Inilah Yang Harus Kamu Lakukan Saat Jerawat Berdarah Tiba-Tiba

0
Diunggah 07 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Inilah Yang Harus Kamu Lakukan Saat Jerawat Berdarah Tiba-Tiba

Jerawat pecah dapat menimbulkan darah. Hati-hati! Jika penganannya salah, jerawat berdarah bisa menimbulkan infeksi di kulit.

Entah disengaja atau tidak, jerawat berdarah tentu akan mengganggu penampilan. Apalagi akan ada bekas luka setelahnya. Jika hal ini terjadi, segera lakukan hal ini untuk mencegah timbulnya infeksi dan bekas luka yang parah.

1. Segera basuh wajahmu dengan air bersih

Pencet bagian sekitar jerawat sehingga darah akan seutuhnya keluar. Jika darah sudah berhenti keluar, kamu bisa membasuh seluruh wajahmu agar bakteri tidak menyebar ke bagian kulit yang lain.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH, Sekaligus Cara Mengatasinya

2. Gunakan tisu atau lap bersih

Kamu dapat menempelkan tisu atau lap bersih ke jerawatmu yang berdarah untuk mempercepat keluarnya darah. Pastikan kamu menggunakannya dalam keadaan yang higienis, ya!

3. Segera kompres dengan air dingin

Secepat mungkin setelahnya, segeralah kompres air dingin untuk jerawatmu yang berdarah. Air dingin akan mengurangi alirah darah ke satu bagian tubuh. Kompresan air dingin juga bisa mencegah timbulnya luka bekas jerawat yang meradang. Alternatif lain, kamu juga bisa menggunakan es batu yang dibalut dengan handuk atau washlap. Tempelkan ke jerawat selama 10 menit. Hal ini juga dapat mempercepat pengempisan jerawat, lho.

4. Untuk pembersihan, cuci wajah dan gunakan penyegar

Agar bakteri yang keluar dari jerawat dapat dibersihkan seutuhnya, cucilah wajahmu dengan air dan facial wash. Facial wash dapat membunuh bakteri yang keluar dari jerawat sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat baru.

Setelah membilasnya dengan bersih, kamu bisa menggunakan penyegar wajah baik dalam bentuk face mist atau toner. Penggunaan penyegar wajah ditujukan untuk mengencangkan dan menyegarkan kulit sehingga dapat mengurangi timbulnya infeksi dan luka.

Tuangkan beberapa tetes penyegar di atas kapas, lalu balurkan ke daerah jerawat yang pecah agar tetap terjaga kelembababannya. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Avoskin Hydrating Treatment Essence yang dapat mencegah timbulnya kerusakan pada kulit dan menjaga pH kulit agar tetap seimbang.

Baca Juga : Kamu Sadari Atau Tidak, Ternyata 8 Benda Disekitarmu Ini Penyebab Munculnya Jerawat

5. Jika pecahnya jerawat terlalu parah, gunakan obat

Obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida dan hidrogen peroksida dipercaya dapat menghentikan pendarahan dengan cepat pada jerawat yang meradang. Kamu bisa menemukan obat jerawat di apotik ataupun melalui resep dokter.

Yang perlu digarisbawahi, tetap perhatikan izin BPOM dan kandungan pada obat tersebut, ya. Pastikan obat jerawat yang kamu gunakan benar-benar aman dan terpercaya. Setelah menggunakan obat jerawat, pastikan kamu tetap rutin menggunakan pelembab. Sebab, obat jerawat biasanya menyebabkan kondisi kering pada kulit wajah.

6. Jangan sentuh jerawatmu sembarangan

Setelah dibersihkan, jangan pernah sembarangan menyentuh jerawatmu. Terutama, saat kamu belum benar-benar mengetahui apakah kondisi tanganmu bersih atau tidak. Biasanya, menyentuh jerawat dilakukan secara tidak sadar atau bahkan tidak sengaja.

Untuk mengantisipasi hal ini, biasakanlah untuk tidak menyentuh jerawatmu yang baru saja pecah. Jika kamu ingin menyentuh atau membersihkannya, pastikan kamu mencuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah masuknya bakteri ke bekas jerawat. Dengan begitu, bekas jerawat pun akan lebih cepat sembuh dan pudar.

7. Pencegahan selanjutnya, jangan pernah pencet jerawatmu

Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Ya, alangkah lebih baik jika kamu membiasakan diri untuk tidak memencet jerawat. Saat jerawat pecah, bakteri akan menyebar keluar dan masuk ke pori-pori kulit di sekitarnya. Akibatnya, jerawat pun akan timbul di daerah kulit yang lain. Tak heran, jika orang yang punya kebiasaan memencet jerawat akan memiliki jumlah jerawat yang selalu bertambah banyak.

Normalnya, jerawat akan hilang dalam 1-2 minggu saja. Cukup berikan perawatan dari luar seperti dengan produk perawatan, atau dari dalam seperti asupan makanan yang sehat, olahraga dan minum air putih. Yang paling penting adalah kamu tetap menikmati prosesmu untuk menghilangkan jerawat. Merawat kulit dengan produk berkualitas terbaik dari Avoskin, akan membantu mewujudkan mimpimu untuk meraih kulit idaman.

Gunakan produk pilihan dari Miraculous Acne Solution setiap hari untuk meningkatkan pertahanan pada kulit terhadap bakteri-bakteri penyebab jerawat. Dengan begitu, jerawat cepat teratasi dan dapat dicegah untuk datang kembali. Β Β Β 

Last Updated on April 08, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 07 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya