5 Manfaat Niacinamide untuk Wajah dan Efek Sampingnya

0
Diunggah 21 February 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

5 Manfaat Niacinamide untuk Wajah dan Efek Sampingnya

Niacinamide sudah sering digunakan dalam produk skincare. Nah, ini beberapa manfaat niacinamide untuk kulit wajah yang akan kamu dapatkan!

Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 atau niacin yang dapat larut dalam air sehingga mudah diserap oleh tubuh dan kulit. Zat niacinamide juga sering disebut nicotinamide. Bahan ini menjadi salah satu kandungan perawatan kulit atau skincare yang sering digunakan beberapa waktu kebelakang.

Baca Juga : Salicylic Acid untuk Kulit Berjerawat Cocok Nggak Sih? Apa Saja Manfaat Hingga Efek Sampingnya?

Niacinamide dipercaya mampu mengatasi jerawat, mengurangi garis halus, dan mengecilkan pori-pori. Jenis kulit yang cocok untuk memakai niacinamide adalah semua jenis atau tipe kulit terutama bagi kamu yang memiliki eczema.

Zat ini secara alami ada pada berbagai makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, daging, ikan, telur, susu, dan ragi. Berikut ini ada beberapa manfaat niacinamide dalam perawatan kulit dan wajah.

Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Selain ada dalam makanan, niacinamide juga bisa kamu temukan dalam produk perawatan kulit seperti serum, toner, pelembap, atau masker. Berikut ini beberapa manfaat niacinamide untuk wajah

1. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Kandungan ini bisa melindungi kulit dari radikal bebas, sinar ultraviolet, polusi, dan zat berbahaya yang menjadi salah satu manfaat niacinamide. Selain itu, niacinamide juga memiliki efek antioksidan yang dapat memperbaiki DNA yang rusak.

2. Mengatasi Jerawat

Niacinamide juga dapat dipakai oleh kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat. Mengoleskan krim dengan kandungan niacinamide ke wajah bisa mengatasi jerawat termasuk jerawat parah seperti pustula dan papula. Zat ini bisa memperbaiki kondisi kulit wajah bruntusan jika digunakan secara rutin. Selain jerawat, niacinamide juga bisa mengobati gangguan kulit lain seperti rosacea dan eksim.

Baca Juga : Retinol dan Niacinamide Boleh Digunakan Bersamaan Tidak Sih?

3. Mengurangi Garis Halus

Jika wajahmu mulai muncul keriput dan garis halus, kamu bisa coba gunakan produk perawatan wajah dengan kandungan niacinamide. Penggunaan produk perawatan wajah dengan kandungan niacinamide sebanyak 5% bisa mengurangi tanda penuaan termasuk garis halus dan keriput. Niacinamide ini juga baik digunakan sebagai pelembap untuk kulit kering.

4. Mengendalikan Minyak pada Wajah

Kandungan ini bisa mengendalikan produksi minyak sekaligus mengecilkan pori-pori. Pori-pori pada kulit wajah berminyak biasanya terlihat lebih besar. Niacinamide ini bisa mengecilkan pori dengan cara mengendalikan produksi minyak yang berlebihan disebabkan oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah.

5. Menghilangkan Noda Hitam dan Hiperpigmentasi

Ketika kamu rajin menggunakan skincare dengan kandungan 5% niacinamide selama 4 minggu, kulitmu akan lebih cerah dan noda hitam semakin memudar. Bukan dalam arti memutihkan, namun niacinamide dapat mencerahkan wajah. Selain itu warna kulit akan lebih merata dan nampak cerah karena niacinamide juga dapat mengurangi hiperpigmentasi.

Baca Juga :

Efek Samping Niacinamide

Selain memiliki manfaat, niacinamide juga memiliki efek samping terutama bagi kamu yang berkulit sensitif. Berikut adalah efek samping niacinamide pada kulit :

  • Kemerahan ringan
  • Gatal
  • Timbulnya sensasi terbakar

Untuk mencegah dan menghindari efek samping niacinamide ini dianjurkan pada pemakaian produk pertama kali agar mengaplikasikannya sedikit saja pada kulit wajah dekat telinga.

Memilih Produk dengan Kandungan Niacinamide

Beberapa produk perawatan kulit akan menuliskan niacinamide sebagai niacin atau nicotinamide. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat niacinamide seperti mengatasi noda hitam, kamu bisa memilih produk skincare dengan kandungan niacinamide 5%. Biasanya kandungan niacinamide dapat dipakai ketika pagi hari, jika merupakan serum seperti Avoskin Your Skin Bae Niacinamide maka dapat digunakan juga saat malam hari sebelum tidur ya.

Baca Juga : Kandungan Niacinamide Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Saja Sih?

Kamu juga bisa menggunakan kandungan niacinamide 2% jika memiliki kulit yang sensitif. Kandungan niacinamide yang rendah ini sudah bisa mengatasi masalah kulit seperti eksim. Namun, kamu tidak bisa bergantung pada satu kandungan ini saja. Kamu juga perlu mempraktikkan beberapa cara lain agar kulit lebih sehat dan bebas dari masalah kulit seperti ini:

1. Mengaplikasikan tabir surya secara rutin terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

2. Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup.

3. Mencuri wajah setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

4. Menggunakan produk perawatan sesuai jeni kulit.

5. Konsumsi makanan yang bergizi.

Kamu bisa mengandalkan niacinamide untuk mengatasi beragam masalah kulit. Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakan produk dengan kandungan ini ya!

Last Updated on June 06, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 21 February 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya