Makanan Kaya Vitamin D yang Bagus untuk Menjaga Imunitas Kamu

0
Diunggah 09 November 2021

Malwa

Copy Writer
0
LikeLifestyle

Makanan Kaya Vitamin D yang Bagus untuk Menjaga Imunitas Kamu

Ternyata mudah loh untuk menjaga imunitas tubuh kamu, coba deh mulai konsumsi makanan yang mengandung vitamin D dibawah ini!

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Dikenal sebagai vitamin yang dapat menjaga daya tahan tubuh, ternyata untuk memenuhi asupan vitamin ini sangat mudah loh. Beberapa makanan dibawah ini kaya sekali akan kandungan vitamin D yang bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh kamu. Kira-kira apa saja ya?  

1. Berbagai Jenis Ikan

Ikan menjadi salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin D. Banyak pilihan ikan yang bisa dikonsumsi, mulai dari ikan salmon, ikan herring, sarden, ikan halibut, ikan makarel dan ikan tuna. Ikan memang dikenal memiliki sumber vitamin D yang sangat kaya. Kamu bisa mengonsumsinya dengan metode memasak yang kamu sukai, bisa dengan direbus, digoreng, atau dimakan mentah seperti sashimi.

2. Kuning Telur

Kalau di dalam putih telur banyak mengandung protein, kuning telur menyimpan banyak kandungan baik seperti lemak, vitamin dan mineral. Salah satu vitamin yang terkandung dalam kuning telur adalah vitamin D. Tapi tak semua kuning telur memiliki kadar vitamin D yang sama. Paparan sinar matahari dan pakan ayam akan mempengaruhi jumlah dan kualitas vitamin D dalam kuning telur.

3. Jamur

Siapa disini yang suka sekali makan jamur sebagai hidangan utama? Ternyata jamur juga memiliki kandungan vitamin D yang tak kalah baik dengan makanan lainnya. Menariknya, jamur hanya menghasilkan vitamin D2 yang berbeda dengan produk hewani.

Baca Juga : KONSUMSI 7 JENIS SAYURAN INI UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN

4. Hati Sapi

Banyak yang mungkin bertanya, memang ‘jeroan’ sapi berbahaya gak sih untuk kesehatan? Faktanya, hati sapi menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi. Selain itu, hati sapi memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit dibandingkan bagian sapi lainnya.

5. Keju

Rasanya yang gurih dan bisa digunakan dalam berbagai jenis makanan, membuat keju menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan dan tentunya disukai oleh banyak orang. Dalam sebongkah keju menyimpan banyak kandungan baik untuk tubuh. Selain kandungan kalsium, keju juga kaya akan kandungan vitamin D. Kamu bisa mengkonsumsi keju jenis Mintina, Monterey, dan Muester yang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi.

6.  Oyster

Seafood yang dibandrol dengan harga yang cukup tinggi ini memang gak usah diragukan lagi deh manfaatnya untuk tubuh. Dengan mengonsumsi oyster sebanyak 86 gram, kamu telah memenuhi 68%  kebutuhan vitamin D harian yang diperlukan oleh tubuh. Selain, kandungan vitamin, oyster juga memiliki kandungan zinc yang cukup tinggi.

7. Makanan fortifikasi

Makanan fortifikasi sangat baik untuk orang-orang yang kekurangan nutrisi terkhusus anak-anak. Makanan fortifikasi sendiri adalah makanan yang diperkaya dengan beragam nutrisi yang sebelumnya tidak terkandung di dalamnya. Biasanya makanan ini akan mudah ditemukan pada produk susu dan biji-bijian. Walaupun beberapa orang masih ragu akan jenis makanan ini, tapi di Indonesia sendri makanan fortifikasi dapat membantu dalam mengatasi stunting dan kurang gizi pada anak. Makanan yang paling mudah untuk didapatkan adalah susu yang biasanya difortifikasi dengan vitamin D.

Ternyata banyak juga ya makanan yang kaya akan kandungan vitamin D mulai dari nabati hingga hewani. Dengan memiliki cukup vitamin khususnya vitamin D, niscaya daya tahan tubuh akan dengan mudah terjaga dan kamu akan terhindar dari bermacam penyakit!

Last Updated on November 14, 2021

Ditulis Oleh

Malwa

Copy WriterDiunggah 09 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya