Retinol dan Niacinamide Boleh Digunakan Bersamaan Tidak Sih?

0
Diunggah 18 May 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Retinol dan Niacinamide Boleh Digunakan Bersamaan Tidak Sih?

Retinol dan niacinamide sedang tren di dunia kecantikan. Sebenarnya kedua kandungan ini boleh digunakan bersamaan atau tidak sih?

Retinol dan niacinamide merupakan bahan aktif yang banyak digunakan pada produk perawatan kulit. Kemungkinan kamu menggunakan salah satu dari kedua bahan aktif ini sehingga bingung apakah niacinamide dan retinol boleh digunakan bersamaan atau tidak. Bahkan, bertanya-tanya jika menggunakan kedua bahan ini akan lebih efektif. Untuk lebih lengkapnya, kita bahas di bawah ya!

Baca Juga : Hati-Hati! Ini Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan Agar Terhindar dari Iritasi Kulit

Apa itu Niacinamide?

Niacinamide atau nicotinamide adalah bentuk dari vitamin B3 (niasin) yang larut dalam air. Niacinamide ini membantu memperbaiki DNA yang rusak dan mengontrol proses peradangan dalam tubuh, hal ini membantu meredakan iritasi atau kemerahan pada kulit.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa niacinamide dapat mengurangi aktivitas sel yang menghasilkan minyak hasil kelenjar sebasea. Hal ini tentu saja dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Bercak kehitaman seperti flek di wajah dapat memudar karena zat aktif dapat menghambat enzim dalam produksi melanin.

Retinol dan Niacinamide

Apa itu Retinol?

Sedangkan retinol adalah turunan vitamin A yang membantu merangsang regenerasi sel kulit. Proses pergantian sel yang meningkat dapat memperbaiki penampilan kulit, menyembuhkan dan mencegah jerawat, dan memudarkan bintik hitam pada kulit.

Selain itu, retinol juga memiliki kemampuan untuk menghambat enzim yang menghancurkan kolagen, bahkan meningkatkan proses sintesis kolagen.

Proses sintesis kolagen ini sangat disukai untuk mencegah atau meminimalkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus pada wajah. Namun, kamu harus berhati-hati saat menggunakan produk dengan kandungan retinol, karena retinol dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi, kemerahan, kulit terasa kering bahkan terkelupas, hingga sensasi perih seperti terbakar.

Retinol dan Niacinamide Aman Dipakai Bersamaan Jika Terdapat dalam Satu Produk

Retinol dan niacinamide aman digunakan jika kedua kandungan ini terdapat dalam satu produk. Misalkan serum dengan kandungan aktif niacinamide dan retinol, adalah aman kamu gunakan dari sisi kedua kandungan itu.

retinol dan niacinamide

Beberapa pabrik juga mengeluarkan produk yang sudah menggabungkan dua kandungan ini dalam satu kemasan. Jadi, retinol boleh dicampur dengan niacinamide lalu dipakai dalam 1 produk ya!

Manfaat Retinol dan Niacinamide Dicampur Secara Bersamaan

Menggunakan niacinamide dan retinol bersamaan dapat memberikan beberapa manfaat untuk kulit, yang salah satunya adalah mengatasi jerawat pada wajah dengan menggabungkan niacinamide dan retinol. Manfaat lain dari penggunaan kedua bahan aktif ini adalah sebagai berikut:

  • Mengatasi jerawat
  • Mengurangi tanda penuaan (garis halus)
  • Meratakan warna kulit, dan
  • Mengurangi noda hitam atau kemerahan.

Niacinamide Meringankan Efek Samping Retinol

Kabar baiknya, efek samping iritasi/kering yang ditimbulkan oleh retinol dapat berkurang jika digabungkan dengan niacinamide. Jadi kombinasi zat aktif antara niacinamide dan retinol ini memang aman serta dinilai memberi banyak manfaat untuk sebagian besar jenis kulit.

Baca Juga: Cari Tau di Sini Skincare yang Mengandung Retinol dan Niacinamide yang Bisa Kamu Gunakan

Anjuran Mencampur Retinol dan Niacinamide jika Dipakai dari Produk yang Berbeda

Jika kamu menggunakan bahan aktif ini dalam produk terpisah, sebaiknya menggunakan niacinamide terlebih dulu kemudian dilanjutkan dengan retinol.

Hal ini untuk membuat niacinamide melindungi kulit dari efek samping retinol. Namun, untuk hasil terbaik kamu bisa ikuti petunjuk produk atau ikuti saran dokter pilihanmu.

Last Updated on June 07, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 18 May 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya