Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan

0
Diunggah 15 October 2021

Malwa

Copy Writer
0
LikeBody Fit

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan

Saat musim hujan datang kamu merasa lebih mudah sakit? Berikut ini tips agar kamu dapat menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan tiba!

Ketika musim hujan datang banyak perubahan dan penyesuaian yang terjadi di dalam tubuh kita. Karena peralihan musim dan udara yang cenderung berubah lebih dingin, sistem kekebalan memberikan respon sehingga tubuh menjadi lebih rentan. Karena imun tubuh yang menurun membuat virus dan bakteri dapat dengan mudah masuk sehingga penyakit juga dengan mudah datang. Namun, tenang saja kamu bisa kok menjaga kesehatan tubuh ketika musim hujan datang dengan beberapa tips di bawah ini!

1.ย Rutin Konsumsi Vitamin

Mengonsumsi vitamin menjadi salah satu kuncian untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin sendiri dapat membantu dalam memberikan nutrisi ke dalam tubuh sehingga sistem imun dapat bekerja dengan lebih maksimal. Beberapa vitamin seperti Vitamin B12, Vitamin B6, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, dan Vitamin B1 bisa menjadi pilihan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin sendiri dapat ditemukan dalam bentuk pil yang dijual secara bebas di apotik atau kamu juga bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan vitamin tersebut seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, ikan, dan lain sebagainya. Walaupun memang banyak jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh, bukan berarti kamu harus mengkonsumsi semua vitamin dalam satu waktu secara bersamaan. Yang terpenting kamu harus konsisten dan rutin untuk mengonsumsi vitamin yang benar-benar dibutuhkan agar imun tubuh tetap terjaga.ย ย 

2. Lakukan Olahraga yang Kamu Suka

Selain mengonsumsi vitamin, kamu juga harus menyeimbanginya dengan tetap berolahraga. Satu hal yang menghambat saat musim hujan datang adalah kita tidak bisa melakukan olahraga di tempat terbuka. Tapiย  bukan berarti tidak ada olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah atau ruangan. Yoga, pilates, zumba, boxing, skipping, dan jogging dengan treadmill bisa menjadi pilihan olahraga saat musim hujan tiba. Dilakukan di dalam ruangan dengan alat yang minimalis menjadikan beberapa olahraga tersebut sangat mudah untuk dilakukan.ย ย 

Walaupun saat musim hujan kita tidak bisa berolahraga di luar ruangan masih banyak sekali kan pilihan olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Tinggal sesuaikan waktu dan jenis olahraga yang kamu sukai. Jadi, tidak ada alasan lagi deh untuk malas berolahraga saat musim hujan tiba.

Baca juga : 5 CARA MEMBUAT TUBUH TETAP TERHIDRASI SELAIN MINUM AIR

3.ย Atur Pola Makan

Satu hal penting lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mempunyai pola makan yang baik. Terkadang kita sibuk beraktivitas sehingga lupa untuk mengonsumsi makanan yang kaya gizi. Apalagi saat musim hujan tiba, biasanya akan lebih malas untuk bergerak dan memilih untuk bersantai di atas kasur. Kebiasaan ini tentunya tidak bagus untuk tubuh dan akan mempengaruhi kesehatan.

Mulailah untuk tidak melupakan waktu sarapan agar kamu bisa beraktivitas seharian, apalagi dengan cuaca yang kurang baik. Konsumsi cukup air putih agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Selain itu jangan lupa untuk memberikan nutrisi yang baik pada tubuh dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur. Kurangi tuhorder makanan instanatau junk food yang tidak memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.

Semakin siap untuk menyambut datangnya musim hujan kan? Semoga tips-tips ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan tentunya kamu dapat terhindar dari penyakit saat musim hujan tiba.ย 

Last Updated on October 15, 2021

Ditulis Oleh

Malwa

Copy WriterDiunggah 15 October 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya