8 Cara Mudah Merapikan Alis Sendiri di Rumah

0
Diunggah 26 February 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

8 Cara Mudah Merapikan Alis Sendiri di Rumah

Merapikan alis sendiri kelihatannya susah bukan? Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada cara mudah merapikan alis sendiri di rumah. Simak yuk!

Bagi wanita, alis adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dibentuk karena alis dapat membingkai wajah secara keseluruhan. Maka tak heran banyak wanita rela bersusah payah untuk merapikan alis agar selalu tampil cantik. Ada banyak cara untuk merapikan alis yang bisa kamu lakukan antara lain dengan mencabut alis, mencukur alis, waxing, atau threading alis. Banyak cara merapikan alis yang bisa kamu lakukan, tapi cara itu mengharuskan kamu untuk mengunjungi salon. Nah, kalau kamu tidak ingin repot ke salon ternyata ada cara yang lebih mudah bisa kamu lakukan di rumah. Berikut adalah cara merapikan alis sendiri yang dapat Kamu ikuti!

Baca Juga : Kenali Apa Saja Perawatan Rambut yang Justru Membuat Rambut Rusak

1. Bersihkan Kulit Terlebih Dahulu

Sangat penting untuk membersihkan kulit terutama di area sekitar alis sebelum mencabut alis. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya iritasi bakteri yang mungkin saya ada di kulit wajah terutama daerah alis. Selain itu dengan membersihkan wajah dengan face wash terlebih dahulu, akan membuat kandungan minyak di wajah berkurang dan memudahkan wax menempel pada kulit (apabila kamu menggunakan metode waxing).

2. Selalu Lembabkan Kulit Sekitar Alis

Proses merapikan alis dengan cara mencabutnya berarti merupakan proses perontokan rambut secara paksa dan tidak natural. Akibatnya kulit mengalami trauma yang ditandai dengan rasa perih dan nampak kemerahan.

Penting untuk mengaplikasikan pelembab di area kulit pada alis agar ketika dicabut rambut alisnya, kulit tidak mengalami trauma separah apabila tidak diaplikasikan pelembab terlebih dahulu.

Kamu bisa memakai produk hydrating yang kamu miliki untuk diaplikasikan ke area kulit alis tersebut.

3. Pakai Tweezer yang Tepat

Jika alis kamu memiliki rambut-rambut kecil, sebaiknya kamu gunakan tweezer karena alat ini mampu menjangkau dengan presis yang tepat. Gunakan tweezer dengan ujung yang tajam dan miring karena tweezer ini akan lebih mudah untuk mencabut rambut secara cepat tanpa kulit tercubit.

4. Cabut Alis Setelah Mandi

Air hangat ketika mandi akan membuka folikel dan melembutkan rambut alis sehingga kamu bisa mencabut alis dengan lebih mudah. Jadi, pastikan mulai sekarang kamu mencabut alis setelah mandi agar lebih mudah dan tidak sakit.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Membuat Pipi Menjadi Tirus

5. Ketahui Bentuk-Bentuk Alis

Sebelum kamu mencabut rambut alis di wajahmu, sebaiknya kamu harus mengetahui tipe alis yang kamu inginkan dan ketebalan alismu. Jika kamu memiliki dahi yang kecil, sebaiknya kamu mencabut alis bagian atas untuk memberikan jarak di antara bagian alis dan dahi sehingga wajah akan tampak lebih besar dan menyeimbangkan alis dan wajah. Bagi kamu yang memiliki dahi lebar, mencabut rambut alis pada bagian atas tidak berpengaruh. Biarkan rambut alis bagian atas sebanyak mungkin agar bisa memberi jarak di antara bagian atas alis dan atas dahi.

Mengetahui bentuk alis selain alis yang kamu inginkan, juga wajib kamu ketahui bentuk alis naturalmu. Walaupun kamu ingin memperbaiki bentuk alis agar nampak lebih baik, namun jangan terlalu berbeda dari bentuk alis aslimu agar kesan natural masih dapat terlihat.

6. Hindari Kaca Pembesar

Mungkin kamu suka menggunakan kaca pembesar saat menata alis agar saat mencabut alis lebih mudah. Namun, akan lebih baik jika kamu menggunakan kaca biasa dalam ruangan yang memiliki pencahayaan pas. Setelah beberapa kali mencabut alis, coba berkaca secara keseluruhan untuk melihat penampilan alis.

7. Perhatikan Lengkungan Alis

Untuk mengetahui posisi lengkungan alis pada wajahmu, pegang pensil alis sebagai panduan karena alis kamu seharusnya berada tepat di atas kelenjar air mata. Kamu bisa menggunakan tweezer untuk hal ini, balik tweezer kamu dan tahan di wajah lalu letakkan di bagian luar hidung di antara mata. Posisi alis seharusnya segaris dengan garis luar hidung. Nah, tandai bagian tersebut dan mulai dari sana untuk merapikan alis.

Baca Juga : Kenali 5 Bahan yang Membantu Merawat Kaki Kering dan Kusam

8. Waxing : Cara Merapikan Alis yang Tebal dan Berantakan dengan Cepat

Selain menggunakan metode tweezing atau mencabut alis satu helai demi satu helai, kamu bisa merapikan alis yang tebal dan berantakan dengan cepat apabila menggunakan waxing. Kebayang bukan apabila kamu harus mencabut alis tebal satu demi satu helai pasti akan memakan waktu yang lama.

  1. Untuk melakukan waxing, kamu juga tetap harus memberikan kelembaban terlebih dahulu pada kulit di area alis ya.
  2. Setelah melembabkan kulis dengan produk hydrating yang kamu miliki, jangan lupa untuk mengaplikasikan bedak pada area alis secara tipis-tipis saja. Fungsi dari step ini yaitu membantu wax menempel sempurna pada bagian alis yang akan kamu hilangkan.
  3. Setelah itu kamu bisa mengaplikasikan wax sesuai dengan bentuk alis yang kamu inginkan.
  4. Wax yang dapat kamu gunakan untuk merapikan atau mencabut alis adalah sejenis sugar wax.
  5. Kemudian setelah alis sudah selesai kamu rapikan, jangan lupa aplikasikan pelembab lagi agar kulit tidak iritasi dan membantu menenangkan kulit area alis tadi ya!

Last Updated on March 15, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 26 February 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya