Dikenal Sebagai Makanan Wajib Korea, Ternyata Ini 5 Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

0
Diunggah 27 November 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Dikenal Sebagai Makanan Wajib Korea, Ternyata Ini 5 Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

Kimchi memang sudah tidak asing untuk kebanyakan orang. Siapa sangka ternyata ini manfaat kimchi bagi kesehatan.

Pecinta masakan Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, kimchi makanan yang terbuat dari sayuran fermentasi. Umumnya, kimchi dibuat dari lobak atau sawi putih yang dicampur dengan bumbu seperti garam, cuka, bawang putih, cabai rawit, dan rempah-rempah lainnya. Setelah dicampurkan, bahan-bahan itu difermentasi dalam toples tertutup rapat. Biasanya makanan ini disajikan sebagai makanan pelengkap dalam hidangan Korea. Nah, kimchi disebut memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Lalu, apa saja sih manfaat kimchi ini?

1. Mencegah Kanker Lambung

Kimchi bisa membantu mencegah kanker lambung. Penelitian dari Chungnam National University menyebutkan bahwa kol dan lobak yang dibuat menjadi kimchi mengandung bio-kimia, seperti isosianat dan sulfida. Kandungan ini dapat membantu tubuh dalam proses detoksifikasi logam berat yang ditemukan di hati, usus kecil, dan ginjal. Nah, kamu akan terhindar dari kanker lambung dan usus.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan bakteri lactobacillus pada kimchi dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan usus. Karena terbuat dari sayuran, makanan ini mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk saluran pencernaan sehingga membantu mencegah sembelit. Asam laktat yang ada dalam kimchi memiliki sifat anti inflamasi dan membantu mengurangi gejala peradangan yang terjadi pada tubuh.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung yang banyak terjadi adalah jantung koroner yang disebabkan oleh tumpukan kolesterol jahat dalam darah. Kimchi dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Kimchi ini dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL, sehingga risiko gangguan jantung dan stroke bisa berkurang.

Baca Juga : Makanan Kaya Vitamin D yang Bagus untuk Menjaga Imunitas Kamu

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dan A pada kimchi memiliki sifat antioksidan. Kandungan ini dipercaya dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kimchi juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas, sehingga membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Di lansir dari Detik.com, 100 gram kimchi bisa memenuhi 18 persen kebutuhan vitamin A per harinya. Vitamin A ini berfungsi sebagai antioksidan, perkembangan tubuh, dan menjaga kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi kimchi, kamu dapat mengurangi risiko gangguan mata seperti rabun jauh. ย ย ย 

Last Updated on November 29, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 27 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya