Ternyata 7 Makanan Berlemak Ini Baik untuk Dikonsumsi

0
Diunggah 28 February 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Ternyata 7 Makanan Berlemak Ini Baik untuk Dikonsumsi

Mendengar makanan berlemak biasanya langsung berpikiran untuk dihindari. Namun, ada beberapa makanan berlemak yang baik untuk dikonsumsi. Apa saja sih?

Biasanya makan berlemak menjadi salah satu hal yang dihindari oleh banyak orang terutama wanita. Padahal, tidak selamanya lemak itu buruk. Ada juga makanan yang mengandung lemak baik yang memberi manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan fungsi otak dan menurunkan risiko penyakit jantung. Jadi, apa saja sih makanan berlemak yang baik untuk dikonsumsi itu? Simak yuk!

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak menyehatkan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol. Kandungan antioksidan yang tinggi pada zaitun dapat membantu meredakan inflamasi. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun ketika memasak atau sebagai dressing salad.

2. Alpukat

Buah hijau yang satu ini terkenal dengan kandungan lemak baiknya. Selain baik untuk jantung, kandungan lemak dalam alpukat ini juga dapat membantu meringankan gejala osteoarthritis atau peradangan sendi. Kalau kamu mengonsumsi alpukat bersamaan dengan makanan lain maka akan membantu penyerapan nutrisi lebih baik.

3. Kacang-Kacangan

Kacang mengandung lemak, vitamin E, magnesium, serat, dan protein nabati yang dibutuhkan oleh tubuh. Orang yang rutin mengonsumsi kacang cenderung lebih sehat dan memiliki risiko diabetes dan penyakit jantung lebih rendah. Pastikan untuk memilih kacang yang diolah dengan sedikit garam, gula, dan tanpa minyak tambahan. Namun, sebaiknya batasi juga konsumsinya sekitar 30gram per hari.

4. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung berbagai zat mineral yang baik bagi tubuh seperti zat besi, magnesium, mangan, dan tembaga. Selain kaya akan antioksidan, mengonsumsi cokelat hitam juga dapat meningkatkan fungsi otak, menurunkan risiko penyakit jantung dan menangkal dampak buruk sinar matahari.

Baca Juga : Dikenal Sebagai Makanan Wajib Korea, Ternyata Ini 5 Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

5. Keju

Keju mengandung banyak vitamin yakni kalsium, B12, fosform dan selenium. Asam lemak yang terdapat dalam keju juga membantu untuk menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

6. Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik dan berfungsi memberikan energi bagi tubuh. Kandungan vitamin serta asam folat yang terdapat dalam terlur juga sangat menyehatkan bagi tubuh. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan telur sebagai menu sarapan atau pelengkap makanan favoritmu.

7. Ikan

Ikan salmon, tuna, dan makarel memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan jantung, omega 3 dan juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak. Jadi, kamu bisa masukkan ikan salmon dalam menu makananmu paling tidak dua kali dalam seminggu.

Last Updated on March 01, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 28 February 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya