang merusak kulit sekaligus jerawat. Kandungan ini berfungsi mengurangi radang pada jerawat, memudarkan noda hitam, mengatasi hiperpigmentasi, dan memudarkan noda bekas jerawat.

Kandungan ini bisa digunakan pagi dan malam hari. Namun, jangan gunakan vitamin C bersamaan dengan Niacinamide karena bisa menyebabkan iritasi.

4. AHA (Alpha Hydroxy Acid)

AHA bekerja dengan membantu proses regenerasi kulit. Kandungan ini akan membantu pengelupasan lapisan kulit terluar untuk menghilangkan sel kulit mati dan kulit kusam, hasilnya kulit terlihat lebih halus dan muda. Jenis AHA yang sering digunakan adalah lactic acid, glycolic acid, dan mandelic acid.

AHA ini berfungsi mengurangi efek buruk pada kulit yang ditimbulkan oleh sinar UV dan proses penuaan. Selain itu, kandungan ini juga mampu mempercepat proses regenerasi kulit, memudarkan noda hitam dan hiperpigmentasi, dan mencerahkan kulit.

Kandungan ini wajib kamu gunakan di malam hari saja dan jangan digabung bersama kandungan zat asam lainnya. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen di pagi harinya.

Baca Juga : Apakah Vitamin C Bisa Digunakan Bersama Niacinamide? Simak Penjelasannya Di Sini

5. Salicylic Acid

Salicylic acid ini berfungsi untuk membersihkan kotoran yang tersumbat di pori-pori dan meredakan peradangan. Kandungan ini juga dapat menghilangkan sel kulit mati sehingga dapat mencerahkan kulit. Untuk lebih detailnya, kandungan ini mampu membersihkan dan mengecilkan pori-pori kulit, mengurangi jerawat, mempercepat regenerasi sel kulit, dan membunuh kuman sekaligus bakteri.

Kandungan ini wajib digunakan pada malam hari saja karena kulit akan menjadi lebih sensitif setelah penggunaannya. Jangan campurkan dengan kandungan zat asam lainnya. Selain itu, kamu wajib menggunakan sunscreen di pagi hari.

6. Panthenol (Vitamin B5)

Kandungan ini berfungsi sebagai pelembap tetapi panthenol juga bisa memperbaiki kulit dan meningkatkan ketahanan kulit. Panthenol baik untuk digunakan pada kulit berminyak dan dehidrasi terutama jika dikombinasikan dengan BHA. Untuk lebih detailnya panthenol berfungsi menjaga kadar air pada kulit, meningkatkan ketahanan kulit, dan membuat kulit lebih kenyal dan cerah.

Panthenol ini bisa digunakan pada pagi dan malam hari jadi kamu tidak perlu khawatir. Selain itu, kandungan ini juga aman untuk digunakan bersama dengan kandungan lain.

Baca Juga : Kandungan Azeclair dalam Your Skin Bae yang Ampuh untuk Mengatasi Jerawat

7. Azelaic Acid (Azeclair)

Azelaic acid adalah zat senyawa organik yang terkandung dalam gandum, gandum hitam, dan barley. Azelaic ini dapat mengatasi jerawat dengan lebih lembut jika dibandingkan dengan retinoid dan benzoyl peroxide. Untuk lebih detailnya, kandungan ini mampu mengatasi kulit sensitif, mengatasi jerawat yang disebabkan oleh bakteri dan jamur, mempercepat regenerasi kulit, mengatasi radang dan membunuh bakteri, serta mencerahkan kulit.

Kandungan azelaic acid memang belum diizinkan oleh BPOM tetapi kamu bisa menggunakan turunannya yakni Azeclair yang aman dan sudah disetujui BPOM. Kandungan ini bisa digunakan pada malam hari dan tidak digabungkan dengan kandungan asam lainnya.

Beberapa kandungan aktif di atas itu bisa kamu temukan dalam rangkaian produk Avoskin. Tidak perlu bingung lagi mencari produk skincare, karena kamu bisa sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu. Kamu pilih kandungan yang mana nih?

Last Updated on August 4, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *