6 Kandungan yang Tidak Boleh Dicampur dengan Niacinamide

0
Diunggah 18 October 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeAHA BHA PHA

6 Kandungan yang Tidak Boleh Dicampur dengan Niacinamide

Sahabat AVO, ada beberapa kandungan yang tidak boleh dicampur dengan niacinamide, loh! Apa saja sih?

Sebagai salah satu bentuk vitamin B3, kandungan niacinamide memberi banyak manfaat dalam perawatan kulit dan wajah, walaupun demikian beberapa kandungan tidak boleh dicampur dengan niacinamide. Yuk, simak apa saja kandungan yang boleh digabung dan tidak boleh digabung dengan Niacinamide?

Niacinamide Tidak Boleh Digabung dengan Kandungan Apa Saja?

Beberapa kandungan di bawah ini sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan niacinamide:

1. Vitamin C

Niacinamide tidak boleh digabung dengan kandungan vitamin C. Ini karena penggabungan kedua komponen ini secara bersamaan dapat merusak rantai Vitamin C sehingga kulit menjadi kemerahan dan memicu breakout.

Karena Niacinamide dan vitamin C adalah kandungan skincare yang tidak boleh dicampur atau digunakan bersamaan, coba lebih berhati-hati ya dalam mengaplikasikan layering skincare supaya tidak menyebabkan iritasi.

Baca Juga : Apakah Aman Menggunakan Retinol dan Naicaninamide Secara Bersamaan?

2. Centella Asiatica

Centella asiatica memiliki kandungan yang tidak boleh digabung dengan niacinamide. Kandungan tersebut adalah saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid. Mencampur kandungan niacinamide dan bahan yang terkandung pada centella asiatica dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit.

Niacinamide tidak boleh digabung dengan apa?
Niacinamide tidak boleh digabung dengan centella asiatica

Dari hal diatas, sebaiknya niacinamide tidak boleh digabung dengan centella asiatica karena bisa meningkatkan resiko efek samping iritasi kulit.

3. AHA/BHA

Selanjutnya, niacinamide tidak boleh dicampur dengan kandungan AHA BHA. Jika niacinamide digunakan bersamaan dengan AHA, akan memproduksi asam nikotinat. Asam nikotinat ini bisa mengiritasi kulit.

Selain AHA, Niacinamide juga tidak boleh digunakan bersamaan dengan BHA. Hal ini akan mengurangi kinerja kandungan AHA/BHA yang bersifat asam. Akibatnya, hasil eksfoliasi dari senyawa AHA dan BHA tidak berjalan optimal serta kulit menjadi iritasi.

Maka dari itu penggunaan niacinamide paling efektif saat kulit memiliki keseimbangan pH yang netral. Jika kamu pernah bertanya-tanya apakah AHA BHA boleh dicampur dengan niacinamide, maka jawabannya adalah AHA BHA tidak boleh dicampur dengan niacinamide.

Niacinamide tidak boleh dicampur dengan AHA/BHA

Baca Juga: Mengenal Kandungan Niacinamide, Apa Saja Manfaatnya?

Niacinamide Boleh Digabung dengan Kandungan Apa Saja?

Meskipun ada beberapa kandungan yang tidak boleh dicampur dengan Niacinamide, kamu tetap bisa menggunakan kandungan ini dengan beberapa kandungan lainnya. Niacinamide boleh digabung dengan beberapa kandungan berikut :

1. Salicylic Acid

Salicylic acid dengan niacinamide dibolehkan untuk digunakan bersamaan karena niacinamide dan salicylic acid dapat mengurangi sebum pada wajah dengan mekanisme yang berbeda.

Jika salicylic acid mengurangi sebum dari dalam pori-pori kulit, makan niacinamide mengurangi sebum dan minyak pada permukaan kulit. Jadi, apabila kamu bertanya apakah salicylic acid boleh dicampur dengan niacinamide? Ya, salicylic acid boleh dicampur dengan niacinamide.

Salicylic acid plus niacinamide yang digabung akan memberi efek yang lebih kuat tanpa meningkatkan risiko iritasi kulit.

2. Hyaluronic Acid

Niacinamide boleh digabung dengan hyaluronic acid. Efek niacinamide yang bisa mengatasi minyak berlebih akan diimbangi dengan hyaluronic yang menghidrasi kulit. Hasilnya, kulit akan lebih cerah dan kelembapan kulit terjaga tanpa berminyak.

Kalau kamu ingin menggunakan dua produk serum dengan kandungan ini, pakai hyaluronic acid lebih dulu untuk melembapkan kulit lalu lanjutkan dengan serum niacinamide. Kedua ini bisa digunakan bersamaan atau terpisah pagi dan malam.

Pemilik kulit kombinasi juga bisa menggunakan kombinasi kedua kandungan ini dengan memakai serum niacinamide pada bagian yang berminyak seperti area T dan dagu, lalu hyaluronic acid di bagian wajah lainnya.

Kombinasi niacinamide dan hyaluronic acid bekerja sangat baik saat digunakan pada kulit kering, kulit berminyak, atau kulit yang mengalami dehidrasi.

3. Retinol

Retinol dan niacinamide aman digabungkan jika kandungan retinol dan niacinamide terdapat pada satu produk. Misalkan serum yang mengandung bahan aktif retinol dan niacinamide pada satu formula yang sama itu aman kamu gunakan.

Selain itu efek samping iritasi/kering yang ditimbulkan oleh retinol dapat berkurang jika digabungkan dengan niacinamide. Ini menambah nilai plus kombinasi zat aktif antara retinol dan niacinamide.

Namun, jika kamu menggunakan bahan aktif ini dalam produk terpisah, sebaiknya menggunakan niacinamide terlebih dulu kemudian dilanjutkan dengan retinol. Hal ini untuk membuat niacinamide melindungi kulit dari efek samping retinol. Namun, untuk hasil terbaik kamu bisa ikuti petunjuk produk atau ikuti saran dokter pilihanmu.

niacinamide bisa digabung dengan retinol
Niacinamide boleh digabung dengan retinol jika kedua kandungan tersebut ada dalam satu produk

Beberapa perusahaan skincare telah mengeluarkan produk yang menggabungkan retinol dan niacinamide dalam satu kemasan. Termasuk Avoskin dengan Miraculous Retinol Ampoule. Kamu pun bisa mendapatkan solusi optimal untuk mengatasi kerutan dan mencerahkan wajah dari dalam.

Itu penjelasan singkat seputar kandungan niacinamide dan kandungan lainnya. Mulai sekarang perhatikan kandungan skincaremu ya! Jangan sampai salah menggabungkan produk skincare dan menyebabkan iritasi.

Baca Juga: Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Last Updated on December 06, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 18 October 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya