Jangan Asal Pilih, Kulit Berminyak Butuh Pelembap yang Sesuai

0
Diunggah 03 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Jangan Asal Pilih, Kulit Berminyak Butuh Pelembap yang Sesuai

Siapa bilang kulit berminyak tidak butuh pelembap? Kamu juga butuh pelembab untuk kulit berminyak loh! Apa sih alasannya?

Banyak orang yang memiliki kulit berminyak sering merasa tidak membutuhkan pelembap. Ada banyak hal yang menjadi alasan seperti takut kulit akan lebih berminyak, kulit tidak kering, dan sebagainya. Kulit berminyak lebih banyak mengandung minyak alami sehingga membuat kulit tampak berkilau. Maka dari itu wajar jika kamu berpikir kulit tidak membutuhkan kelembapan ekstra. Namun, anggapan itu salah loh! Kamu tetap membutuhkan pelembab untuk kulit berminyak. Kenapa begitu sih?

Ketahui Jenis Kulit Berminyak

Untuk menentukan jenis perawatan kulit yang sesuai, kamu perlu mengetahui jenis kulit. Hal ini untuk menentukan produk apa yang digunakan, perawatan rutin seperti apa yang digunakan, serta tindakan pencegahan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini akan sangat bergantung pada jenis kulit. Gejala kulit berminyak yang sangat jelas adalah wajah mengilap. Ini terjadi karena kulit menghasilkan minyak lebih banyak daripada pemilik kulit kering. Tanda-tanda umum lainnya adalah sering berjerawat, pori-pori besar, dan komedo. Jika kulitmu memiliki tanda-tanda ini artinya kamu memiliki kulit berminyak.

Pilih Pelembap yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Jika kamu memiliki kulit berminyak dan akan menggunakan pelembap, kamu harus memahami fungsi pelembap yang akan digunakan lebih dulu. Pelembap adalah bahan perawatan kulit yang wajib digunakan dan tidak boleh dilewatkan. Fungsi utama pelembap adalah melembapkan kulit dan memberi perlindungan pada kulit wajah. Selain itu, pelembap juga membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit. Pelembap mengandung bahan dengan sifat emolien yang baik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan bergizi. Jadi, tidak masalah kulit berminyak menggunakan pelembap.

Baca Juga : Apakah Pria Perlu Menggunakan Pelembap Wajah? Ini Jawabannya!

Pelembap untuk Menyeimbangkan Produksi Minyak

Semua jenis kulit pasti membutuhkan pelembap. Kulit akan mengeluarkan minyak secara alami yang dikenal sebagai sebum. Namun, kulit berminyak akan memproduksi sebum lebih banyak. Hal lain yang perlu kamu ketahui juga adalah kulit akan menjadi berminyak seiring waktu, biasanya disebabkan oleh polusi dan perubahan hormon. Banyak orang yang berpikir bahwa membersihkan wajah secara menyeluruh adalah satu-satunya cara untuk mengatasi kulit berminyak, tapi cara seperti itu kurang tepat. Ketika kamu membersihkan kulit secara mendalam untuk menghilangkan minyak, kamu juga akan mengikis kelembapan kulit. Hal ini akan membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak untuk menyeimbangkan kelembapan dan membuat kondisi kulit menjadi lebih buruk. Nah, pelembap memberi nutrisi pada kulit dan membantu melawan masalah tersebut.

Pilih Kandungan Pelembap yang Sesuai

Di pasaran ada banyak pelembap yang beredar untuk jenis kulit, masalah kulit, dan cuaca yang berbeda, Nah, saat memilih pelembap untuk kulit berminyak, kamu perlu melihat lebih teliti bahan-bahan dalam produk. Kulit berminyak memilki pori-pori lebih besar jadi jangan sampai salah memilih produk karena bisa menyumbat pori-pori dan membuat kulit menjadi buruk.

Untuk mengatasinya, kamu perlu pelembap non-comedogenic yang tidak menyumbat pori-pori. Beberapa kandungan yang bisa kamu gunakan adalah glycerin, ekstrak alpukat, minyak jojoba, asam hialuronat, ekstrak lidah buaya, dan squalene. Krim dengan bentuk untuk kulit berminyak akan bekerja sangat baik. Selain ringan, gel juga mudah menyerap di kulit dan mampu mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah.

Penjelasan singkat seputar pelembap di atas wajib kamu ingat terus terutama bagi kamu pemilik kulit berminyak. Jangan anggap enteng penggunaan pelembap wajah lagi ya! Mulai rutin pakai pelembap dari sekarang.

Last Updated on December 04, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 03 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya